7 Cara Menabung Di Celengan Dengan Cepat

7 Cara Menabung Di Celengan Dengan Cepat

Cara menabung di celengan dengan cepat - Banyak yang berkata bahwa zaman telah berubah drastis. Namun ada satu hal yang sangat penting yang seharusnya dan sebaiknya tidak berubah. Yaitu kebiasaan baik menabung di celengan. Karena menabung di celengan memiliki banyak manfaat.
cara menabung di celengan dengan cepat

Namun menabung di celengan tidak semudah itu juga lho. Ada banyak tantangan agar uang yang ditabung bisa segera terkumpul dengan banyak. Bahkan memang menabung agar bisa mencapai jutaan itu bisa membutuhkan waktu yang lama. Karena menabung uang juga butuh proses.

Cara Menabung di Celengan dengan Cepat


Berbicara tentang menabung, sampai hari ini saya masih menabung di celengan. Karena bagi saya, menabung di celengan sangat menyenangkan dan cukup menantang. Dan hari ini, saya akan berbagi cara unik menabung di celengan.

1. Stop jajan berlebihan


Menabung di celengan membuat saya tertantang untuk tidak membelanjakan uang dengan sembarangan. Bahkan terkadang saya harus menahan diri untuk berbelanja. Kecuali memang hal itu perlu dan sangat dibutuhkan. Karena untuk itulah kita menabung, yaitu memenuhi kebutuhan hidup yang darurat.

Baca juga Ini Lho, Penyebab Gagal Menabung!

2. Menabung dari tarik tunai


Cara ini cukup unik namun sangat bermanfaat. Setiap ke ATM dan melakukan tarik tunai, pasti saya akan menabung minimal 5% dari uang yang saya tarik itu dari saldo rekening. Jadi, uang dari hasil tarik tunai tersebut tidak akan terbuang dengan percuma.

3. Jangan takut menabung


cara menabung dengan cepat
Cara menabung dengan cepat di celengan - pixabay
Menabung adalah bagian dari investasi masa depan. Dan menabung di celengan sangat mudah dilakukan. Agar dapat terkumpul sampai banyak, dibutuhkan keberanian untuk menabung. Dari pada uang yang di saku habis percuma, lebih baik dimasukkan ke dalam celengan.

4. Buat celengan sendiri


Kreatif dan inovatif adalah ciri-ciri orang sukses. Agar menabung lebih termotivasi, akan lebih bagus lagi jika celengan yang dipakai hasil buatan sendiri. Misalnya dari bambu unik atau pun kardus bekas yang didesain unik.


5. Konsisten dan ketekunan


Satu-satunya cara untuk meraih setiap target dalam kehidupan adalah dengan konsisten dan tekun. Selain itu, tidak ada lagi cara lainnya. Menabung untuk membeli sesuatu atau pun untuk suatu tujuan sebenarnya memiliki resiko. 

Biasanya karena menunggu terlalu lama, orang menjadi gagal dalam menabung. Karena itu, dibutuhkan hal-hal mendasar seperti kesabaran, konsistensi dan ketekunan untuk dapat mencapai suatu tujuan, termasuk dalam hal menabung ini.

6. Hilangkan tujuan menabung


Apakah menabung untuk tujuan membeli sesuatu atau pun untuk dana darurat atau investasi, intinya menabung itu perlu dan memiliki sejuta manfaat. Saya sendiri lebih menyarankan untuk menabung tanpa tujuan.

Memang menabung dengan tujuan bisa memacu motivasi untuk menabung. Namun kelemahan dari cara menabung yang satu ini adalah jika tidak memiliki tujuan atau target, biasanya orang tidak akan menabung lagi.

7. Mengetahui isi tabungan


Ini yang masih menjadi perdebatan di benak saya. Saya pernah melihat bahwa menabung di celengan sebaiknya menggunakan celengan transparan. Tujuan dari celengan transparan ini adalah agar penabung bisa mengetahui saldo atau isi dari tabungan.

Memang jika dipikir-pikir, mengetahui saldo dalam celengan memang ada baiknya. Namun juga ada kekurangan. Saya sih inginnya isi tabungan tersebut nantinya bisa memberikan kejutan yang tak terduga. Bagaimana menurutmu?

*Gambar header form pixabay - piggy saving money


Demikianlah cara menabung di celengan dengan cepat. Karena menabung adalah kebiasaan baik, maka sebaiknya orang tua sudah mengenalkan cara menabung yang baik untuk anak sejak dini.
Advertisement

Baca juga:

Apa Pendapatmu?
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!