Skip to main content

Kunci Gitar Gantung - Rahasia Belajar Chord Untuk Pemula

Kunci gitar gantung adalah nyawa dari permainan gitar yang sesungguhnya. Bagi gitaris yang suka bermain reggae, wajib belajar dan menguasai kunci gantung ini. Bukan hanya itu, gitaris yang suka lagu dangdut atau pun yang ingin berimprovisasi ala Sung Ha Jung, harus memahami kunci gitar gantung ini.
kunci gitar gantung untuk pemula lengkap dengan gambar
Kunci Gitar Gantung

Awalnya saya pikir kalau kunci gitar gantung itu sulit. Padahal, kunci gitar gantung tidak sesulit itu. Kunci gantung atau biasa disebut kunci gitar grip gantung pada dasarnya juga berasal dari kunci gitar dasar. Namun banyak pemula yang justru ketakutan sendiri menghadapi kunci gitar gantung. Termasuk saya, tapi itu dulu.

Setelah mengetahui rahasia bermain kunci gitar gantung, saya merasa naik ke level menengah dalam permainan gitar. Saya mau kamu juga merasakan hal yang sama dengna saya. Karena itu, saya ingin berbagi tentang cara belajar kunci gitar gantung secara lengkap di sini.

Kunci Gitar Gantung


Sebelumnya, saya sudah memberikan tutorial membentuk kunci gantung gitar. Di sana, saya sudah memberikan tips-tips dasar seputar kunci gitar gantung. Dan sudah membongkar sedikit tentang kunci gitar gantung. Yang belum lihat materi tersebut silahkan belajar dulu di cara cepat bisa kunci gantung gitar dalam 1 hari untuk pemula.

Pastikan juga kamu sudah belajar tentang kunci gitar dasar, terutama kunci gitar E dan A, beserta minornya. Seperti janji saya pada artikel sebelumnya, rahasia yang akan saya bongkar bernama CAGED SYSTEM.

Apa itu CAGED system?

CAGED system adalah salah satu metode yang digunakan untuk belajar tentang bentuk kunci gantung pada gitar. CAGED sendiri merupakan singkatan dari kunci gitar dasar, yaitu kunci C, A, G, E, dan D. Artinya apa?

Dalam artikel sebelumnya, saya sudah menyinggung kalau kunci gitar A sebenarnya bentuknya sama dengan kunci gitar B. Hal yang sama pun berlaku pada kunci minor Am dan Bm.
belajar cara menguasai kunci gitar gantung
Kunci Gantung B Bentuk Asalnya Dari Chord A
Juga kunci E bentuknya sama saja dengan kunci F. Hanya sama, letaknya yang berbeda pada fret gitar. Hal yang sama pun berlaku pada chord gitar Em dengan Fm.
belajar kunci gitar gantung untuk pemula
Kunci Gitar Gantung F Bentuk Asalnya dari Chord E
Selama ini kita hanya mengenal kunci gitar gantung F dan B, dasarnya. Ternyata bukan hanya itu, chord seperti C, G, dan D juga dapat dibentuk menjadi kunci gitar gantung.

Tapi tentu saja, bentuknya akan sangat sulit dan memang tidak perlu digunakan karena cukup kunci gitar gantung F dan B, kita sudah bisa mengetahui semua chord dalam gitar. Semuanya! Mayor, minor, SUS, diminished, dominant, termasuk kress dan mol.

Cara kerja kunci gantung gitar berlaku ketika kita menggunakan capo (Penjepit senar). Tujuan capo sebenarnya adalah untuk mengubah nada dasar tanpa mengubah bentuk chord awal.

Jadi, kadang gitaris tidak perlu menghafal family chord nada dasar D. Cukup menggunakan capo saja, kita bisa bermain gitar menggunakan nada dasar D tapi bentuknya tetap family chord C-F-G, tapi nadanya sudah dinaikkan menjadi D karena dipasangi capo pada fret tertentu.

Hari ini, kita akan mengulas tentang itu. Kamu akan mudah mengetahui semua chord gitar lengkap dengan belajar CAGED System. Tapi kita ambil kunci gitar yang A dan E saja. Itu lebih banyak dipakai dalam bermain gitar menggunakan kunci gantung.

Lihat Juga Gambar Kunci Gitar Dasar Lengkap Untuk Pemula

Kunci Gitar E Biasa Bertransformasi Menjadi Kunci Gantung


Kunci gitar E biasa bassnya terletak di senar 6 fret 0. Ketika dimajukan ke fret 1 maka kuncinya akan berubah menjadi kunci F. Dimajukan 1 fret lagi, akan menjadi chord F#.
kunci gitar f# dan f lengkap
Kunci Gitar Gantung F# dan F
Dari kunci F# ketika dimajukan lagi 1 fret akan berubah menjadi kunci gitar gantung G. Dan seterusnya. Asalnya dari kunci E biasa dan bentuk chordnya tetap seperti E. Yang menjadi patokan adalah nada bass senar 6.
Kunci Gitar G# dan G Bentuk Awalnya Juga Kunci E
Dan untuk kunci F#m dan F# yang juga adalah kunci gantung yang populer digunakan, begini posisinya pada setiap fret gitar.
Kunci Gitar Gantung F#m dan Fm untuk pemula
Kunci Gitar Gantung F#m dan Fm
Kunci Gitar Gantung g#m dan gm untuk pemula belajar kunci gitar
Kunci Gitar Gantung G#m dan G#
Saya tidak akan menjelaskan tentang bagaimana perubahan kunci gitar gantung dari dari kunci A ke B. Ataupun dari kunci Am ke kunci Bm. Semuanya sudah terjawab dengan melihat pergeseran nada dari kunci E ke F dan seterusnya di atas.

Untuk lebih mudahnya, saya akan berikan tangga nada yang akan membuat kita mudah hafal nada-nada pada senar bass. Dalam tutorial belajar kunci gitar gantung ini, fokus kita hanya pada senar 5 dan senar nomor 6.
kunci gitar gantung dan nada dasar
Kunci Gitar Gantung dan Tangga Nada Dasar
Gambar di atas adalah kumpulan nada pada setiap fret gitar. Berasal dari tangga nada natural. Yang penting untuk dihafal adalah intervalnya.

Interval : 1-1-1/2-1-1-1-1/2

Bagi yang berniat belajar melodi gitar, wajib paham tentang materi kunci gitar gantung ini.

Dari tangga nada tersebut, kita bisa belajar kunci gitar mayor dan minor serta kress dan molnya. Agar lebih gampang dihafal, berikut tips-tips dari saya.

  1. Tanda # dinamakan kress, artinya naik 1/2 nada. Pada gitar 1 fret.
  2. Tanda  b dinamakan mol, artinya turun 1/2 nada. Pada gitar juga 1 fret.
  3. Nada dari B ke C dan E ke F hanya 1 fret sehingga tidak ada yang dinamakan E# ataupun B#.
  4. Selain itu, semua punya chord gitar kress, baik mayor dan minor, sehingga chord mayor ke chord mayor lainnya memiliki interval 2 fret.

Untuk lebih jelasnya, pelajari Nada Dasar - Kunci Utama Untuk Pemula Belajar Gitar

Kesimpulan Tentang Belajar Kunci Gitar Gantung


Jadi, bentuk dasarnyanya tetap dari kunci E dan A. Yang menjadikannya sulit adalah membentuk chordnya. Karena untuk menghafalnya sangat mudah, cukup pahami interval tangga nada natural aja. Simpel dan praktis dalam belajar kunci gantung gitar. Tidak ada lagi tuh, takut sama kunci gantung gitar.

Lihat juga Lagu dan Chord Gitar Untuk Pemula - Kunci Gitar Mudah Dipelajari

Demikianlah artikel tentang belajar kunci gitar gantung dan cara mudah menghafal semua chord. Cocok untuk pemula. Setelah ini, kamu bebas bermain gitar reggae.
  December 03, 2018
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close