Wisata Toraja Tilangnga', Kolam Alami Tempatnya Ikan Masapi

Wisata Toraja Tilangnga', Kolam Alami Tempatnya Ikan Masapi

Kolam Tilangnga' (Tilangnga' Pool) merupakan salah satu obyek wisata di Tana Toraja yang cukup berbeda dari tempat wisata lainnya. Selain eksotisme telaga dengan air berwarna hijau jernih ini, banyak kisah menarik yang cukup mistis, mulai dari asal usul ikan masapi sampai air yang sangat dingin.
Photos Toraja Tilangnga' Pool Toraja
Toraja Tilangnga' Photos on instagram.com/veronica.ellia
Kolam Tilangnga' terletak di Jl. Tilangnga, Kelurahan Sarira, Makale Utara, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Indonesia. Sekitar 10 km dari kota Makale. Tidak perlu khawatir, akses jalan menuju lokasi kolam sudah diaspal dan jalannya cukup bagus. Untuk masuk ke obyek wisata ini kita cukup membayar biaya retribusi sebesar Rp10.000,-. 

Pengalaman memalukan saat pertama datang ke wisata Toraja Tilangnga' pool membuat saya cukup tertarik mengulas tempat unik yang satu ini. Jalan licin ditambah sandal beralas tipis membuat saya berguling beberapa kali ketika menuruni tangga tanah menuju ke kolam. Ternyata bukan hanya saya, ada juga teman saya yang jatuh terlebih dahulu. But, it's not a big problem. Saya berdiri dan pakaian cukup kotor. 

Cerita Mistis Tana Toraja Tilangnga'


Ada banyak cerita legenda tentang kolam Tilangnga' ini. Salah satunya keberadaan ikan moa, masyarakat Toraja menyebutnya ikan masapi yang mendiami kolam. Konon ikan yang bernama lain belut bertelinga ini tidak bisa dipancing. Kalau ada yang memakan ikan masapi maka ia akan meninggal.

Cerita tersebut berkembang sampai hari ini dan membuat masyarakat serta wisatawan mengkeratmatkan ikan masapi di kolam ini. Ukurannya besar-besar dan berdiam di dalam celah-celah batu sehingga tidak setiap saat pengunjung bisa melihat belut purba ini.

Dan tidak kalah menarik adalah anak-anak kecil di area tempat wisata ini sangat menggemaskan. Ketika mengunjungi kolam Tilangnga' mereka akan menawarkan bantuan kepada wisatan untuk melihat ikan masapi. Caranya adalah dengan membeli telur bebek rebus dan mereka akan memanggilnya keluar dari celah-celah batu di pinggir kolam.

obyek wisata mata air tilanganga' Toraja
Photos Ikan Moa, Tilangnga' on instagram.com/zulkifly_rakhmat

Menurut cerita, ketika kita melihat ikan ini maka akan datang keberuntungan. Dan keberuntungan saya adalah dapat melihat ikan masapi ketika berkunjung ke kolam Tilangnga' ini. 

Cerita mistis Tana Toraja lainnya yang juga beredar di sini adalah tidak boleh mengumpat. Memang hampir semua tempat wisata, kita tidak boleh mengeluarkan kata-kata kasar dan tidak sopan secara sembarangan. Namun di obyek wisata yang satu ini, kita benar-benar dilarang untuk itu. Uniknya, cerita tersebut sangat didukung oleh alam di sini. Berhawa sejuk dan terlihat keramat.

Semua cerita tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dan tidak mengurangi niat untuk berenang bersama ikan-ikan masapi yang berenang dengan sangat tenang dan ramah.

Keindahan Kolam Tilangnga'


Setelah melihat kisah-kisah menariknya, mari kita lihat keindahan alam Tana Toraja di obyek wisata yang satu ini.

Kolam Tilangnga' memiliki air berwarna hijau yang sangat jernih. Karena itu, kita bisa melihat ikan masapi di dalamnya. Dan yang paling membuat tempat ini terkenal selain ikan masapi adalah airnya yang sangat dingin. Bagi mereka yang tidak terbiasa pasti tidak akan berlama-lama di dalam kolam ini. Saya sendiri hanya tahan beberapa menit setelah itu naik kembali.

Di samping kolam terdapat batu-batu karang. Di sini pun wisatawan bisa menguji adrenalin dengan memanjat tebing dan melompat dari atas ke dalam kolam. 
Itulah beberapa daya tarik kolam Tilangnga' sebagai salah satu destinasi wisata di Tana Toraja. Akses jalan yang mudah membuat obyek wisata ini banyak dikunjungi. Mau mandi di air yang sangat dingin atau hanya sekedar melihat ikan masapi? Silahkan berkunjung ke Tilangnga' pool Toraja.
Advertisement

Baca juga:

Apa Pendapatmu?
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!