Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti dan Keluar Sendiri di Android

Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti dan Keluar Sendiri di Android

Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti dan Keluar Sendiri di Android - "Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti" atau "unfortunately, apps has stopped", merupakan salah satu notifikasi di smartphone android yang terjadi karena aplikasi tidak kompatibel dengan versi android ataupun karena ponsel tidak merespon aplikasi. Dan masih banyak lagi penyebab aplikasi berhenti dan keluar sendiri di android.
Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti dan Keluar Sendiri di Android
Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti dan Keluar Sendiri di Android

Akibat dari "Sayangnya, aplikasi telah berhenti" membuat kita tidak bisa menggunakan aplikasi tersebut karena secara otomatis aplikasi akan keluar sendiri atau force close.

Sebelum membahas cara mengatasi aplikasi terhenti di android, terlebih dahulu kita akan melihat penyebab aplikasi keluar sendiri di android.

Penyebab Aplikasi Keluar Sendiri di Android


Berikut beberapa penyebab aplikasi keluar tiba-tiba.

1. RAM Penuh


RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory juga biasa disebut memori sementara. Pada dasarnya, baik laptop atau pun smartphone dapat memproses aplikasi karena adanya RAM tersebut. 

Aplikasi yang lag dan keluar sendiri biasa disebabkan oleh memori RAM yang tidak mampu memproses aplikasi yang sedang terbuka. Bisa disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang berjalan di waktu bersamaan (Multitasking) atau pun karena memang RAM ponsel tersebut kecil.

RAM yang menjalankan banyak aplikasi seperti aplikasi latar belakang akan membuat hp menjadi panas dan sering keluar sendiri, bahkan bisa membuat hp restart sendiri. Dan RAM penuh juga bisa dikarenakan menumpuknya cache.

2. Banyak file sampah (Cache)


File cache adalah file sampah aplikasi yang pernah diakses dan bersifat sementara. Namun meskipun bersifat sementara, file cache yang menumpuk akan mengakibatkan kinerja RAM menjadi berat dan lambat.

3. Sistem Operasi tidak kompatibel


Operating System bisa dikatakan software utama sebagai jembatan yang menghubungkan antara hardware dan aplikasi user. Dan beberapa aplikasi kadang tidak kompatibel dengan sistem operasi yang digunakan.

Hal ini biasa terjadi karena perancang aplikasi tidak mengikuti atau tidak melakukan update terhadap sistem operasi versi terbaru. Dan hal ini memang biasa disengaja oleh perancang aplikasi itu sendiri.

4. File aplikasi tidak lengkap


Ceritanya begini... Suatu hari saya pernah ingin mendownload aplikasi di Playstore. Namun entah karena masalah jaringan internet atau pun lainnya, playstore saya hanya loading terus dan tidak bisa digunakan untuk mendownload aplikasi.

Mengatasi tidak bisa download aplikasi di Playstore membuat saya menjalankan trik rahasia dan unik. Saya menggunakan hp saya untuk hotspot dan mendownload aplikasi di hp kedua yang menerima hotspot.

Karena saya tidak memiliki aplikasi Shareit untuk mengirim aplikasi yang terinstall, saya menggunakan aplikasi APK Extract untuk menjadikan aplikasi terinstall di android menjadi file mentah APK. Kemudian file tersebut saya kirim menggunakan bluetooth ke hp saya tadi.

Setelah diinstall, aplikasi tersebut tidak bisa dibuka dengan pesan "Payfazz Berhenti" karena aplikasi yang saya kirim tersebut adalah aplikasi Payfazz.

Dari sini saya mengambil kesimpulan bahwa aplikasi yang saya ekstrak ke APK tersebut rusak atau istilah kerennnya application corrupt.


Cara Mengatasi Aplikasi Berhenti dan Keluar Sendiri di Android


Setelah mengetahui penyebab aplikasi terhenti di android, tiba saatnya kita untuk mengatasi aplikasi keluar sendiri di android.

1. Restart dan simpan hp 10 menit


Hp yang terlalu panas akan membuat kinerja hp menjadi lemot. Karena itu, jika hp panas, sebaiknya restart atau nonaktifkan hp selama lebih dari 10 menit atau sampai hp dalam suhu yang normal kembali. Ingat bahwa suhu udara sekitar kita sangat mempengaruhi tingkat kepanasan hp yang dapat berakibat buruk pada baterai smartphone.

2. Hapus cache aplikasi 


Jika penyebabnya adalah RAM yang penuh bisa diatasi dengan menghapus cache aplikasi. Cara menghapus cache aplikasi bisa dengan menggunakan aplikasi Clean Master atau aplikasi pembersih file sampah lainnya.

Bisa juga langsung dari pengaturan hp samsung. Masuk ke setting dan pilih pemeliharaan perangkat dan bersihkan optimalkan RAM dengan menghapus cache aplikasi.

3. Uninstall dan update aplikasi


Jika penyebabnya karena aplikasi corrupt dan aplikasi berhenti tiba-tiba, maka bisa diatasi dengan menguninstall aplikasi dan install kembali. Cara ini harus langsung dari Playstore hp tempat menginstall aplikasi.

Karena aplikasi berhenti ini saya temui karena menginstall aplikasi bukan dari playstore melainkan dari file APK. Dengan uninstall dan install aplikasi langsung dari playstore kembali dipastikan akan mengatasi masalah aplikasi berhenti ini.

Kecuali jika aplikasi tidak kompatibel, bisa jadi aplikasi tersebut memang tidak dibuat untuks smartphone Anda atau karena sistem operasi yang Anda gunakan tidak support dan harus diupdate.

4. Update sistem operasi


Untuk jaga-jaga saja, sebaiknya update sistem operasi secara berkala agar bug pada sistem operasi lama lebih diminimalisir. Update sistem operasi juga dapat mempercepat kinerja android yang lemot.

5. Beli hp baru


Jika semua masalah di atas tidak dapat mengatasi aplikasi berhenti dan keluar sendiri di android, maka tinggal ada 2 pilihan, yaitu aplikasi tersebut diuninstall dan dihapus saja atau beli hp baru yang spesifikasinya lebih tinggi, terutama RAM ponsel.


Kesimpulan dari sini sebenarnya penyebab utama dari aplikasi berhenti sendiri hanya ada 2, yaitu aplikasi korup atau aplikasi tidak kompatibel dengan android yang digunakan. Dan cara mengatasinya yang pernah saya coba dan berhasil adalah cara nomor 3, yaitu menguninstall aplikasi dan install ulang aplikasi.

Advertisement

Baca juga:

Apa Pendapatmu?
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

2 comments

Mantaap sob
Saya coba dulu sarannya

Balas

Nice info gan. Saya juga kemarin tidak bisa buka aplikasi karena aplikasi berhenti sendiri. Trims

Balas

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!