Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan Saat Naik Kendaraan

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan Saat Naik Kendaraan

Mabuk perjalanan? Dulu saya itu sangat takut yang namanya pergi naik kendaraan. Bahkan yang sangat parah dan cukup memalukan adalah rasa mual yang muncul meskipun hanya berbicara perjalanan yang akan ditempuh esok hari. Gimana mau liburan jika mabuk perjalanan?
 Mengatasi mabuk perjalan saat naik kendaraan
Mengatasi mabuk perjalan saat naik kendaraan
Bayangkan, belum naik mobil aja sudah mulai pusing. Sebenarnya mabuk perjalanan adalah hal yang biasa dan banyak dialami oleh orang lain juga, termasuk bayi. Meskipun itu cukup jarang terjadi. Dan hari ini, saya akan berbagi tips mengatasi mabuk kendaraan, termasuk mobil dan bus AC.

Penyebab Mabuk Perjalanan


Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan Saat Naik Kendaraan
Mabuk perjalanan - Pixabay
Istilah mabuk perjalanan biasa disebut motion sickness. Namun sebelum tahu cara mengatasi mabuk perjalanan, ada baiknya kita tahu dulu penyebab mabuk perjalanan mobil terlebih dahulu. Berikut beberapa yang menyebabkan orang mabuk saat naik kendaraan.

1. Perut kosong


Salah satu penyebab utama mabuk perjalanan adalah perut kosong atau tidak makan sebelum naik kendaraan. Dan mereka yang menderita penyakit seperti Maag lebih beresiko mabuk perjalanan. Karena itu, makanlah beberapa jam sebelum berangkat.

2. Makan telur


Percaya atau tidak, tapi inilah yang paling sering diingatkan oleh orang tua saya saat akan naik mobil, yaitu jangan makan telur. Entah mengapa, makan telur sebelum naik mobil dipercaya dapat memicu mabuk kendaraan. Tentu ini pasti memiliki alasan dan banyak yang sudah membuktikannya.

Lihat juga Manfaat dan Bahaya Minum Air Putih

3. Anti mobil


Seperti yang saya ungkapkan di atas, saya dulu itu setiap membicarakan keberangkatan, terlebih perjalanan jauh meskipun waktunya masih seminggu lagi, aroma mobil yang tidak sedap sudah tercium. Itu bisa dikatakan, orang tersebut memang anti kendaraan dan perjalanan jauh.

Satu-satunya cara untuk mengatasinya sebenarnya adalah dengan memberanikan diri dan membiasakan diri untuk naik kendaraan. Itu mungkin juga bersifat terapi mabuk kendaraan. Tapi jika sudah terbiasa, cara ini cukup efektif untuk menghilangkan mabuk perjalanan selamanya dan terbebas dari masalah ini.

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan


Setelah mengetahui penyebab mabuk mobil, mari kita ketahui cara mengatasi mabuk perjalanan jauh saat naik kendaraan.

1. Mengkomsumsi obat mabuk perjalanan


Orang yang tahu kelemahannya pasti akan mempersiapkan diri sedini mungkin. Banyak orang yang mabuk kendaraan akan mengkomsumsi obat mabuk berjalanan pada malam sebelum keberangkatan. Dan jika memang mabuk kendaraannya cukup parah, biasanya masih diantisipasi dengan memakan obat tersebut di pagi hari menjelang keberangkatan.

2. Makan lebih awal


Dengan makan lebih awal, mabuk kendaraan dapat lebih diminimalisir. Karena itu, makanlah beberapa jam sebelum perjalanan dimulai. Dan yang terpenting, ketahui juga makanan yang harus dihindari agar tidak mabuk perjalanan, seperti telur rebus dan mi instan.

3. Minuman bersoda


Minuman agar tidak mabuk perjalanan yang sering dikomsumsi adalah minuman soda. Namun penting untuk diingat bahwa jika sudah mengkomsumsi obat maka jangat meminum minuman bersoda karena berbahaya bagi kesehatan.

Dan yang terbaru yang saya ketahui dari Mama saya adalah minum jamu beras kencur ternyata juga dapat mencegah mabuk dalam perjalan. Rasa nyaman saat meminum jamu dapat mencegah mabuk perjalanan.

4. Duduk di tempat yang paling nyaman


Ada 2 kategori tempat yang paling nyaman dalam mobil, yaitu yang membuat kita dapat memandang jalan ke depan tanpa halangan dan mendapat udara segar untuk dihirup. Dan biasanya tempat tersebut ada disamping pintu mobil.

5. Jangan memandang benda terlalu dekat


Bermain hp dan membaca buku dalam perjalanan saat naik kendaraan akan membuat kita semakin pusing dan dapat mabuk seketika. Karena itu, salah satu tips terbaik agar tidak mabuk perjalanan adalah tidak memandang benda yang dekat, termasuk melihat jalan atau pohon yang bergerak terlalu cepat.

6. Pandangan ke arah depan


Jika mau mabuk perjalanan jauh saat naik kendaraan maka berbaliklah ke belakang. Menoleh atau melihat ke belakang adalah ide yang buruk saat naik kendaraan karena dapat memicu perasaan pusing dan mual.

Karena itu, untuk menghindari mabuk perjalanan, pastikan pandangan mata tertuju ke arah depan dan jauh, bukan melihat benda-benda dekat yang terlalu cepat bergerak.

7. Komsumsi permen


Dalam perjalanan saya yang pertama sukses tidak mabuk adalah karena mulut saya tidak pernah berhenti mencicipi permen. Permen yang pedas dan dingin rasa mint ternyata terbukti dapat mencegah mabuk perjalanan.

8. Tidur saat nyaman atau jangan tidur


Jika perjalanan cukup jauh, maka tidak masalah untuk tidur. Namun tidurlah saat perasaan nyaman dan sebelum pusing. Karena beberapa orang yang tidur malah biasanya terkena penyakit mabuk perjalanan. Dan tidur ketika sudah pusing pastinya akan menambah rasa mual.

Dan tips yang terakhir ini adalah jangan menutup mata, terlebih saat jalanan jelek dan membuat banyak goncangan di mobil. Karena hal dapat merangsang mabuk perjalanan bahkan muntah karena adanya goncangan tersebut.
Itulah beberapa cara mengatasi mabuk perjalanan saat naik kendaraan. Jika memang harus naik mobil dan harus sering bepergian, maka selain jam terbang dan terbiasa dengan semua hal tersebut, tidak ada lagi cara lainnya untuk mengatasi mabuk kendaraan.
Advertisement

Baca juga:

Apa Pendapatmu?
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!