Skip to main content

Cara Menghapus Aplikasi/Game Laptop Windows Dengan Mudah

Cara Menghapus Aplikasi dan Game di Laptop - Kemampuan menjalankan sebuah program aplikasi di laptop dengan sistem operasi Windows pasti akan memberikan banyak manfaat. Dan saya yakin, kita semua menginginkan aplikasi yang terinstall di laptop adalah aplikasi yang kita butuhkan.
cara hapus aplikasi laptop secara permanen sampai ke akarnya

Namun ada kalanya aplikasi yang kita install ternyata tidak sesuai harapan. Ataupun aplikasi tersebut sudah tidak perlu lagi yang sebaiknya segera dihapus atau istilah kerennya uninstall aplikasi sampai ke akarnya.

Dan masalahnya tidak semua orang yang sekalipun bisa dengan mudah menginstall aplikasi tahu cara menghapus aplikasi di laptop. Karena itu, hari ini saya akan berbagi cara menghapus aplikasi/game laptop dengan mudah melalui Control Panel.

Cara Menghapus Aplikasi Di Laptop Secara Permanen


Langsung saja, berikut cara uninstall aplikasi di laptop Windows XP, 7, 8, 10 tuntas sampai ke akarnya secara permanen.

1. Masuk ke Control Panel


Ada beberapa cara untuk masuk ke Control Panel, yaitu sebagai berikut.

- Klik 2 kali ikon Control Panel di Desktop Windows (Tampilan halaman depan laptop)
- Klik Start dan pilih Control Panel
- Tekan bersamaan tombol Windows + R kemudian tulis Control Panel dan tekan Enter.

2. Pilih Programs - Uninstall a program


Pada programs langsung  klik uninstall a program untuk melihat program atau software yang sudah terinstall di laptop.

Cara Menghapus Aplikasi/Game Laptop Windows Dengan Mudah

3. Pilih aplikasi yang akan dihapus


Sebagai contoh, pilih salah satu aplikasi untuk di Uninstall. Dalam contoh ini, aplikasi Macromedia Flash 8. Klik kanan pada aplikasi, kemudian klik uninstall.

Cara Menghapus Aplikasi/Game Laptop Windows 10

4. Tunggu sampai proses uninstall selesai


Lama tidaknya proses uninstalling application tergantung dari aplikasi itu sendiri. Jika aplikasinya berat atau besar maka prosesnya juga akan memakan waktu yang lebih lama beberapa menit untuk terhapus secara permanen.



Baca juga Cara Mengunci Laptop Windows 10 Agar Tetap Aman

5. Aplikasi terhapus secara permanen


Aplikasi akan terhapus secara permanen. Dalam kasus yang saya temui, saya belum pernah mendapatkan kasus aplikasi Windows yang susah dihapus di PC, seperti tidak ada di Control Panel.

Namun kejadian seperti itu sangat mungkin terjadi. Dan yang paling penting cara di atas adalah cara uninstall aplikasi Windows yang paling mudah dan umum digunakan untuk menghapus aplikasi atau game secara permanen sampai ke akarnya.

Pada percobaan ini saya menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows 10. Yang perlu diketahui bahwa aplikasi terhapus secara permanen atau tidak dalam hal data-data aplikasi sebenarnya juga tergantung aplikasi yang diuninstall. Karena sebagian aplikasi mengajukan pertanyaan untuk menghapus secara permanen aplikasi dan datanya ataupun hanya repair aplikasi.

Lihat juga Shortcut Keyboard Laptop Dan Fungsinya Lengkap

Demikianlah cara menghapus atau uninstall aplikasi/game di laptop Windows dengan mudah. Bagaimana cara uninstall aplikasi di laptop Windows? Ikuti cara di atas dengan seksama.
  January 13, 2019
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close