Skip to main content

Cara Mengatasi Baterai Kembung, Bisakah Baterai Normal Kembali?

Cara Mengatasi Baterai Kembung - Baterai smartphone memang rentan kembung jika tidak digunakan sesuai dengan petunjuk yang ada. Banyak hal yang bisa menyebabkan baterai hp menjadi kembung dan cara mengatasinya juga bisa beragam. Tapi akan lebih bijak jika baterai tersebut dirawat sehingga awet dan jangan biarkan baterai kembung.
Cara Mengatasi Baterai Kembung, Bisakah Baterai Normal Kembali?
Cara Mengatasi Baterai Kembung, Bisakah Baterai Normal Kembali?
Sudah 2 kali saya mengalami masalah dengan baterai hp yang kembung. Pertama di hp Nokia Symbian E-71 dan juga di hp Samsung J2 Prime. Penyebab baterai kembung kedua hp ini sebenarnya sama saja dan akan dibahas di bawah nanti. Sekali lagi, lebih baik mencegah baterai kembung dari pada mencoba mengatasinya. Karena memperbaiki baterai hp yang cepat habis akan sulit, terlebih jika baterai tersebut sudah kembung akan susah lagi untuk normal seperti semula.

Cara sederhana mengetahui baterai hp kembung adalah dengan meletakkannya dibawah lantai yang permukaannya datar dan memutarnya. Jika baterai terputar maka baterai tersebut sudah mulai kembung.

Masalah yang ditimbulkan jika baterai hp kembung


Akibat baterai hp yang kembung bisa menimbulkan masalah seperti di bawah ini.

1. Baterai drop


Cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis
Cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis
Baterai yang kembung sudah pasti tidak bisa menyimpan banyak energi. Karena itu, ketika baterai sudah kembung maka daya baterai akan cepat habis dan lowbat sehingga harus dicas kembali.

2. Rusaknya casing hp


Bukan hanya casing, namun hp juga bisa rusak jika terus-menerus menggunakan baterai yang kembung. Hal ini disebabkan oleh tertekannya casing hp ketika menutup tutup baterai hp yang kembung.

Bahaya menggunakan baterai kembung memang sangat banyak. Resiko terjadinya ledakan sangat mungkin terjadi, terlebih jika digunakan dalam kondisi panas.

Lihat juga Cara Ampuh Mengatasi Baterai Silang Merah di Blackberry

Penyebab Baterai Hp Kembung


Dari 2 hp yang pernah saya gunakan dan baterainya kembung, penyebabnya hanya satu, yaitu baterai hp panas berlebih.

Saya sering menggunakan hp dalam keadaan panas. Dan belakangan saya ketahui bahwa panas hp yang berlebih bisa berakibat fatal seperti terjadi ledakan dan lain-lain.

Karena menggunakan hp di atas suhu normal, baterai akan cepat kalah atau ngedrop dan lama-kelamaan baterai akan kembung dan cepat lowbat.

Tidak peduli baterai tersebut original atau baterai kw, jika digunakan di atas suhu normal maka tidak butuh waktu lama untuk baterai menjadi kembung dan tidak tahan lama lagi.

Karena itu, agar baterai hp tidak kembung, jangan gunakan saat hp panas. Biasanya hp panas ketika digunakan untuk bermain game dan juga saat digunakan untuk hotspot. Terlebih saat digunakan di siang hari dengan cuaca yang panas.

Baca juga 19 Cara Menghemat Baterai HP Android Agar Tidak Boros dan Tetap Awet

Cara Mengatasi Baterai Hp Kembung


Beberapa tutorial di internet yang saya temukan, mengatakan bahwa untuk mengatasi baterai yang kembung bisa dengan memasukkannya baterai kembung ke dalam freezer atau lemari es.

Baterai kembung tersebut dibungkus dengan plastik dan dimasukkan ke dalam kulkas. Dan setelah 1 hari di dalam kulkas, baterai tersebut bisa kembali normal dan harus dikeringkan sebelum digunakan kembali. Apakah cara tersebut ampuh untuk mengatasi baterai hp yang kembung tapi saya tidak pernah menyarankan.

Satu-satunya cara mengatasi baterai kembung adalah dengan mengganti baterai dengan yang baru. Dan pastikan baterai tersebut juga baterai original sehingga lebih awet dan tahan lama.

Dan jika sudah berganti baterai baru, jangan ulangi kesalahan yang sama yang dapat menyebabkan baterai hp menjadi kembung, yaitu menggunakan hp saat sudah panas dan di atas suhu yang normal.

Kesimpulannya adalah baterai hp yang kembung harus segera diganti agar terhindar dari resiko yang tidak perlu. Dan penyebab baterai kembung adalah karena menggunakan hp saat sudah panas. Karena itu, jangan menggunakan hp yang sudah panas karena akan membuat baterai menjadi kembung. Saat hp panas, lebih baik dinonaktifkan dan dikipas saja dengan kipas angin untuk menurunkan suhu baterai menjadi normal kembali. Dan tidak jarang juga saya akan melepas casing penutup baterai dan silikon agar panas hp berkurang.

Baterai hp yang kembung sudah tidak bisa normal kembali. Dan pastinya, baterai hp tersebut akan cepat habis sehingga satu-satunya cara memperbaikinya adalah dengan membeli baterai hp yang baru.

Lihat Cara Merawat Hp Android Agar Awet dan Tahan Lama

Demikianlah penyebab dan cara mengatasi baterai hp kembung. Jika baterai sudah kembung, lebih baik segera ganti dengan yang original dan buang baterai dengan benar dan tepat karena limbah baterai termasuk limbah yang berbahaya karena memang susah untuk normal kembali. Dan jangan simpan di tempat yang panas karena bisa menyebabkan baterai bocor atau meledak. Semoga bermanfaat.
  January 25, 2019
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close