Skip to main content

Cara Cek dan Bayar Tagihan Listrik Online Lewat Hp

Cara Cek dan Bayar Tagihan Listrik Online Lewat Hp - Anda sudah bayar tagihan listrik bulan ini? Jika belum bayar, tidak perlu khawatir karena saat ini kita dapat dengan mudah melakukan pembayaran listrik secara online lewat hp android, baik itu listrik prabayar maupun listrik pascabayar PLN.
Cara cek dan bayar tagihan listrik pascabayar lewat hp
Cara cek dan bayar tagihan listrik pascabayar lewat hp - pixabay
Hari ini, saya akan berbagi cara bayar tagihan listrik menggunakan hp secara langsung dan pastinya aman. Sebenarnya dulu ada yang datang tagih listrik, namun berhubung sudah berhenti, ya mau tidak mau pengguna listrik PLN pascabayar harus ke tempat pembayaran listrik.

Di desa saya sendiri, masih belum ada loket untuk pembayaran rekening listrik pascabayar. Hanya ada di desa tetangga. Namun hari ini berhubung saya baik, saya akan berbagi cara cek dan bayar tagihan listrik online lewat hp.

Cara Cek Tagihan Listrik Pascabayar Online Lewat Hp


Sebenarnya ada petugas yang datang memberikan slip tagihan listrik selama bulan ini. Dan semua pembayaran tertera dengan jelas. 
Cara Cek dan Bayar Tagihan Listrik Online Lewat Hp
Cara Cek dan Bayar Tagihan Listrik Online Lewat Hp
Termasuk peringatan agar segera membayar tagihan listrik bulan ini untuk menghindari pemutusan sementara. Ya, seperti diketahui bahwa masa pembayaran listrik pascabayar dapat dilakukan mulai dari tanggal 1 sampai tanggal 20 setiap bulannya.
Cara Bayar Tagihan listrik pascabayar pln
Cara bayar tagihan listrik - pixabay
Selain dengan slip tagihan dari petugas PLN, cek tagihan listrik pascabayar juga dapat dilakukan secara online menggunakan aplikasi PPOB atau aplikasi jual pulsa di hp android. Seperti Payfazz dan Bebasbayar yang juga sudah terpercaya sebagai aplikasi untuk membayar berbagai macam tagihan.

Dan yang terbaik menurut saya adalah cek tagihan listrik di ATM. Sebagai nasabah BRI, saya sering menggunakan internet banking BRI untuk mengecek tagihan listrik. Bukan hanya cek tapi juga dapat digunakan untuk melakukan pembayaran.

Cara Bayar Tagihan Listrik Online Lewat ATM dan Internet Banking


Nah, setelah tahu cara cek jumlah yang harus dibayar saatnya untuk bayar tagihan listriknya secara langsung lewat ATM dan Internet Banking BRI. Jika tidak memiliki internet banking atau pun rekening, jadi sebaiknya ke loket pembayaran listrik terdekat aja.

Langkah-langkah bayar tagihan listrik online


Berikut langkah-langkah bayar tagihan listrik secara online di hp menggunakan internet banking BRI.

1. Login ke internet banking BRI


Kalau belum punya internet banking BRI, silahkan cek caranya di cara daftar internet banking BRI.

2. Klik menu pembayaran


Klik menu dan pilih menu pembayaran untuk melakukan pembayaran tagihan.

bayar tagihan listrik bulan ini

3. Bayar listrik


Setelah masuk ke menu pembayaran, terdapat beberapa jenis pembayaran. Karena ini tagihan listrik pascabayar, pilih listrik.

cek tagihan listrik secara online di hp android
 4. Isi ID Pelanggan


Isi dari rekening dengan rekening Anda. Pada tujuan pembayaran isi dengan TAGIHAN LISTRIK dan pada IPDEL, isi dengan ID Pelanggan.
cara bayar tagihan listrik lewat hp

5. Permintaan token


Isi password internet banking Anda setelah mengecek dan memastikan bahwa nama pelanggan sudah tepat. Klik permintaan mtoken BRI dan masukkan kemudian klik kirim.
cara cek tagihan listrik online lewat hp

6. Tagihan listrik sudah dibayar


Setelah mengklik kirim maka secara otomatis tagihan listrik bulan ini sudah dibayarkan.cara bayar tagihan listrik PLN di hp

 7. Mengecek status pembayaran


Jika sudah seperti tampilan gambar di atas pada langkah nomor 6, pasti tagihan sudah dibayar. Untuk mengecek dan memastikan status pembayaran apakah benar-benar sudah dibayar jika masih ragu, ulangi langkah di atas. Maka akan terjadi kode kesalahan dengan pesan tagihan sudah terbayar.
cara bayar listrik pascabayar online lewat hp
Sebenarnya masih banyak cara membayar tagihan listrik pascabayar. Namun menurut saya, menggunakan internet banking merupakan salah satu cara yang paling efektif. 

Salah satu keunggulan cek dan bayar tagihan listrik online lewat internet banking adalah mudahnya mengakses internet banking. Jadi, kita bisa bayar tagihan listrik setiap bulannya hanya lewat smartphone android. Dan jika tidak ingin repot, kita bisa juga menggunakan daftar bayar otomatis di internet banking.


Demikianlah cara cek dan bayar tagihan listrik online lewat hp. Semoga bermanfaat dan jangan telat bayar listriknya agar tidak diputus PLN. See you next time brother and sister.

  January 17, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close