Bisnis Online di Desa Terpencil dan Kendalanya

Bisnis Online di Desa Terpencil dan Kendalanya

Bisnis Online di Desa Terpencil - Jangan salah bro and sis, walaupun desa terpencil, asal ada jaringan internet di sana, bisnis online pun bisa jadi tempat menghasilkan uang. Dari sekian banyaknya bisnis online yang ada saat ini, ada beberapa bisnis online yang memang menurut analisa dan bukti saat ini yang cocok untuk dijalankan di desa yang masih dalam tahap desa berkembang.
bisnis online di desa terpencil
Bisnis online di desa terpencil dan kendalanya
Hanya saja, bisnis online di desa berkembang, terlebih desa terpencil sangat sulit dan banyak tantangan yang harus dihadapi. Bukan persaingan karena persaingan sebenarnya masih minim. Namun lebih kepada infrastruktur yang belum memadai. Termasuk yang paling parah adalah susahnya mendapat jaringan internet yang kencang layaknya di kota.

Namun bukan berarti jaringan internet tidak ada. Karena saat ini, semakin banyak daerah pelosok yang sudah tersentuh oleh jaringan internet bahkan sampai di jaringan 4 LTE yang kecepatannya tidak perlu diragukan lagi.

Bisnis Online di Desa Terpencil


Apa saja bisnis online yang cocok dijalankan di desa? Langsung coba salah satu dari beberapa contoh bisnis online yang cocok dijalankan di desa terpencil berikut ini.

1. Jual beli online


Seperti yang saya katakan bahwa akses di desa terpencil pastinya membutuhkan kendaraan dan waktu tempuh perjalanan untuk mendapatkan barang untuk diperjualbelikan. Dengan bisnis online jual beli barang, pastinya akan membuat lebih efisien dan cenderung lebih murah jika dibandingkan mencarinya langsung di pasar sentral di kota.

Bagaimana agar jual beli online di desa terpencil bisa sukses? Ada satu penyebab kurangnya usaha bisnis online di desa, yaitu mahalnya ongkos kirim dari kota ke desa. Terlebih untuk yang paket kiriman premium seperti JNE dan J&T yang datang dalam waktu singkat. Untuk paket kiriman menggunakan POS dapat lebih murah untuk paket biasa namun waktu sampainya juga cenderung lebih lama.

Untuk mengatasi biaya ongkir yang mahal, bisa dengan mengorder barang secara grosir sehingga barang juga lebih murah. Namun yang lebih penting adalah survei dan analisa pasar. Produk seperti apa yang dibutuhkan oleh masyarakat di daerah tersebut.

Dan di desa saya sendiri, produk seperti bibit tanaman buah dalam pot juga sangat menarik. Namun seiring waktu, produk fashion dan digital juga sudah mulai ramai dicari oleh masyarakat. Dan tidak sedikit teman-teman yang berjualan online di Facebook untuk menawarkan produk mereka, termasuk produk kecantikan kulit dan wajah.

Dan jika lebih kreatif lagi, kita bisa memasarkan produk-produk yang di desa kita secara online. Pasti itu akan lebih keren lagi.

Menciptakan peluang usaha di desa memang cukup sulit. Selain daerah yang sepi dan dalam masa berkembang, daya beli masyarakat juga terkadan masih kurang. Namun jika ditekuni ke depannya, peluang usaha di desa dengan sistem online juga sebenarnya memiliki kesempatan yang besar untuk bisa sukses.

Simak Cara Bisnis Online Baju Untuk Pemula Agar Sukses

2. Menjadi blogger


Menjadi penulis adalah impian banyak orang. Dan di era kemajuan teknologi saat ini, menjadi penulis online seperti menulis di blog pribadi dapat menjadi langkah awal dalam menekuni dunia tulis menulis.
 Bisnis online di desa berkembang
Bisnis online di desa berkembang
Jangan salah, penghasilan seorang blogger bisa juga lho sampai puluhan juta hanya dari iklan adsense dan satu blog. Namun yang perlu diketahui bahwa dunia blogging adalah dunia yang cukup keras jika mau menghasilkan uang dari blog.

Butuh waktu dan kerja keras serta kemauan untuk belajar agar blog bisa berhasil. Agar blog bisa berhasil, yang perlu dipelajari sebenarnya hanya ada 2, yaitu patience dan SEO (Search Engine Optimition). Dengan belajar dan mendalami ilmu SEO, sukses di dunia blogging bisa lebih cepat.

Dan di desa terpencil, mendapatkan informasi dan ide niche tulisan dan konten juga bisa dengan mudah. Google memungkinkan kita untuk melihat dunia lebih luas. Dan untuk yang menulis tentang dunia peternakan dan pertanian, pasti akan lebih mudah karena hal-hal itu lebih dekat dengan lingkungan.

3. Belajar menjadi Youtuber


Menjadi Youtuber memang butuh modal yang cukup besar. Namun jika ada kemauan pasti ada jalan. Desa terpencil di Indonesia pastinya memiliki banyak potensi wisata untuk diliput. Jika di tempat Anda ada tempat yang menarik dijadikan sebagai tempat wisata maka bisa dimulai dengan menjadi Youtuber.

Agar bisa sukses menjadi Youtuber sebenarnya sama saja dengan menjadi Blogger. Banyak kerja keras dan terus belajar dan memberikan konten bermanfaat untuk banyak orang. Semakin banyak yang suka video yang Anda bagikan maka akan semakin banyak sponsor dan viewer yang berdatangan.

Kendala bisnis online di desa


Sebenarnya masih banyak contoh bisnis online yang cocok dijalankan di desa. Bahkan jual beli online pun sebenarnya terbagi-bagi dalam beberapa produk yang dapat dipilih sesuai dengan yang dipandang laris dan dapat menghasilkan untung yang lumayan.

Namun setelah mencoba beberapa contoh bisnis online di atas, ada beberapa kendala nyata yang dihadapi saat menjalankan bisnis online di desa terpencil.

1. Jaringan internet yang sulit


Seperti yang saya katakan di atas, meskipun jaringan internet sudah ada dari provider, namun terkadang kualitasnya masih  Edge atau GPRS. Tentu saja, kecepatan jaringan yang tidak stabil tersebut dapat menjadi kendala yang serius dari bisnis online.

Seperti di desa saya, di rumah itu hanya ada beberapa titik yang dapat dijadikan sebagai spot untuk memasang hotspot hp atau mengakses internet dari smartphone. Dan yang lebih parah lagi, tempat tersebut penuh dengan nyamuk.

2. Fokus utama


Biasanya hidup di desa kita harus membantu orang tua sehingga menentukan fokus utama cukup sulit. Namun percayalah bahwa membantu orang tua itu akan memberikan banyak ide untuk tulisan bagi seorang blogger.

Karena hidup di desa, kita pastinya akan lebih sering beraktivitas secara langsung dan dengan fisik. Jika hanya duduk diam di depan laptop atau hp, ya pasti akan dipandang sebagai orang malas. 

Oleh sebab itu, hanya bukti sukses di dunia bisnis online yang bisa mengubah persepsi masyarakat tentang peluang usaha masa depan yang menjanjikan. Untuk itu, agar bisa berhasil, selain ketekunan dan kerja keras serta mengatasi rasa malas tidak ada cara lainnya.

Tantangan untuk hidup di dunia nyata yang langsung terjun ke lapangan dan hidup di dunia maya yang menguras banyak pikiran sebenarnya sangat menarik. Karena itu, kemampuan memanajemen waktu sangat diperlukan.

Lihat juga Usaha Sampingan di Desa Berkembang Yang Menjanjikan di Masa Depan

3. Kebanyakan order secara grosir


Jika tekun di bisnis online, kadang menjadi dropshipper atau reseller saja tidak cukup. Karena itu, biasanya agar orang lebih tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan maka barang memang harus ada di depan mata dan menggunakan sistem COD (Cost On Delivery).

Namun seperti yang saya katakan di atas bahwa order barang dari kota ke desa itu ongkirnya cukup mahal. Karena itu, mau tidak mau kita harus order barang secara grosir yang juga artinya membutuhkan modal yang cukup besar.

Agar masalah seperti ini dapat diatasi, maka berpikiran jauh ke depan dapat menjadi pilihan yang tepat. Misalnya mendirikan kios kecil-kecilan untuk menampung barang-barang yang diorder. Dan barang tersebut bisa berupa pakaian atau apapun itu yang memungkinkan untuk dijual kembali.

Dan tips terakhir dari bisnis jual beli online di desa terpencil adalah menemukan supplier yang tepat. Tepat dalam arti ramah, harga produk bersaing dan kualitas produk harus baik agar konsumen percaya dengan apa yang kita jual.

Berbeda dengan Youtuber atau Blogger, mereka cenderung memang harus bekerja di depan komputer sembari mencari ide tulisan di luar. Dan kadang untuk mencari ide tulisan pun banyak yang hanya mengandalkan Google.

Agar bisnis online bisa sukses maka menjaga kepercayaan target pasar sangat diperlukan. Target pasar adalah orang-orang yang akan kembali lagi untuk membeli produk yang kita tawarkan. Karena itu, jangan membuat mereka kecewa dengan apa yang sudah mereka kunjungi terlebih rela mengeluarkan uang untuk itu.
Demikianlah bisnis online di desa terpencil dan kendala yang sering dihadapi saat menjalankan bisnis di desa terpencil. Tidak ada yang tidak mungkin! Pergeseran bisnis konvensional ke arah digital sudah semakin nyata. Dan sebenarnya kedua hal tersebut tidak bisa terpisahkan. Saatnya untuk sukses di desa dan keluar ke dari sana ke dunia yang lebih luas.
Advertisement

Baca juga:

Tingglakan Komentar
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!