Skip to main content

Kacamata Anti Radiasi Komputer, Cara Efektif Melindungi Mata

Kacamata anti radiasi sudah bisa dikatakan menjadi kebutuhan setiap generasi milenials hari ini. Hal ini disebabkan pekerjaan generasi zaman now yang lebih banyak duduk di depan gadget seperti komputer, laptop, dan smartphone. Bayangkan saja, jika tidak ada upaya untuk melindungi mata dari bahaya terlalu lama menggunakan gadget, berapa masalah dan gangguan pada mata yang akan muncul di kemudian hari?
 Kacamata anti radiasi, cara efektif untuk melindung mata
Kacamata anti radiasi

Banyak generasi milenials yang menghabiskan sebagian besar waktunya bekerja di depan layar komputer. Sebut saja para penulis seperti blogger, youtuber yang harus mengedit video, karyawan kantoran yang bekerja dengan Microsoft Office untuk membuat dokumen, dan masih banyak lagi. Melihat kondisi tersebut, memang tidak salah jika kacamata anti radiasi menjadi salah satu produk yang banyak dicari saat ini.

Apa itu kacamata anti radiasi?


Kacamata anti radiasi adalah kacamata dengan lensa khusus dengan tujuan untuk mengurangi bahaya paparan sinar yang dapat menimbulkan radiasi.

Sinar radiasi di sini dibedakan atas 2 jenis, yaitu sinar matahari yang menghasilkan sinar UV (Ultarviolet) dan sinar layar komputer yang menghasilkan gelombang elektromaknetik. Dan penggunaan kacamata anti radiasi lebih ditujukan untuk aktivitasi di luar ruangan saat harus terkena paparan sinar matahari langsung.

Pertanyaannya, apakah kacamata anti radiasi cocok untuk pengguna komputer? Dilihat dari kegunaannya, sebenarnya cocok-cocok aja dan malah lebih dianjurkan.

Bagaimana mengetahui kacamata anti radiasi asli?


Ini asli atau kacamata biasa? Saat bertanya kepada penjual kacamata anti radiasi, pasti mereka akan bilang ini asli. Dilihat dari perbedaan harga saja, kita bisa tahu bahwa ada kacamata anti radiasi yang berkualitas rendah, sedang, dan bagus.

Satu-satunya cara yang paling direkomendasikan adalah bertanya secara langsung di optik terdekat di kota Anda.

Saya pun pernah berencana untuk membeli kacamata anti radiasi online. Tapi setelah bertanya ke optik terdekat  di Makassar, ternyata penggunaan kacamata antiradiasi sebaiknya juga diperiksa untuk mengetahui tingkatan lensa yang tepat, termasuk jika sudah terdapat gangguan pada mata seperti mata minus.

Bukan berarti membeli kacamata anti radiasi online salah.

Keunggulan Kacamata Anti Radiasi


1. Bahaya efek samping tidak ada

Tidak perlu khawatir, kacamata anti radiasi di desain untuk menangkal radiasi sehingga tidak akan merusak mata. Kacamata anti radiasi tidak memiliki efek samping terhadap kesehatan mata.

2. Cocok untuk pekerja di depan layar komputer

Kacamata anti radiasi dapat menangkal cahaya layar komputer yang berlebihan. Karena itu, cocok menggunakan kacamata anti radiasi bagi para pekerja di depan komputer seperti blogger dan anak-anak Teknik Informatika yang bekerja dengan monitor sepanjang hari.

3. Tampil keren dan percaya diri

Kacamata anti radiasi saat ini telah didesain dan mengikuti perkembangan zaman modern. Tampilannya lebih up to date sehingga dapat menunjang penampilan pemakainya untuk tampil lebih percaya diri.

Mulai dari bentuk kacamata anti radiasi bulat yang cocok untuk wanita dan pria, warna kacamata dan bahan frame kacamata dapat menambah kesan mewah pada kacamata anti radiasi. Sunglasses sudah menjadi salah satu aksesoris wajib beberapa orang.

Harga Kacamata Anti Radiasi


Setelah berkunjung ke toko online seperti Lazada, Shopee, Bukalapak, Tokopedia dan lain-lain, harga kacamata anti radiasi ternyata bervariasi. Yang paling umum dipasarkan mulai dari kacamata anti radiasi di bawah Rp100.000,- sampai harga Rp300.000,-an.

Namun ada juga yang lebih mahal dari itu. Di optik Makassar sendiri, harga kacamata anti radiasi berkisar Rp500.000,-. Untuk menghindari penipuan memang sebaiknya jeli dalam memilih tempat untuk membeli kacamata anti radiasi.

Perlu diingat bahwa harga dan keunggulan merk akan mempengaruhi kualitas kacamata anti radiasi. Semakin mahal pastinya bisa diasumsikan bahwa kacamata tersebutlah yang terbaik.

Menjawab keefektifan kacamata anti radiasi


Apakah Kacamata Anti Radiasi Efektif Untuk Melindungi Mata? Dikutip dari Doktersehat.com, efektif atau tidak efektif kacamata anti radiasi masih bersifat subyektif. Artinya tergantung si pemakai itu sendiri.

Kacamata anti radiasi dapat membuat penglihatan terganggu jika digunakan oleh orang yang memiliki masalah pada mata seperti mata minus. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memesan kacamata anti radiasi yang telah diukur dan dilengkapi dengan lensa minus.

Dan untuk pengguna dengan mata normal, kacamata anti radiasi dipercaya dapat bekerja secara efektif. Hal ini karena lensa kacamata anti radiasi dapat mencegah digital eye strain seperti mata kering dan berair, dan lain-lain.

Seperti dikatakan di atas, kacamata anti radiasi lebih ditujukan untuk menangkal sinar UV dari matahari. Namun juga tidak masalah digunakan di depan komputer. Namun sebenarnya layar komputer dan smartphone umumnya telah dilengkapi dengan anti-glare untuk menangkal bahaya sinar radiasi.

Cara efektif melindungi mata dari bahaya sinar komputer


Untuk pekerja aktif yang hidup di depan monitor komputer, pastinya sering mengalami masalah pada penglihatan. Meskipun menggunakan kacamata anti radiasi, perlu diketahui bahwa bekerja di depan komputer dan terus menerus dalam satu waktu sebenarnya tidak baik.

Karena itu, berikut cara efektif bekerja di depan laptop dan mata tetap sehat.

1. Posisi dan jarak pandang layar komputer

Posisi duduk yang tepat dapat membuat jarak pandang ke layar komputer menjadi tepat dan baik. Pastikan posisi duduk tepat dan jarak pandang ke komputer kurang lebih 60 cm.

2. Pencahayaan yang tepat

Atur dan sesuaikan pencahayaan ruangan dengan cahaya monitor. Jika berada di dalam ruangan yang tertutup, pastikan cahaya lampu datang dari samping, bukan dari belakang atau pun dari depan.

Pencahayaan monitor komputer yang tepat, tidak gelap dan juga tidak terlalu cerah dapat membuat mata lebih rileks dan tidak mudah lelah saat menatap layar.

3. Sering berkedip

Menatap layar gadget dapat membuat seseorang lupa untuk berkedip. Hal ini akan berakibat buruk pada mata dan dapat menyebabkan mata kering. Dengan berkedip kesehatan mata akan selalu terjaga karena selalu lembab.

4. Ingat rumus 20-20-20

Jangan bekerja terlalu lama di depan komputer yang dapat membuat mata lelah, seperti bermain gaming, dan lain-lain.

Rumus 20-20-20 artinya berhenti menatap layar monitor setiap 20 menit dan mengistirahatkan mata selama 20 detik dengan memandang obyek bebas di luar ruangan dengan jarak 20 kaki atau 6 meter. 

5. Batasi penggunaan hp untuk anak-anak

Jangankan orang dewasa, anak-anak zaman now sudah banyak yang memilik hp sendiri. Tidak cukup membeli kacamata anti radiasi untuk anak-anak yang suka bermain hp. Peran orang tua untuk membatasi waktu akses gadget dapat menjadi salah satu cara efektif untuk melindungi mata anak dari bahaya layar komputer dan hp.

Itulah beberapa cara untuk mencegah kerusakan mata saat beraktivitas di depan komputer. Terlalu lama di depan komputer selain dapat merusak kesehatan mata juga tubuh rentan terkena berbagai jenis penyakit yang berbahaya.

Demikianlah artikel tentang kacamata anti radiasi. Menggunakan kacamata anti radiasi selain bagus untuk melindungi mata, juga dapat digunakan untuk tampil keren dan modis. Namun yang perlu diingat bahwa bekerja di depan komputer, sekalipun dengan kacamata anti radiasi tetap harus memperhatikan cara efektif untuk melindungi mata saat menggunakan komputer.
  January 08, 2019
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close