Skip to main content

8 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Dengan Cepat

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat - Parah! Pergantian musim dan perubahan cuaca dapat membuat banyak orang terserang flu, pilek dan batuk berdahak. Saat itulah, penderita juga akan mengalami hidung tersumbat yang sangat mengganggu dan menyebabkan susah bicara, susah bernafas dan banyak lagi.
8 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Dengan Cepat
8 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Dengan Cepat

Hidung tersumbat adalah saat lendir atau ingus menjadi kental dan menghalangi udara masuk maupun keluar karena hidung mampet oleh lendir tersebut. Bisa terjadi di dua saluran hidung atau salah satunya. Dan hidung tersumbat ini bisa dialami oleh siapa pun juga, termasuk pada bayi dan anak-anak, orang dewasa dan orang tua.

Hidung tersumbat dapat disebabkan oleh gangguan jaringan di dalam hidung. Faktor penyebab hidung tersumbat bisa karena alergi bisa juga karena penyakit yang disebabkan oleh influenza dan berbagai hal lainnya. Termasuk perubahan cuaca tadi dan tubuh belum siap untuk itu.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Cepat


Bagi kamu yang sedang kesulitan bernafas karena hidung tersumbat, kamu bisa mencoba beberapa tips mengatasi hidung tersumbat di bawah ini.

1. Banyak mengkomsumsi cairan


 Cara mengatasi hidung tersumbat secara alami dan cepat
Cara mengatasi hidung tersumbat secara alami dan cepat
Salah satu cara sederhana namun ampuh mengatasi hidung tersumbat yang tidak terlalu parah adalah dengan banyak minum cairan. Cairan tersebut bisa berupa air putih hangat, minum lemon tea hangat, jahe maupun ramuan lainnya yang mengandung antiseptik dan dapat meredakan tenggorokan yang gatal.

Selain bisa meredakan hidung tersumbat, air putih juga banyak manfaatnya lho. Silahkan lihat di Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan

2. Hirup uap hangat


Letakkan baskom yang berisi air hangat dan hirup uapnya. Cara ini cukup efektif dalam melegakan hidung yang tersumbat dan lendir bisa lebih encer sehingga mudah dikeluarkan.

Selain uap air hangat, kita juga bisa mencampurkan air hangat dengan minyak kayu putih. Uap air hangat dicampur minyak kayu putih dapat membuat cara ini lebih manjur dan melegakan pernapasan yang tersumbat.

Lihat juga Manfaat Jamu Beras Kencur Untuk Kesehatan dan Kecantikan

3. Membuang ingus


Tidak ada cara lainnya dan memang ini harus dilakukan oleh orang yang hidungnya tersumbat oleh lendir. Membuang ingus akan membuat hidung kembali normal untuk bernafas sementara waktu.

Namun yang harus diperhatikan adalah jangan membuang ingus dengan memaksanya keluar dengan keras. Sebaiknya encerkan ingus terlebih dahulu sebelum dibuang.

Meludah juga dapat mengatasi hidung tersumbat dengan cepat. Namun pastikan juga banyak mengkomsumsi air putih hangat agar segera reda.

4. Hangatkan badan


Ini biasa dilakukan sih, menghangatkan badan bisa dengan tidur berselimutkan selimut sehingga Anda benar-benar berkeringat. Setelah bangun, biasanya hidung tersumbat sudah mulai pulih dan bernafas menjadi lebih enteng.

5. Gunakan bantal saat tidur


Jika saat kondisi tubuh normal dan sedang tidak sakit, kita biasanya hanya menggunakan 1 bantal sebagai penyangga kepala. Nah, untuk orang dewasa yang sedang mengalami sakit flu dan hidung tersumbat, bisa diatasi dengan menggunakan bantal tambahan.

Posisi kepala yang sedikit lebih tinggi dapat membuat alur pernafasan lebih mudah dan lendir akan lebih cepat keluar.

6. Cara mengatasi hidung mampet sebelah


Cara unik dan manjur mengatasi hidung tersumbat sebelah adalah dengan tidur posisi miring. Misalnya hidung yang tersumbat sebelah kiri maka tidurlah menyamping dengan posisi hidung tersumbat sebelah kiri di atas.

Sebaliknya, jika hidung tersumbat di sebelah kanan, maka tidurlah dengan posisi hidung tersumbat sebelah kanan sebelah di atas. Cara ini dapat mengencerkan lendir sehingga mudah keluar dan tidak mengganggu pernafasan.

7. Istirahat yang cukup


Faktor lelah dan stress juga dapat membuat tubuh mudah terserang penyakit seperti flu dan batuk pilek. Istirahat dan tidur yang cukup dapat meredahkan hidung yang tersumbat. Dengan tidur yang cukup, hidung tersumbat bisa legah dengan sendirinya.

Selain istirahat yang cukup, tetap gunakan cara alami atau pun saran dari dokter untuk mengatasi hidung yang tersumbat dengan cepat. 

8. Gunakan semprotan saline


Cara mengatasi hidung tersumbat terus yang terakhir bisa dengan menggunakan semprotan saline. Semprotan saline dapat dibeli di apotek dan dapat meredahkan hidung tersumbat dengan cepat.

Jika hidung mampet berkepanjangan, sebaiknya segera periksa ke dokter untuk informasi lebih lanjut. Biasanya juga akan mendapat saran dan obat untuk mengatasi hidung tersumbat dengan cepat.

*Gambar dari Pixabay - influenza

Lihat juga Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan Saat Naik Mobil

Demikianlah 8 cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan praktis. Hidung tersumbat dapat mengganggu aktivitas dan membuat orang yang mengalaminya mengalami sulit bernafas. Karena itu, segera atasi hidung tersumbat dengan tips kesehatan di atas. See you later!
  January 23, 2019
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close