Skip to main content

Cara Memetik Gitar Akustik Untuk Pemula - Belajar Pola Petikan

Cara Memetik Gitar - Bermain gitar akustik dengan cara memetik gitar memang terasa lebih damai dan lembut. Pasti semua setuju dengan itu. Dan beberapa teman saya mengatakan bahwa bermain gitar dengan cara memetik senar gitar satu per satu terdengar lebih menyenangkan dan membuat gitaris terlihat lebih keren dan cool.
cara memetik gitar akustik untuk pemula pola petikan
Cara memetik gitar akustik untuk pemula

Namun sayang sekali, tidak semua pemain gitar dapat memetik gitar dengan benar. Hal itu juga saya alami ketika mendemonstrasikan permainan gitar di depan kelas dengan cara memetik gitar. Bukannya terpukau dengan permainan gitar saya, penonton malah tertawa terbahak-bahak. Saya malu dan pulang belajar kembali dengan tujuan yang sama, menguasai teknik memetik gitar dengan benar untuk membuat pertunjukan selanjutnya yang menghipnotis.

Cara Memetik Gitar


Memetik gitar memang tidak semudah yang terlihat. Tentu saja, memetik gitar membutuhkan kecepatan dan ketepatan sinkronisasi antara tangan kanan yang memetik senar gitar dan tangan kiri yang membentuk chord gitar.

Setelah kemarin kita belajar menggenjreng gitar, hari ini kita akan bermain gitar strumming dengan cara memetik gitar. Yups! Kelihatannya memang lebih keren ketika dapat bermain gitar dan mengiringi lagu dengan petikan.


Perlu diketahui, bahwa kita bisa belajar cara memetik gitar di sini tanpa tahu menggenreng gitar terlebih dahulu. Tapi tentu saja, kita hanya tahu teknik dasarnya dan tidak mungkin bisa mengiringi lagu dengan petikan gitar kalau belum tahu genjrengan.

Cara Memetik Gitar Akustik Untuk Pemula


Ada beberapa cara memetik gitar, yaitu memetik gitar dengan satu jari, yaitu ibu jari, atau menggunakan pick (Biasaya menggunakan gitar listrik), memetik gitar dengan teknik 5 jari dan memetik gitar dengan teknik 4 jari. Mana yang bagus untuk pemula?

Memetik gitar dengan menggunakan 5 jari sangat sulit untuk pemula. Karena itu, saya akan memberikan teknik memetik gitar 4 jari yang jauh lebih mudah. Nantinya, kita bisa belajar memetik gitar dengan 5 jari setelah tahu cara memetik gitar 4 jari dengan teknik PIMA.

cara memetik gitar akustik untuk pemula
Cara memetik gitar akustik untuk pemula - dps.ac.id
Langsung praktekkan saja cara memetik gitar menggunakan 5 jari di bawah ini.

  1. Ibu jari dilambangkan dengan P digunakan untuk memetik senar bass pada gitar, yaitu senar 4, 5, dan 6.
  2. Jari telunjuk dilambangkan dengan I (Index finger), digunakan untuk memetik senar 3.
  3. Jari tengah dilambangkan dengan M (Middle finger), digunakan untuk memetik senar 2.
  4. Jari manis dilambangkan dengan A, digunakan untuk memetik senar 1 pada gitar.
  5. Jari kelingking tidak digunakan. Biasanya hanya digunakan sebagai penyangga agar tangan yang memetik gitar lebih rileks dan santai. 

Inilah salah satu alasan saya merekomendasikan cara memetik gitar akustik untuk pemula menggunakan 4 jari. Pada umumnya, jari-jari gitaris pemula masih kaku dan lengan mudah pegal-pegal. Dengan menggunakan jari kelingking sebagai penyanggah maka beban lengan akan lebih ringan dan membuat proses latihan lebih nyaman. Santai seperti di pantai.

Baca juga Cara Belajar Gitar Sendiri - Tahapan Praktis Yang Akan Dilalui

Langkah-langkah Praktek Fingerpicking 4 Jari


Teknik ini juga yang saya lakukan ketika belajar memetik gitar pertama kali. Hanya 1 Minggu, saya bisa memetik gitar menggunakan 4 jari dengan lancar dan tidak nyangkut pada senar lainnya. Langsung saja, begini cara latihannya.

1. Jari memetik senar gitar satu per satu


Jangan mencoba memetik gitar langsung dengan semua jari. Tapi mulailah memetik gitar menggunakan setiap jari. Nanti lancar di jari pertama kemudian lanjut ke jari lainnya.

Kita bisa memulai dengan ibu jari. Petiklah senar gitar 4, 5, dan 6 dari atas ke bawah secara berulang-ulang. Pelajari terus dan arah petikan bisa dibolak-balik, misalnya dari senar 4 ke 6 kembali. Ini untuk memperlancar aja.

Setelah bisa dengan jari jempol atau terlalu lelah, lanjut ke jari telunjuk. Petik senar gitar 1, 2, dan 3 secara berulang-ulang.

Lanjut ke jari tengah, petiklah senar gitar 1, 2, dan 3 sampai benar-benar lancar. Terakhir menggunakan jari manis, untuk memetik gitar 1, 2 dan 3.

Itu tidak mudah ya. Pertama kali mencoba memetik senar gitar dengan jari telunjuk itu susahnya minta ampun. Tapi setelah berlatih beberapa jam sehari, saya tidak butuh waktu lama untuk bisa menguasai semua senar gitar dan jari yang digunakan untuk memetiknya.

2. Kombinasikan semua jari


Saya sering mendengar berita bahwa orang yang pandai bermain alat musik, termasuk gitar dan piano adalah orang-orang yang cerdas. Mungkinkah? Saya tidak ingin berpendapat. Namun memang, dalam hal memetik gitar, sepertinya selain jari, otaklah yang paling bekerja keras.

Jari mana lagi, senar mana nih? Saya pun mengalami hal yang sama. Kadang bingung dengan jari mana yang akan digunakan untuk memetik senar ketika sudah menggabungkan semua jari yang digunakan untuk memetik.

Gak apa-apa, semua orang juga mengalaminya. Tips dari saya, latih otak. Tapi kalau mau tahu rahasianya, adalah latihan. Awalnya kita akan berpikir senar mana yang akan dipetik tapi setelah beberapa hari latihan, kita akan leluasa memetik senar gitar tanpa perlu berpikir.

Pelajari juga Cara Stem Gitar Secara Manual - Setelan Standar Untuk Pemula

Pola Memetik Gitar Untuk Pemula


Berikut saya akan berikan beberapa pola petikan yang mudah dipelajari oleh pemula dalam berlatih memetik senar gitar menggunakan 4 jari.

Untuk mempercepat latihan gitar, kita sudah akan mengkombinasikan teknik memetik senar gitar dengan membentuk chord progression (Pola perpindahan chord).

Chord progression yang akan menjadi teman latihan kita adalah C-G-Am-Em.

Pola petikan dasar teknik fingerpicking


  • Ibu jari hanya akan memetik senar 4, 5 dan 6 (P)
  • Jari telunjuk khusus memetik senar 3 (I)
  • Jari tengah memetik senar 2 (M)
  • Jari manis untuk memetik senar 1 (A)

Caranya mudah seperti ini:

1. Tangah kiri membentuk kunci gitar C

- Ibu jari (P) memetik senar 5
- Jari telunjuk (I) memetik senar 3
- Jari tengah (M)  memetik senar 2
- Jari manis (A) memetik senar 1

Polanya seperti P I M A. Ulangi sampai 4 kali kemudian lanjut ke chord G.

2. Tangan kiri membentuk kunci gitar G

- Ibu jari (P) memetik senar 6
- Jari telunjuk (I) memetik senar 3
- Jari tengah (M)  memetik senar 2
- Jari manis (A) memetik senar 1

Ulangi sampai 4 kali dengan kecepatan yang tetap kemudian lanjut ke chord Am.

3. Tangan kiri membentuk kunci gitar Am

- Ibu jari (P) memetik senar 5
- Jari telunjuk (I) memetik senar 3
- Jari tengah (M)  memetik senar 2
- Jari manis (A) memetik senar 1

Ulangi juga 4 kali kemudian lanjut ke chord gitar Em.

4. Tangan kiri membentuk kunci gitar Em

- Ibu jari (P) memetik senar 6
- Jari telunjuk (I) memetik senar 3
- Jari tengah (M)  memetik senar 2
- Jari manis (A) memetik senar 1

Ulangi pola petikan di chord Em sebanyak 4 kali kemudian kembali lagi ke chord C.

Tips: Perpindahan ke Chord selanjutnya selalu diawali dari senar bass.

Setelah lancar menggunakan 4 jari utama, kita sudah bisa mencari pola-pola petikan yang enak didengar. Kecepatan tangan kanan harus tepat mengikuti tempo dan irama dan perpindahan chord.

Jika bingung mencari chord progression yang benar dan tidak mengetahui chord-chord apa yang berhubungan dalam satu nada dasar, sebaiknya pelajari dulu tentang nada dasar gitar. Di materi tersebut adalah kunci belajar gitar yang sesungguhnya.

Ada banyak variasi pola petikan yang dapat dipelajari. Dan teknik seperti kombinasi petikan senar bass dan melodi juga sangat enak didengar. Jadi, kita bisa saja memetik senar gitar dalam satu ketukan dengan menggabungkan petikan bass dan senar treble (Senar 1, 2, dan 3). Dan umumnya, penggabungan tersebut di awali pada ketukan pertama pada perpindahan chord.

Cara Memetik Gitar dan Mengiringi Lagu


Tujuan utama kita belajar tentang cara memetik gitar dengan benar hanya satu, yaitu dapat mengiringi lagu dengan petikan gitar. Setelah memahami pola dan jari yang digunakan untuk memetik, tunggu apa lagi? Langsung cari lagu favoritmu.

Jika bingung, cari aja di Google "cara memetik gitar lagu surat cinta untuk starla." Jika kamu suka lagu dari Virgoun tersebut. Atau saya dulu menggunakan lagu Tinggal Kenangan karena saat itu hanya ini yang dapat saya iringi dengan genjrengan gitar.

Jika sulit mengetahui pola petikannya, dengarkan aja iramanya. Pasti ketemu yang enak. Intinya setiap awal chord mulai petikan dari senar bass. Untuk memahami ini lebih lanjut, kita akan belajar tentang teknik arpeggio (Chord pecah) dalam gitar.

Lihat juga Belajar Kunci Gitar Dasar Lengkap Dengan Gambarnya Untuk Pemula

Itulah artikel tentang cara memetik gitar akustik untuk pemula lengkap dengan pola petikan dasar. Dinamakan teknik fingerpicking PIMA karena jari yang digunakan untuk memetik senar gitar memang singkatan, sehingga yang mudah dihafal. Semoga bermanfaat. See you in the next guitar tutorial.
  December 02, 2018
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close