Cara Daftar Dan Menempelken Kode Google Adsense Di Blog

Cara Daftar Dan Menempelken Kode Google Adsense Di Blog

Google Adsense adalah salah satu situs populer yang digunakan oleh seorang blogger untuk menghasilakn uang dari blog. Dan hari ini saya akan berbagi tutorial daftar adsense secara gratis dan mudah. Memang free si.. Sebenarnya ada 2 cara daftar Google Adsense, yaitu langsung melalui blog yang masih bersubdomain blogspot ataupun yang sudah TLD domain seperti COM, NET dan lain-lain.
cara daftar adsense dan menempelkan kode iklan adsense di blog
Cara Daftar Adsense dan Memasang Kode Adsense di BLog
Saya melihat tutorial daftar adsense di Support Google sudah sangat jelas tapi masih banyak yang bingung cara daftarnya. Jika langsung dari blogspot, biasanya menu daftar adsense belum muncul untuk blog yang baru. Tandanya jika belum ada menu penghasilan pada dashboard adsense. Beda dengan domain TLD yang langsung bisa didaftarkan adsense. Biasanya untuk blogspot yang baru, kita juga bisa setting bahasa blog dari Indonesia ke bahasa Inggris. Nanti juga menu daftar adsense akan muncul. Tapi biasanya belum bisa daftar karena blogspot belum memenuhi syarat.

Cara Daftar Adsense Dan Menempelkan Kodenya Di Blog


Langsung saja, berikut langkah-langkah daftar adsense untuk pemula.

1. Masuk ke Google.com
Masuk ke Google.com
2. Tulis di kotak pencarian google Google.com/adsense
cara daftar adsense dengan domain TLD
Masuk ke Google.com/adsense
3.  Masukkan URL blog dan email

Nah, di sini letak perbedaannya. Jika langsung dari blog, maka kita bisa daftar langsung di dashboard blog pada menu penghasilan. Jika domain TLD, daftarnya harus dari situs google langsung, terutama untuk pengguna Wordpress.

Kalau pada form URL website di isi dengan domain TLD COM, kita akan lanjut ke halaman pengisian alamat. Dan jika kita memasukkan URL blog yang bersubdomain blogspot, pendaftaran akan dialihkan secara otomatis ke blogger.com.

Pada kesempatan ini, saya hanya akan berbagi tutorial menggunakan blog yang domainnya sudah dicustom ke TLD. Jika belum tahu caranya, lihat caranya di cara custom domain blogspot menjadi TLD COM.

Langsung saja, masukkan URL blog yang mau didaftarkan adsense. Contohnya https://www.soksimon.com dan pada email, silahkan masukkan email. Misalnya Soksimon@gmail.com. Kalau belum punya email Google, silahkan buat email gmail dulu.
daftar akun adsense
Memasukkan URL blog dan email
4. Pilih negara Indonesia

Bagi para peternak akun Adsense, biasanya mereka bukan hanya daftar akun Indonesia saja, tapi juga akun Germany, UK, dan lain-lain, sesuai permintaan client.
Cara membuat akun adsense untuk pemula
Memilih negara Indonesia untuk membuat akun Adsense Indonesia
Baca juga Cara Ternak Akun Adsense Yang Cepat Full Approve

Klik mulai untuk mengisi alamat pembayaran. Pastikan untuk mengisi detail alamat pembayaran dengan benar dan lengkap agar PIN Google Adsense sampai di rumah. Jika salah memasukkan pembayaran, nanti PIN Adsense tidak akan sampai di rumah Anda.
cara memasang kode adsense di blog
Mengisi alamat pembayaran adsense
5. Salin kode adsense dan tempelkan di blog

Setelah mengisi alamat pembayaran, termasuk kode pos dan alamat lengkap, silahkan salin kode iklan adsense dan pasang di blog. Banyak yang susah di cara menghubungkan adsense di blog. Sebenarnya mudah saja. Klik salin kode. 
cara menempelkan kode adsense di blog
Klik saya sudah menempelken kode adsense
Ini tandanya jika sudah menunggu status pendaftaran Google Adsense, apakah ditolak atau diterima. Biasanya tunggu beberapa hari agar diterima atau pun ditolak.
cara mudah buat akun adsense dengan blog baru
Menunggu review akun adsense
6. Cara menempelkan kode adsense di blog

Seperti judul artikel ini, saya akan menjelaskan secara detail dan lengkap tentang mudahnya menempelkan kode adsense di blog.

Masuk ke Blogger.com dan login ke blog yang didaftarkan. Klik template atau tema jika bahasa Indonesia.
Membuka template blog
 Ini adalah tampilan setelah mengklik template atau tema.
cara paste kode adsense
Klik edit HTML
Cari kode </head> Biar cepat klik CTRL + F dan pastekan di kotak pencarian kata dalam template blog. Setelah itu akan ketemu kode </head>
Cara meletakkan kode adsense di blog
Cari kode </head> di template blog
Tempelkan kode iklan adsense tepat di atas kode </head>
cara menghubungkan adsense dengan blog
Kode adsense ditempelkan di template blog
Lihat juga Peraturan Terbaru Google Adsense Dan Dampaknya

7.  Masuk ke kotak masuk Gmail

Apakah pendaftaran diterima atau tidak, silahkan cek email yang didaftarkan. Berikut inbox yang masuk di email. Pada bagian inbox, ada pesan dari Google Adsense. Coba lihat berapa kali penolakan sampai akhirnya diterima. Karena itu, jika mau jadi publisher Adsense, jangan pernah menyerah!
melihat tampilan email masuk adsense blog yang diterima
Pesan dari Google Adsense di Gmail
Saat email tersebut dibuka, tampilannya akan menjadi seperti di bawah ini yang menandakan bahwa situs blog atau URL blog yang didaftarkan adsense dengan email tersebut diterima dan siap menayangkan iklan adsense.
tampilan terbaru adsense saat full apporve
Diterima adsense
8. Cara mendapatkan uang dari Adsense

Berapa hari agar bisa menghasilkan uang dari Adsense? Cukup singkat jika blog Anda sudah memiliki ribuan visitor tiap harinya. Di bawah ini masih sangat kecil penghasilan dari Adsense di blog yang baru 2 bulan dibangun dengan pageviews per hari  200-an.
Penghasilan dari Google Adsense
Penghasilan dari Google Adsense
Bagaimana perhitungan penghasilan dari Google adsense? Intinya, perbanyak visitor terlebih dahulu. Nanti juga penghasilan akan banyak kok. Jika melihat dari data umum, minimal harus dapat Rp40.000 per hari agar bisa gajian dari Google Adsense tiap bulannya.

Di bawah angka tersebut, masih sulit untuk menghasilkan uang dari blog tiap bulannya dari Google Adsense. Misalnya saja, CPC hanya 200 rp per kliknya. Jika tiap hari ada 100 yang klik iklan maka penghasilan hanya Rp20.000. Untuk bisa 100 klik itu susah bro and sis. Pengunjung blog harus ribuan sehingga yang klik iklan pun banyak. So, saat ini, fokus bangun konten berkualitas aja dulu.

Berikut blog yang sudah menayangkan iklan adsense. Jika ada yang klik iklan tersebut maka pemilik blog akan mendapatkan uang dari Google Adsense.
contoh tampilan iklan adsense di blog
Contoh iklan adsense di blog
Sebenarnya, besarnya CPC atau BPK adsense itu ditentukan oleh besarnya biaya pengiklan di Google Adwords. Jadi iklan adsense itu adalah iklan yang dipasang di Google Adword oleh pengiklan. Ada yang perkliknya murah ada juga yang perkliknya mahal. Dan iklan yang mahal tergantung dari niche blog. Bagi para SEO blogger, mereka akan membuat blog dengan HPK (High Paying Keyword) atau keyword yang biaya iklannya mahal.


Demikianlah cara daftar Google Adsense dan cara meletakkan kode adsense di blog. Untuk blogger pemula, menghasilkan uang dari blog butuh kesabaran. Jangan main klik iklan sendiri karena bisa berakibat fatal. Google itu pandai lho. Penutup banyak blogger yang takut adsense-nya akan dibanned saat tidak sengaja klik iklan sendiri. Sebenarnya jika hanya satu dua kali dalam sebulan tetap aman kok. Biasanya hanya menimbulkan invalid klik sehingga tidak masuk ke saldo. Semoga bermanfaat dan selamat menjadi publisher Adsense.
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!