Cara Mengatasi Playstore Tidak Bisa Download Atau Tertunda

Cara Mengatasi Playstore Tidak Bisa Download Atau Tertunda

Cara Mengatasi Playstore Tidak Bisa Download Atau Tertunda - Google Playstore merupakan pasar utama pengguna smartphone android untuk mendapatkan berbagai aplikasi dan game. Jadi bisa dibayangkan kalau playstore ini mengalami masalah, seperti play store tidak bisa download dan loading terus.
download tertunda di playstore dan tidak bisa download

Google Playstore yang tidak bisa download sering kali terjadi. Dan cara mengatasinya memang tidak terlalu sulit. Yang pertama dilakukan adalah mengetahui penyebab Google Playstore tidak bisa download dan menyelesaikan masalahnya.

Mengatasi Download Tertunda di Playstore


Google Playstore yang tidak bisa didownload bukanlah masalah baru lagi. Di hp Samsung, Xiaomi, Oppo dan lain-lain, download tertunda di Playstore dan loading terus juga mungkin terjadi. 
download tertunda di playstore dan loading terus
download tertunda di playstore dan loading terus
Langsung saja, berikut cara mengatasi playstore tidak bisa download terus atau tertunda yang pernah saya alami.

1. Bersihkan Cache Google Playstore


Playstore yang tidak bisa download umumnya karena banyak sampah di memori sementara yang sebenarnya harus dihapus. Cache ini memang seharusnya dihapus diaplikasi android. Dan berikut cara menghapus cache Google Playstore di Samsung J2 Prime.

- Masuk ke Pengaturan atau My Setting

menghapus cache Google Playstore
- Pilih Aplikasi atau My Application
mengatasi masalah di Google Playstore
- Cari Google Playstore
Google Playstore tidak bisa download dan loading terus
- Pilih Penyimpanan atau Storage
download tertunda di playstore dan cara mengatasinya
Setelah menghapus cache Playstore, silahkan ulangi download aplikasi di Playstore. Dari pengalaman saya, cara ini ternyata masih belum bisa memperbaiki Google Playstore yang tidak bisa download. Download aplikasi masih tertunda dan loading terus.
 Donwnload tertunda di playstore
Donwnload tertunda di playstore - pixabay

2. Download di hp lain


Karena langkah satu tidak berhasil, maka saya mencoba trik lainnya yang lebih sederhana. Dari hp yang tidak bisa download di Playstore, saya gunakan untuk memberikan hotspot terhadap 2 hp lainnya. Dalam studi kasus ini, saya menggunakan 2 hp sebagai bahan percobaan. Hp 1 yang saya gunakan download di Playstore berhasil tanpa kendala.

Di hp 2 download tidak bisa dan loading terus. Sama seperti di hp yang digunakan untuk hotspot. Karena itu, saya mencoba menggunakan Shareit untuk mengirim aplikasi yang sudah didownload di hp 1 ke hp yang digunakan untuk hostpot.

Namun hasilnya terjadi masalah baru, yaitu aplikasi berhenti dan tidak bisa dibuka. Saya akan membahas aplikasi berhenti di android di kesempatan lainnya.

Cara mengatasi playstore tidak bisa download karena tertunda ini dengan trik yang kedua juga berhasil download di Playstore namun aplikasinya masih belum bisa digunakan di hp utama tadi.

3. Lihat koneksi jaringan internet


Akhirnya berhasil juga. Ternyata penyebab utama tidak bisa download di Playstore dengan notifikasi loading terus dan download tertunda ternyata karena masalah jaringan internet yang tidak stabil.

Karena saya tinggal di desa yang jaringan internetnya masih kurang stabil dan hanya terdapat dibeberapa sudut rumah, ternyata download tertunda di playstore disebabkan oleh koneksi internet yang buruk.

Setelah menstabilkan koneksi jaringan internet, download tertunda di Playstore bisa diatasi. Caranya sederhana, aktifkan mode pesawat atau plane mode. Setelah itu, download lagi aplikasi di Playstore.

4. Update Google Playstore


Jika koneksi internetmu stabil, bisa mencoba cara yang ke empat ini. Mengupdate aplikasi ke versi terbaru memang banyak manfaatnya. Banyak tambahan dan pastinya kesalahan atau bug di versi sebelumnya lebih minim. Berikut cara update Google Playstore untuk mengatasi masalah tidak bisa download.


  • Masuk ke Google Playstore
  • Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas
  • Pilih setting dan klik About
  • Di situ akan terlihat informasi aplikasi Google Playstore dan versinya saat ini. Silahkan klik update untuk memperbaharui aplikasi Playstore.


5. Tunggu setengah jam


Jika semua cara mengatasi download tertunda di Playstore di atas masih gagal, langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah menunggu beberapa jam. Hal ini diperkuat dengan cara nomor 3 di mana bisa saja koneksi internet sedang bermasalah. Setelah beberapa menit atau sampai setengah jam, akhirnya aplikasi bisa juga didownload dan sukses.

Lihat juga Aplikasi Android Wajib Download Untuk Pelajar di Playstore

Begitulah cara mengatasi download tertunda di playstore dan loading terus. Kesimpulan yang bisa saya ambil adalah playstore tidak bisa download dan loading terus disebabkan oleh koneksi internet yang tidak stabil. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Baca juga:

Apa Pendapatmu?
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!