Skip to main content

Panduan Facebook Ads To Adsense, Biaya Iklan Gratis Tanpa Kursus

Panduan Facebook Adsense - Dalam dunia internet marketing (IM), secara umum ada 2 cara mendapatkan pengunjung ke website, yaitu cara berbayar (Paid traffic) dan yang kedua cara gratis. Dalam praktek di dunia internet marketing, Facebook merupakan situs untuk mendapatkan trafik berbayar menggunakan Facebook Ads sedangkan Google merupakan tempat untuk mendapatkan trafik gratis dengan teknik SEO. Itu secara umum. Karena baik Google maupun Facebook sama-sama menyediakan layanan berbayar dan gratis untuk Anda mendapatkan traffic ke website.
Panduan Facebook Ads To Adsense, Biaya Iklan Gratis Tanpa Kursus
Panduan Facebook Ads To Adsense, Biaya Iklan Gratis Tanpa Kursus
Mana yang lebih baik, Facebook Ads To Adsense atau SEO? Untuk publisher Adsense yang mendapatkan penghasilan dari blog dengan Google Adsense pasti sering merasakan dilema antara memilih paid traffic atau gratis.

Facebook Adsense memang telah membawa pengaruh besar dalam dunia internet marketing. SEO (Search Engine Optimition) dipandang oleh sebagian besar orang sebagai teknik pemasaran yang sulit sehingga banyak hanya sebagian besar orang yang mampu menangani mesin pencari Google dengan baik sehingga mampu menjinakkan page one. Berbeda dengan Fb Ads To Adsense yang cenderung lebih cepat dan murah.

Facebook Ads To Adsense Vs SEO? Mana yang lebih baik?


Kedua teknik pemasaran online ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan yang paling mendasar dari Facebook Ads adalah mudahnya mendapatkan trafik ke blog tapi kekurangannya harus membayar biaya FB Ads. Sedangkan kelebihan SEO adalah gratis namun kekurangannya kompetisi besar dan butuh banyak belajar untuk mampu bersaing dengan master SEO.

Lihat juga keuntungan dan kerugian fb ads to adsense

Jika ingin mendapatkan trafik secara instan dan cepat ke website, sebaiknya gunakan teknik pemasaran online menggunakan Facebook Ads.

Panduan FB Ads To Adsense Lengkap


Dalam perjalanan saya bermain Blog, saya sudah mencoba baik teknik SEO dan Facebook Ads. Dan dari beberapa teman saya yang menggunakan paid traffic maupun murni SEO keduanya sama-sama, besar keuntungannya.

Dan hari ini saya akan berbagi teknik bermain FB Ads To Adsense dasar untuk pemula sehingga mudah dipahami. Yang sudah master Fb Ads To Adsense tidak perlu dilanjutkan.

Pengalaman bermain FB Ads To Adsense


Tahun 2018 merupakan awal mula saya mengenal seputar dunia Facebook Ads, secara khusus Facebook Ads To Adsense.

Sesuai dengan namanya, FB Ads adalah beriklan di Facebook secara berbayar dan To Adsense artinya dengan tujuan menghasilkan uang dari Adsense.

Awalnya saya pikir FB Ads To Adsense adalah hal yang konyol dan bodoh. Masa iya, kita bayar untuk iklan dengan tujuan menghasilkan iklan dari Google Adsense yang juga adalah iklan?

Tapi ternyata memang penghasilan pemain fb ads to adsense bisa dikatakan lebih besar dalam waktu singkat dari pada pemain SEO pemula. Bahkan lebih besar. Meskipun penghasilan FB Ads To Adsense tidak akan mampu menyaingi Master SEO. Namun Facebook Ads telah membuka jalan singkat bagi banyak orang untuk menjadi internet marketer dengan kursus yang singkat.

Beda dengan SEO yang butuh waktu lama untuk bisa menghasilkan penghasilan dari Adsense dimulai dari tahap pengenalan.

Ngomong-ngomong tentang kursus Fb Ads To Adsense, saya pernah ditawari kursus dengan harga di atas 10 juta. Wow! Biaya yang fantastis bagi internet marketing yang menggunakan paid traffic dari Facebook. Namun memang bisa dikatakan harga tersebut cukup wajar jika melihat penghasilannya.

Tapi saya tidak akan membahas tentang kursus Facebook Adsense. Saya hanya akan membahas tentang panduan Fb Ads To Adsense mulai dari biaya ngiklan dan bagaimana Facebook Ads Gratis.

Tutorial Facebook Ads To Adsense


Facebook Ads tidak peduli apa yang Anda iklankan. Facebook hanya mau memastikan bahwa apa yang Anda iklankan tidak melanggar kebijakan dan privasi mereka. So, baik menggunakan Facebook Ads untuk adsense maupun untuk penjualan produk marketplace, tidak ada masalah.

Karena kita membahas tentang Fb Ads To Adsense maka kita akan membahas pastinya tentang cara membuat blog atau website untuk iklan Adsense dan juga cara beriklan murah di Facebook

Cara Membuat Website Untuk Iklan Adsense


Platform website atau blog untuk iklan adsense yang populer digunakan untuk Facebook Adsense adalah Blogger dan Wordpress. Mana yang lebih baik?

Baik Blogger atau Wordpress, keduanya sama-sama bagus. Hanya saja, saya melihat bahwa penghasilan dari iklan adsense dengan Wordpress dengan trafik berbayar dari Facebook lebih besar dari pada menggunakan Blogger.

Hal ini karena Wordpress memiliki banyak plugin yang menguntungkan, seperti loading iklan adsense yang cepat, teknik pagination (Halaman selanjutnya) yang dapat memperkecil RKT adsense sehingga minim resiko banned adsense. Tapi masih banyak juga lho, yang tumbang adsensenya dibanned karena invalid traffic, baik menggunakan platform Blogger maupun Wordpress.

Untuk hal ini, saya serahkan kepada Anda. Karena rahasia blog Adsense sebenarnya bagaimana agar penghasilan dari setiap klik iklan adsense di blog besar (BPK besar).

Perlu diketahui bahwa BPK atau CPC Adsense dengan sumber trafik Facebook cukup rendah. Hal ini karena memang CPC dari niche blog yang mudah dipopulerkan di Facebook cukup rendah.

Seperti yang pernah saya bahas sebelumnya bahwa teknik Fb Ads To Adsense agar biaya iklan murah di Facebook harus banyak interaksi. Jadi, biaya iklan murah jika interaksi iklan banyak, yaitu Tampilan iklan (impression) dan jumlah iklan yang diklik sebanding.

Karena itulah, iklan di Facebook harus menarik dan mengundang klik agar biaya jadi murah. Niche blog dengan CPC adsensenya rendah tersebut, diatasi dengan menggunakan HPK (High Paying Keyword) atau keyword dengan CPC Adsense tinggi.

Pertama saya menyadari teknik Facebook Adsense ini karena tidak sengaja melihat iklan di Facebook yang membahas tentang berita yang sedang viral. Setelah diklik, selain berita tersebut yang ditampilkan, ternyata juga ada artikel berbahasa Inggris tentang niche Bitcoin.

Apa artinya ini? Seperti kita ketahui bahwa CPC bitcoin termasuk HPK yang banyak digunakan untuk membuat artikel dalam SEO yang persaingannya cukup tinggi.

Karena itulah, saya menarik kesimpulan bahwa blog untuk Facebook Ads To Adsense diiklankan dengan berita yang sedang viral atau menarik untuk diklik sehingga ketika iklan tersebut diklik di Facebook akan menuju ke blog iklan adsense tersebut dengan nilai CPC yang tinggi.

Blog tersebut disisipi HPK tinggi, bisa Bitcoin, health, insurance, dan lain-lain. Yang konten sebenarnya yang akan dibaca adalah konten berita tersebut, bukan HPK.

Di beberapa blog fb ads to adsense, ada yang memunculkan HPK ini ada juga yang menaruhnya secara tersembunyi (Tidak muncul dipermukaan) oleh pengunjung blog agar tidak mengganggu pengunjung untuk membaca konten utama.

Teknik blog fb adsense yang kedua adalah cara agar klik iklan adsense tinggi digunakan banner gambar atau pun iklan adsense itu sendiri.

Iklan atau banner tersebut digunakan untuk menutupi konten yang akan dibaca oleh pengunjung blog. Untuk membaca konten tersebut, pengunjung harus menutup iklan tersebut dengan tombol close kecil. Teknik ini biasa disebut teknik floating gambar atau iklan DFP Adsense.

Banyak yang mengklik tombol close tersebut terpeleset mengklik iklan di belakang banner tersebut sehingga menghasilkan klik iklan adsense yang tinggi. Dalam teknik SEO, teknik ini juga kadang digunakan agar iklan lebih banyak yang klik.

Jadi secara umum, intinya blog untuk fb ads to adsense dibuat berdasarkan teknik adsense pemain SEO juga, yaitu HPK dan banner melayang atau floating.

Cara Beriklan di Facebook


Setelah blog siap dengan iklan adsensenya, saatnya untuk mempromosikan artikel menarik di Facebook Ads. Berikut panduan beriklan di Facebook untuk Adsense.

Biaya Iklan Fb Ads Murah


Biaya fb ads akan murah jika iklan tersebut banyak yang lihat dan klik iklan di Facebook banyak. Karena iklan Facebook murah sebenarnya tergantung dari iklan yang dipromosikan dan cara mengemas iklannya. Itu dari pengamatan saya selama ini.

Teknik agar biaya iklan murah biasanya membuat pengiklan harus mencari iklan yang menarik untuk diklik. Bisa karena berita tersebut sedang viral atau juga karena berita tersebut memang menarik. Saya tidak akan membahas cara mencari artikel yang viral di Facebook. Karena kita bisa membuat iklan Facebook menjadi viral dengan teknik caption storytelling yang menarik.

Langkah-langkah Fb Ads To Adsense


1. Buat fanspage


Ada beberapa masukan dari master Fb Ads To Adsense agar biaya iklan murah, yaitu fanspage dengan likes yang banyak. Minimal 4000 likes dan akan lebih murah lagi jika di atas itu. Namun itu bukan indikator utama agar iklan Facebook murah.

Setelah fanspage selesai, klik buat iklan untuk melihat-lihat tampilan Facebook Ads Manager.

2. Top up saldo Facebook


Namanya juga paid traffic, beriklan di Facebook itu tidak gratis. Kita terlebih dahulu harus deposit atau top up saldo agar bisa beriklan.

Ada 2 cara yang umum digunakan untuk mengisi saldo Facebook, yaitu dengan bank transfer melalui virtual account dan melalui kartu kredit.

Beberapa akun tidak bisa digunakan untuk mengisi saldo via bank transfer. Namun bisa diatasi kok dengan membuat akun baru untuk iklan di Facebook Ads Manager.

3. Buat iklan menarik


Jadi, artikel di blog adsense dibuat menarik dan diiklankan di Facebook dengan lebih menarik lagi, baik dari judul, caption dan lain-lain.

Judul iklan Facebook yang menarik dan membuat penasaran akan memancing klik pengguna Facebook. Sehingga ketika ada yang mengklik iklan kita di Facebook, saldo Facebook kita akan terpotong dan klik adsense di blog adsense akan membuat kita memiliki penghasilan.

Kalau biaya iklan lebih mahal dari pada penghasilan dari Adsense, saat itulah kita dikenal dengan istilah bancos. Jadi lebih besar pengeluaran daripada pemasukan.

Bagi pemula, ini sangat wajar. Bahkan saya sendiri beberapa kali mengalami hal ini sampai akun iklan terkena AME atau akun iklan disabled dan tidak dapat digunakan.

Jika sudah AME, kita bisa mengajukan banding agar akun diaktifkan kembali. 2 kali saya pernah mengalami akun AME dan 2 kali juga pengajuan banding saya diterima sehingga akun iklan kembali diaktifkan oleh Facebook.

Cara Mengatasi Akun Facebook AME


- Gunakan akun FB tua dan real.
- Jangan sering duplicate iklan tanpa tahu tekniknya.
- Jangan lakukan pelanggaran saat beriklan.
- Kalau sudah akun Facebook sudah didisabled, sebaiknya persiapkan alasan untuk negosiasi dengan Facebook agar akun kembali diaktifkan.

Cara Setting Iklan Murah Facebook Adsense 


1. Target Facebook Ads


Mahal atau tidaknya iklan tergantung target pengiklan. Saat beriklan di Facebook, kita harus memahami dengan benar target pasar.

Semakin luas jangkauan iklan akan semakin murah biayanya. Dalam teknik fb ads to adsense, target negara Singapura, Eropa dan Asia bukan Indonesia menjadi salah satu teknik untuk meningkatkan CPC Adsense.

Namun biaya iklan Facebook dengan target Singapura pasti lebih mahal dari target Indonesia. Dan konten yang dipromosikan juga bisa bahasa Inggris atau pun bahasa Indonesia.

Target iklan Facebook dengan negara Singapura bisa saja menggunakan berita Indonesia dengan mensetting target iklan di negara Singapura yang menggunakan Facebook dengan bahasa Indonesia. Itu tetap bisa. Karena sebagian besar juga pengiklan Facebook mentarget TKI di negara luar untuk membaca berita di blog mereka.

2. Batasi tagihan Facebook Ads


Keunggulan dari beriklan di Facebook adalah kita bisa mengatur biaya klik iklan kita. Jadi, saldo yang kita miliki tidak akan habis jika CPC Facebook yang kita gunakan sudah dibatasi.

Biaya iklan murah di Facebook biasanya Rp10 sampai Rp15 per klik untuk target negara Indonesia. Dengan CPC bisa sampai Rp400. Ini masih bisa untung. Kalau negara luar CPC Facebook bisa sampai Rp25 dan CPC bisa sampai Rp2.000.

Dari percobaan yang pernah saya lakukan dan bancos, CPC Facebook Rp80 dan CPC hanya Rp400. Jadi, biaya iklan harus benar-benar murah perkliknya, yaitu kisaran Rp10 ke bawah.

Teknik agar biaya iklan Facebook murah


- Ketahui target audience dari letak Negara, Umur pengguna Facebook, Bahasa, dan interest mereka.

- Gunakan teknik duplikasi iklan, bukan duplikat set iklan. Teknik menggandakan iklan Facebook yang murah biasa digunakan untuk melihat pergerakan iklan Facebook yang murah menjadi jauh lebih murah lagi sampai berhasil memiliki winning campign.

- Gunakan batas penawaran rendah. Jika set iklan tidak diatur batas penawarannya, bisa saja per klik iklan Facebook bisa mencapai Rp100. Karena itu, buat batas penawaran sehingga saldo tidak habis dengan cepat. Batas penawaran tersebut bisa Rp15 tergantung kita. Jangan sampai iklan tidak tampil di Facebook karena batas penawaran yang kita tetapkan terlalu murah.

Cara Facebook Ads Gratis


Siapa bilang fb ads to adsense selalu buruk? Tidak juga. Jika dari awal kita membangun brand, maka kemungkinan untuk beriklan di Facebook Gratis sangat besar.

Caranya adalah konsisten buat artikel yang menarik dan promosikan di fanspage. Jika nanti sudah banyak yang suka fanspagenya maka kita sudah bisa beriklan di Facebook tanpa perlu bayar memanfaatkan fanspage yang sudah ramai tanpa ngiklan lagi.

Intinya, Fb Ads To Adsense sebaiknya juga membangun brand. Tapi tergantung Anda sih, karena banyak yang suka gonta-ganti domain dan blognya saat bermain fb ads to adsense.

Kesimpulan Antara FB Ads To Adsense Vs SEO


Traffic berbayar dengan FB Ads To Adsense tidak selamanya buruk. Sudah banyak yang menghasilkan puluhan sampai ratusan juta per bulannya dari Adsense dengan menggunakan teknik marketing Facebook Ads.

Namun bisa dikatakan teknik internet marketing dengan SEO lebih berpotensi di masa depan. Namun perkembangan algoritma Google dan mesin pencari lainnya menjadi tantangan sendiri bagi pelajar SEO.

Karena itu, baik traffik berbayar dengan Facebook Ads to Adsense maupun SEO to adsense, tergantung cara Anda. Intinya apapun biar dapur selalu ngebul, belajarlah setiap teknik internet marketing dan jangan lupa up to date. Tidak perlu kursus karena semua materia dan praktek bisa Anda lakukan sendiri. Namun dengan kursus, pastinya prosesnya akan jauh lebih cepat.

Lihat juga Teknik FB Ads To Adsense, Cara Agar Iklan Facebook Murah

Demikianlah panduan Fb Ads To Adsense sampai biaya iklan murah dan gratis tanpa kursus. Saat Anda memiliki brand, kita bisa memanfaatkan Fanspage Facebook yang ramai untuk Facebook Adsense Gratis.
  January 31, 2019
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close