Cara Belajar Melodi Gitar - Bermain Melodi Sampai Fret 12

Cara Belajar Melodi Gitar - Bermain Melodi Sampai Fret 12

Cara belajar melodi gitar memang sulit-sulit senang. Pelajarannya cukup menantang, namun menyenangkan bagi yang sudah hobi gitar. Hari ini kita akan membahas tentang cara belajar melodi gitar. Pasti kamu pernah kagum dengan gitaris yang bermain melodi gitar sampai 12 fret? Gak perlu, hari ini kamu juga dipastikan bisa melakukan hal yang sama.
cara belajar melodi gitar bermain melodi sampai 12 fret dengan cepat dan mudah
Cara belajar melodi gitar sampai 12 fret gitar

Tutorial belajar melodi gitar sampai 12 fret gitar ini merupakan materi lanjutan dari 2 pelajaran tentang gitar melodi sebelumnya. Jika belum belajar, kamu harus ke sana dulu agar bisa mengerti tutorial ini.

Materi yang pertama adalah Belajar Melodi Gitar Akustik - Dasar Untuk Pemula. Di situ kamu akan belajar tentang tentang scale diatonik mayor sebagai tangga nada yang paling mudah dan cepat untuk dipraktekkan oleh pemula.

Dan materi yang kedua adalah Kunci Melodi Gitar Dasar - Rumus Melodi. Di sini saya sudah membahas tentang bentuk-bentuk melodi C, A, G dan F. Dan saya juga telah menyinggung tentang artikel ini, yaitu cara mengkombinasikan semua bentuk melodi hingga bisa bermain melodi gitar di semua fret yang ada. Wow keren!

Cara Belajar Melodi Gitar


Bagaimana cara belajarnya? Langsung saja, berikut cara mengkombinasikan semua bentuk melodi gitar tersebut agar bisa digunakan di semua fret gitar.

Bentuk-bentuk melodi tersebut sebenarnya sambung menyambung di semua fret gitar sehingga membentuk rangkaian melodi gitar dengan nada dasar C. Dimulai dari bentuk melodi C-A-G-F. 
Berikut gambar bentuk-bentuk melodi yang sudah digabungkan tersebut. Dari senar 1 sampai senar 6 dan dari fret 0 sampai fret 10. Silahkan lanjutkan sampai fret-fret yang lebih kebelakang sampai fret 12.
scale diatonik c mayor untuk pemula belajar melodi gitar
Scale diatonik C mayor untuk pemula
Jika sulit membaca notasi hurufnya, berikut notasi angkanya. Nyanyikan aja nada-nada do re mi fa sol la si do-nya.
cara belajar melodi gitar pemula bentuk scale diatonik mayor
Melodi scale diatonik mayor nada dasar C
Sekali lagi saya tekankan, scale diatonik C mayor di atas adalah gabungan dari semua bentuk melodi yang telah dipelajari, yaitu bentuk C, A, G, dan F secara berurutan.

Scale diatonik C mayor artinya kita bermain gitar melodi mengiringi lagu menggunakan nada dasar C=Do=1. Pertanyaannya sekarang, bagiamana kalau kita bermain melodi gitar dengan nada dasar lainnya? Misal F=Do?

Sederhana saja, kita mengubah nada dasarnya menjadi F=Do, mengubah C=1 menjadi F=Do. Jika dari fret 1 kita bisa memulai dari bentuk melodi F. 
cara belajar melodi gitar scale dasar untuk pemula
Scale diatonik F mayor
Bagaimana dengan melodi yang nada dasarnya di G atau A? Sama saja, mulai dari bentuk melodi A atau melodi bentuk G. Dan untuk nada dasar D? Ubah D yang menjadi 1 atau do.

Jika tidak ingin repot, gunakan capo aja. Letakkan di fret tertentu maka bentuk melodi gitar pada fret sama saja tetapi nada dasarnya yang berubah, tergantung letak capo pada fret gitar kita.


Intinya agar mudah menghafal semua nada-nada melodi di fret gitar adalah menghafal interval scale diatonik mayor. Just it! Tidak perlu ribet, hafal saja bentuk melodi C, A, G, dan F maka akan mudah untuk bermain gitar melodi di semua fret gitar.

Demikianlah artikel tentang cara belajar melodi gitar dan rahasia bermain melodi sampai fret 12 bahkan semua fret. Quotes terakhir dari saya, tidak ada yang mustahil bagi mereka yang mau berlatih dengan tekun. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!