Skip to main content

Belajar Melodi Gitar Akustik Untuk Pemula - Paling Dasar

Belajar melodi gitar. Do sol mi re, do re do si... Belajar melodi gitar memang sedikit menantang. Sekaligus susah bagi yang tidak tahu tekniknya. Tapi bagi mereka yang sudah tahu rumus melodi gitar, maka semuanya jadi mudah. Dan hari ini saya akan bongkar lagi salah satu kunci rahasia belajar gitar, yaitu cara belajar melodi gitar dengan cepat dan praktis untuk pemula.
belajar melodi gitar akustik dasar untuk pemula
Belajar melodi gitar dasar untuk pemula

Dulu, saya sangat takut saat ditanya untuk belajar melodi gitar. Saya bilang itu pasti susah. Tapi saya terus dipaksa untuk belajar. Dan hanya 1 Minggu, semua rahasia dan kemudahan bermain melodi gitar saya temukan.

Banyak opini di luar sana yang mengatakan bahwa kita bisa tahu melodi gitar tanpa perlu belajar, yaitu menggunakan feeling. Tapi bagaimana dengan pemula yang feeling-nya belum terbentuk sama sekali? Mustahil untuk bisa bermain melodi gitar. Karena itu, harus ada jembatan menuju ke sana, yaitu menggunakan rumus.

Belajar Melodi Gitar Untuk Pemula


Yang membuat sulit belajar melodi gitar adalah kesalahan dalam memahami tutorial gitar. Cara yang salah pasti akan membuat rumit dan bikin susah. Sebelum belajar melodi gitar, saya ingin memastikan bahwa teman-teman semua sudah paham tentang materi gitar dasar yang meliputi:

  • Sudah bisa kunci gitar dasar
  • Tahu cara memetik gitar teknik fingerpicking
  • Memahami kunci gantung gitar
  • Pengenalan nada dasar untuk pemula - wajib.

Jika telah lulus dipelajaran tersebut, kamu sudah bisa belajar melodi gitar. Karena sesungguhnya, melodi gitar itu mudah dipahami dan sangat mudah dikuasai, sekalipun oleh pemula.

Sedikit informasi, dalam tutorial belajar melodi gitar ini, saya menggunakan gitar akustik. Bagi yang pakai gitar klasik senar nylon, juga tidak masalah, karena rumusnya tetap sama saja. Kecuali bunyi gitar yang tidak akan sebaik gitar akustik yang menggunakan senar string.

Pelajari juga cara memetik gitar akustik untuk pemula

Dan syarat belajar melodi gitar yang tidak kalah penting adalah mengenal notasi dasar penulisan not dalam musik.

  • Not Angkat = 1-2-3-4-5-6-7-1'
  • Not Balok = C-D-E-F-G-A-B-C'
  • Bunyi Nada = Do re mi fa sol la si do'


Belajar Melodi Gitar Dengan Scale Untuk Pemula


Dalam tutorial gitar pemula tentang nada dasar, saya sudah membahas tentang tangga nada natural. Di situ, saya menjelaskan tentang pentingnya nada dasar untuk dapat bermain gitar yang juga masih berhubungan dengan materi belajar melodi gitar.

Tangga nada tersebut memiliki interval antar nada yang membentuk do re mi fa sol la si do'. Biasa disebut scale. Lebih tepatnya, scale diatonik mayor. Ada banyak scale di dunia ini, termasuk pentatonik scale 5 nada, atau chormatic scale, dan lain-lain. Tapi untuk pemula, yang paling mudah dipelajari adalah scale diatonik mayor.

Scale Diatonik Mayor


Scale diatonik ini terdiri dari 7 nada utama, yaitu Do re mi fa sol la si do'. Dan untuk menguasai melodi gitar, kita cukup paham tentang interval tangga nada mayor diatonik.

1 - 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1 - 1/2
C - D - E - F - G - A - B

Pasti kamu sudah hafal nada-nada doremi tersebut saat belajar kunci gitar gantung. Berikut tips menghafal interval dan nada-nada pada setiap fret gitar dengan mudah dan cepat.

  • 1 interval artinya naik 1 nada, pada gitar 2 fret
  • 1/2 interval artinya naik setengah nada, pada fret gitar 1 fret
  • Hanya nada B ke C dan E ke F yang 1/2. Selain itu, semuanya memiliki 1 interval.

Pahami tentang letak-letaknya pada fret gitar. Dengan interval tersebut, kamu sudah bisa menyusun nada-nada pada fret gitar dimulai dari fret 0 pada setiap senar gitar. Ingatkan tentang E-B-G-D-A-E saat belajar stem gitar standar?

Nada-nada pada fret gitar setiap senarnya dimulai dari fret 0. Lanjutkan sendiri sampai sepanjang fret gitarmu.

Senar 1 = E-F-F#-G-G#-A-A#-B-C-...
Senar 2 = B-C-C#-D-D#-E-F-F#-G-...
Senar 3 = G-G#-A-A#-B-C-C#-D-...
Senar 4 = D-D#-E-F-F#-G-G#-A-...
Senar 5 = A-A#-B-C-C#-D-D#-E-F-...
Senar 6 = E-F-F#-G-G#-A-A#-B-C-...

Yang tebal itu adalah nada-nada do re mi-nya. Nada C=do.

Intinya, cara agar mudah dihafal letak-letak nada do re mi pada fret gitar adalah hafal intervalnya, yaitu 1-1-1/2-1-1-1-1/2. Untuk lebih memudahkan, berikut saya berikan gambar berupa tabel nada-nada doremi pada fret gitar.
belajar melodi gitar untuk pemula
Belajar Melodi Gitar - Tangga Nada Doremi Pada Fret Gitar
Dari situ, kita sudah bisa melihat di mana do re mi dan lain-lain. Kamu sudah bisa bermain melodi menggunakan 1 senar saja. Dan itu akan sangat sulit.

Bagaimana menghafalnya biar cepat? Ada rumus dan jalurnya tersendiri. Saya akan membahas tuntas dipertemuan yang akan datang dalam belajar melodi gitar - rumus melodi pada fret gitar. Di sana kamu akan belajar cara mudah menghafal dengan cepat semua nada-nada doremi pada fret gitar, mulai dari senar 1 sampai senar 6 dan dimulai dari fret 0 sampai fret 12.

Sekali lagi, kamu tidak perlu menghafal semua nada pada fret gitar saat ini. Nanti akan ada materinya agar mudah dihafal. Sekarang, kita tidak perlu lagi takut untuk belajar melodi gitar akustik. Di sini, kamu hanya perlu mengetahui tentang E-B-G-D-A-E dan interval tangga nada diatonik mayor 1-1-1/2-1-1-1-1/2. Dan juga metode penulisan not musik.

Belajar juga Lagu dan Chord Gitar Mudah Untuk Pemula

Demikianlah artikel tentang belajar melodi gitar untuk pemula. Semoga tetap semangat dan itulah cara mudah belajar melodi gitar, yaitu mengenal scale dasar untuk pemula. See you...
  December 04, 2018
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close