Skip to main content

Stem Gitar Standar Dengan Cara Manual Tanpa Aplikasi

Stem gitar di era perkembangan aplikasi android sudah semakin mudah saja. Benar kan? Tinggal download aplikasi android di playstore, stem gitar bisa dilakukan bahkan oleh pemula sekalipun. Lain dulu lain sekarang. Dulu seorang gitaris lebih keren saat menyetem gitar bro, bisa stem gitar tanpa bantuan software apapun. Yups! Mereka menggunakan ketajaman pendengaran dan feeling (Stem gitar cara manual).
cara stem gitar standar secara manual tanpa aplikasi
Cara stem gitar standar secara manual untuk pemula

Tertarik mencoba stem gitar sendiri secara manual tanpa aplikasi? Pastilah! Kamu akan terlihat lebih jago bermain gitar ketika dapat melakukan setelan gitar sendiri. Bagaimana cara stem gitar secara manual gan? Please help me! Santai aja bro, hari ini kamu akan tahu cara stem gitar sekalipun masih kelas pemula.

Stem Gitar


Stem gitar merupakan hal no. 1 sebelum menggunakan gitar. Kalau kamu nekat menunggunakan gitar tanpa di-stem terlebih dahulu, sehebat dan setinggi apapun ilmu bermain gitarmu, nada yang dihasilkan akan tetap sumbang. Itulah mengapa penting stem gitar dan tahu caranya.

Gimana jadinya kalau Sung Ha Jung bermain fingerstyle atau master gitaris dunia lainnya menggunakan gitar yang tanpa distem terlebih dahulu? Bayangkanlah betapa buruknya permainan gitar mereka.

Sebelumnya, dalam tutorial stem gitar manual ini saya menggunakan gitar akustik dengan senar string. Untuk pengguna gitar klasik dengan senar yang lebih tebal (Nylon), cara stemannya juga sama. So, prakteknya boleh sama juga.

Setelan Gitar Standar


Setelan gitar standar menggunakan nada E-B-G-D-A-E. Jadi, intinya di sini adalah kita akan menyetem senar gitar kita dengan bunyi nada-nada tersebut.
  1. E (Nada mi) terletak di senar 1 (Senar paling tipis)
  2. B (Nada si) terletak di senar 2
  3. G (Nada sol) terletak di senar 3
  4. D (Nada re) terletak di senar 4
  5. A (Nada la) terletak di senar 5
  6. E (Nada mi) terletak di senar 6 (Senar paling tebal)
Terletak di senar 1 artinya senar tersebut dipetik tanpa menekan fret apapun. Biasa disebut open chord atau gambarnya dalam tab gitar dilambangkan dengan angka 0. Tanpa menekan fret satupun.

Itu sudah menjadi setelan gitas standar. Semua chord gitar dasar yang kita ketahui bentuknya dan posisinya pada gitar itu berasal dari setelan standar ini.

Baca juga Kunci Gitar Dasar Lengkap Dengan Gambar Untuk Pemula

Cara Stem Gitar Akustik Untuk Pemula


Cara menyetem gitar secara manual sebenarnya memiliki banyak variasi dan teknik. Ada teknik stem gitar dengan menyamakan bunyinya dengan instrumen musik lainnya atau pun menggunakan gitar itu sendiri.

Baiklah, kita akan mulai prakteknya. Berikut beberapa cara stem gitar manual tanpa aplikasi untuk pemula.

Stem Gitar Dengan Aturan Dasar Fret 5

  • Pernah dengar fret 5 menjadi patokan dasar stem gitar manual? Stem gitar aturan dasar fret 5 ini berdasarkan setelan gitar standar E-B-G-D-A-E, yaitu menyamakan bunyi nada pada senar gitar yang satu dengan senar yang lainnya.
Langkah-langkahnya begini.
  1. Senar 1 : Patokan kita adalah senar 1 (Senar yang paling tipis). Kencangkan senar 1 sampai kedengaran runcing dan jangan samapi putus. Ini membutuhkan feeling tapi asal sudah cukup kencang, okelah. Dasarnya adalah semakin kencang senar gitar semakin tinggi bunyi nada sehingga getarannya lebih memekik dan pendek. Sebaliknya, semakin molor senar gitar semakin rendah bunyi nada sehingga getaran yang dihasilkannya juga panjang. 
  2. Senar 2 : Setelah senar 1 selesai distem, kita akan menjadikan nadanya sebagai patokan senar gitar yang kedua dan seterusnya sampai senar 6. Petik senar 2 fret 5 dan samakan bunyinya dengan senar 1 fret 0 (Tanpa menekan fret atau open chord).
  3. Senar 3 : Petik senar 3 fret 4 dan samakan bunyinya dengan senar 2 fret 0.
  4. Senar 4 : Petik senar 4 fret 5 dan samakan bunyinya dengan senar 3 fret 0.
  5. Senar 5 : Petik senar 5 fret 5 dan samakan bunyinya dengan senar 4 fret 0.
  6. Senar 6 : Petik senar 6 fret 5 dan samakan bunyinya dengan senar 5 fret 0. Bunyi senar 1 dan 6 terbuka tanpa ditekan akan menghasilkan nada yang sama, yaitu E (nada mi).

Cara di atas sangat bagus diterapkan dalam melatih kepekaan pendengaran. Ada yang mengatakan, ketika kita sudah bisa menyetem gitar secara manual maka kita sudah bisa mengiringi lagu.

Lihat juga Cara Genjreng Gitar Untuk Pemula Menggunakan Pola Yang Enak Didengar

Stem Gitar Mencocokkan dengan Instrumen Lain


Saat jalan-jalan ke studio atau saat mau bermain dalam band yang memiliki banyak instrumen di dalamnya, kita harus mencocokkan steman semua instrumen yang akan digunakan.

Jika setelan gitar kita masih buruk, kita bisa menyamakannya dengan piano atau pun keyboard. Jika mau kolaborasi pertunjukan gitar, steman gitar yang tepat juga bisa dijadikan sebagai acuan stem gitar yang masih amburadul.

Cara stem gitar dengan mencocokkan dengan instrumen lain juga membutuhkan kepekaan telinga dalam mendengar nada.

Gunakan juga 5 Aplikasi Stem Gitar untuk Hp Android Terbaik dan Akurat

Stem Gitar Dengan Jalur Melodi


Saya lebih sering menggunakan teknik ini dalam menyetem gitar akustik secara manual. Intinya, kita harus mengetahui melodi gitar terlebih dahulu. Paling tidak mengetahui jalur melodi do re mi fa sol la si do yang menggunakan senar nomor 1, 2, 3, 4, 5, dan 6.

Untuk pemula yang mau belajar stem gitar dengan melodi, bisa menggunakan lagu Semua Tentang Kita by Peterpan. Intronya keren lho. Teng deng deng... Saya sendiri lebih sering menggunakan lagu Gaby Tinggal Kenangan saat stem gitar pada senar 1 sampai 3.

Begitulah kira-kira cara stem gitar secara manual yang dapat dipelajari oleh pemula.

Sayang sekali, masih banyak yang bingung dengan tutorial stem gitar secara manual di atas. Mau tidak mau, kita harus menggunakan aplikasi tuner kalau begitu.

Jika memang masih pemula, tidak perlu dipaksakan bro and sis. Lebih baik manfaatkan teknologi yang ada. Tidak masalah kok. Nanti juga feeling akan terbentuk dengan sendirinya ketika rajin berlatih gitar.


Stem Gitar Dengan Aplikasi Tuner


Banyak tuner di toko-toko musik yang memang berkualitas, tergantung harganya. Dan memang hasil setelannya bisa dikatakan sangat akurat. Namun tentu, kita harus mengeluarkan uang untuk membeli tuner tersebut.

Tapi tak perlu risau bro and sis, sekarang sudah banyak aplikasi android untuk stem gitar secara praktis dan mudah. Cara stem gitar dengan tuner aplikasi juga tidak membutuhkan kemampuan apapun.

Caranya, download aplikasi stem gitar di Playstore android. Gratis bro, gak perlu bayar. Salah satu aplikasi stem gitar di android yang saya rekomendasikan untuk pemula adalah PitchLab Lite. Aplikasinya ringan dan mudah digunakan.
cara mudah stem gitar dengan aplikasi
Cara stem gitar dengan aplikasi
Kita hanya perlu memetik senar gitar satu per satu dan menyamakannya di aplikasi PitchLab Lite. Kalau steman terlalu tinggi ditandai dengan Tune Down harus diturunkan. Dan kalau stemnya terlalu rendah ditandai dengan Tune Up maka kita harus mengencengkan senar yang distem sampai benar-benar pas mencapai garis tengah, In Tune.

Pelajari juga Cara Memetik Gitar Akustik Untuk Pemula - Cepat dan Mudah

Kesulitan dalam stem gitar


Tidak semudah itu ferguso... Pasti ada aja problem yang ditemui saat belajar gitar. Beberapa masalah yang dihadapi oleh pemula yang belajar stem gitar sendiri.

1. Setelan kendur

Sebelum ada aplikasi tuner, saya benar-benar takut dalam menstem gitar. Jika salah-salah, harus bahwa ulang ke teman yang sudah bisa. Dan beberapa kali saya mengalami hal ini sebelum akhirnya tahu kalau senar baru memang akan sering kendor ketika distem. Butuh beberapa hari agar senar benar-benar pas.

2. Feeling

Kalau saja feeling sudah bagus, pasti kita sudah bebas stem gitar. Tidak peduli ada aplikasi atau tidak. Kita tidak terbatas waktu dan bisa stem gitar di manapun dan kapanpun.

3. Arah putaran terbalik

Beberapa orang bahkan yang sudah pro kadang tidak memperhatikan masalah ini. Salah memasukkan senar sehingga putaran setiap bridge berbeda. Bikin bingung dan kalau orang lain yang stem gitar tersebut bisa-bisa senar putus.

4. Senar putus

Sebenarya saya malu mengatakan ini. Tapi it's okay lah! Sejak kenal gitar sampai hari ini, sudah puluhan senar gitar yang saya putuskan. Gak kebayang kalau senar adalah mantan.

Karena itu, hati-hati dalam stem gitar. Jangan sampai putus dan membahayakan keselamatan diri sendiri atau pun orang disekitar kita. Tali yang paling cepat putus adalah senar 1 dan yang paling cepat kalah adalah senar 3. Dalam mengganti senar gitar, sebaiknya full set langsung ganti semua. Kecuali putus.

Semua cara stem gitar di atas menggunakan stem gitar standar. Sebenarnya ada banyak jenis tuning gitar di dunia ini. Salah satu yang juga populer adalah stem gitar dengan tuning Drop D. Tuning jenis Drop D ini biasa digunakan oleh Avenged Sevenfold, Trivium, dan beberapa grup band-band metal terkenal dunia.

Tuningnya hampir sama dengan tuning standar E-B-G-D-A-E. Bedanya Tuning Drop D menggunakan nada D pada senar 6. Jadi urutan Tuning Drop D menjadi D-A-D-G-B-E.


Demikianlah cara stem gitar standar khusus pemula secara manual tanpa aplikasi. Tapi ujung-ujungnya, stem pakai tuner juga karena banyak yang masih bingung menggunakan feeling saat stem gitar. Kunci stem gitar adalah belajar!
  December 02, 2018
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close