Skip to main content

Cara Membuat CD/DVD Autorun Tanpa Aplikasi

Cara Membuat CD/DVD Autorun - Dapat pengetahuan baru lagi nih tentang media pembelajaran interaktif. Pada tugas multimedia, saya mendapat kesempatan untuk mempelajari cara membuat media pembelajaran interaktif dengan Macromedia Flash 8. Dalam tugas tersebut, media pembelajaran yang telah dibuat harus dikumpul dalam bentuk CD/DVD.
 Cara membuat cd dvd autorun otomatis
Cara membuat cd dvd autorun otomatis
Tanpa sengaja, dalam mencari konsep cara membuat media pembelajaran interaktif yang keren dengan flash, saya menemukan tutorial cara autorun CD/DVD. Autorun maksudnya adalah membuat CD/DVD tersebut ketika diklik akan otomatis dijalankan tanpa perlu melihat isi dari DVD tersebut terlebih dahulu.

Sekedar informasi, tutorial membuat CD otomatis jalan saat diklik ini berhasil diterapkan pada media pembelajaran interaktif yang saya buat dengan flash. Berikut cara membuat CD/DVD otomatis dieksekusi ketika diklik.

Trik Membuat Autorun CD


1.  Buat file autorun.inf

Buka notepad dan copy script di bawah ini!

[autorun]
open=FINALTA.EXE

FINALTA adalah nama file exe yang akan diburning ke dalam DVD atau CD interaktif. Script bisa diganti sesuai dengan nama file.

Seperti penjelasan di atas, media pembelajaran atau animasi yang dibuat dengan Macromedia Flash dapat menghasilkan beberapa format file, termasuk proyek itu sendiri, yaitu file.FLA yang adalah file khusus proyek Macromedia flash, file.SWF yang khusus dijalankan oleh laptop yang telah terinstall aplikasi flash dan file.EXE yang adalah file format standar windows.

Dalam tutorial ini, kita menggunakan format EXE untuk membuat CD/DVD interaktif yang otomatis dieksekusi ketika partisi CD diklik.

2. Pastekan script autorun di notepad

Klik menu - Save as

File name isi dengan Autorun.inf
File type isi dengan All files
Kemudian klik tombol save untuk menyimpan file autorun.
cara membuat cd/dvd autorun tanpa aplikasi
Membuat file autorun.inf
3. Burning file FINALTA.EXE dan Autorun.inf ke dalam CD/DVD
cara membuat cd/dvd autorun tanpa aplikasi
Membuat CD/DVD Interaktif Autorun
Penting untuk diperhatikan bahwa kedua file yang diburning ke dalam CD/DVD tidak boleh terletak di dalam folder di CD, tapi terletak di root atau langsung tanpa folder.

Itulah cara membuat CD/DVD autorun tanpa aplikasi. Kuncinya sebenarnya adalah pada file Autorun.inf yang dibuat. FINALTA.EXE adalah file yang berisi media pembelajaran yang saya buat dan harus diburning ke dalam CD/DVD.

Bagaimana dengan video atau pun lagu yang mau di autorun juga dalam CD/DVD? Dari script di atas, saya menyimpulkan bahwa dalam script autoun.inf kita hanya perlu mengubah nama aplikasi yang akan dijalankan secara otomatis dan pastinya, ekstensi file tersebut. Apakah Mp3, Mp4, Exe atau pun yang lainnya.

Nah, jika sesuai dengan langkah-langkah di atas, seharusnya CD/DVD akan autorun secara otomatis ketika partisinya diklik..

  December 17, 2018

Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close