Skip to main content

Wisata Buntu Burake Toraja, Dari Jembatan Kaca Sampai Patung Yesus

Wisata Buntu Burake menjadi obyek wisata populer di Toraja. Tiada kata lain yang dapat terucapkan ketika mengunjungi Buntu Burake Toraja. Yups! Salah satu obyek wisata terbaik di Tana Toraja hari ini adalah Patung Tuhan Yesus Memberkati dengan jembatan kacanya. Terletak di Buntu Burake, Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Indonesia. Sekitar 5 km dari pusat kota Makale.
Patung Tuhan Yesus Burake Tana Toraja - Wisata Religi
Patung Yesus Buntu Burake - instagram.com/naturecityzens

Jalan ke Burake sudah cukup baik dan dapat diakses oleh kendaraan roda empat bahkan bus. Hanya saja, mendekati lokasi wisata, jalan yang ditempuh berbatu dan cukup menanjak. Cukup memacu adrenalin tapi amanlah bagi yang sudah biasa menyetir di Tana Toraja. Tetapi harus tetap konsentrasi.

Patung Tuhan Yesus Memberkati Di Toraja


Patung Tuhan Yesus di Burake ini bernama "Patung Tuhan Yesus Mermberkati." Sejarah singkatnya patung ini berhasil diresmikan 31 Agustus 2015.

Patung Tuhan Yesus Memberkati di Burake lebih tinggi dari Patung Kristus Penebus di Rio  Brazil dan menjadi patung Yesus tertinggi kedua setelah Patung Kristus Raja di Polandia.

Patung Tuhan Yesus Burake memiliki tinggi 40 meter dan berdiri di atas ketinggian 1.100 mdpl. Terletak di atas bukit, membuat wisatawan harus menaiki anak tangga yang berdiri tegak. Cukup melelahkan tapi pemandangan di sekitarnya sangat menakjubkan. Saya sampai tidak dapat berkata-kata karena takjub dengan keindahan alamnya, ditambah dengan sejuknya udara dan angin sepoi-sepoi ketika sampai di puncak Buntu Burake.

Ngomong-ngomong soal sejuk, silahkan kunjungi juga tempat wisata Toraja Kolam Tilangnga', untuk berenang bersama Ikan Masapi. Airnya hampir sedingin es.

Setelah sampai ke puncak, keindahan alam Tana Toraja semakin nyata. Pegunungan hijau terhampar luas di sekeliling. Keindahan cadas (Batu yang terdiri dari padatan pasir atau tanah) juga sangat cocok dijadikan tempat untuk mengabadikan kenangan. Dari atas Buntu Burake kita juga bisa melihat bangunan-bangunan di Kota Makale.

Jembatan Kaca Buntu Burake


Buntu Burake semakin eksis aja nih. Setelah berhasil menarik wisatawan lokal dan asing untuk mengunjungi Patung Tuhan Yesus, kini hadir lagi pesona lainnya, yaitu jembatan kaca bak jembatan kaca di negeri China.

jembatan kaca Toraja Sulawesi Selatan
Jembatan Kaca Toraja - instagram.com/toraja_id

Jembatan Kaca Toraja sepanjang 90 meter membentang setengah lingkaran di depan Patung Yesus ini tidak tanggung-tanggung, menghabiskan dana sekitar 4 milyar rupiah.

Kaca yang digunakan berbahan tempered glass berstandar SNI (Standar Nasional Indonesia). Sudah terjamin aman. Meskipun demikian, tidak semua orang berani menginjakkan kaki di atas jembatan kaca yang transparan ini. Untuk dapat menguji nyali berjalan di atas jembatan kaca Burake harus melepas alas kaki.

Lihat juga Londa Toraja, Kuburan Batu Yang Menjadi Tempat Wisata Favorit di Toraja

Keunikan Wisata Buntu Burake


Bisa dikatakan Buntu Burake menjadi destinasi terpopuler di Toraja saat ini. Mulai dari Patung Tuhan Yesus yang sudah menarik perhatian wisatawan lokal Indonesia dan dunia ini, terlebih ditambahnya jembatan kaca yang sungguh berhasil memadukan keindahan alam dan gaya modern.

Tana Toraja memang merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Timur Indonesia. Selain tradisi unik adat, keindahan alam, ada jutaan hal menarik di Toraja yang harus dieksplor oleh para travellers dari berbagai belahan dunia. Patung Tuhan Yesus di Toraja hanya salah satu, masih banyak yang perlu dikunjungi di sini.

Sebelum ada jembatan kaca, Patung Tuhan Yesus di Toraja sudah membuat Burake banyak dikunjungi oleh turis. Dengan adanya jembatan kaca, maka bisa dipastikan obyek wisata Buntu Burake akan lebih ramai lagi.

Wisata di Buntu Burake benar-benar mengasyikkan. Selain pemandangan alamnya yang luar biasa keren, kita juga bisa berburu sourvenir masyarakat setempat yang unik-unik. Untuk makanan dan jajan, tidak perlu khawatir, banyak di sini dan pastinya dengan harga terjangkau.

Tidak lengkap rasanya jika hanya membawa foto-foto tanpa cinderamata dari Bukit Burake.

Sekalipun cukup baru, obyek wisata Buntu Burake yang terkenal dengan Patung Tuhan Yesus dan jembatan kacanya ini, sudah menjadi pilihan dan destinasi wisata di Toraja, Sulawesi Selatan. Bahkan menjadi salah satu tourism object terpopuler oleh turis mancanegara yang mengunjungi Tana Toraja.
Itulah salah satu tempat wisata terbaik di Tana Toraja, Buntu Burake, Dari Jembatan Kaca Sampai Patung Tuhan Yesus. Menarik menjadi destinasi tour bersama keluarga. Wisata rohani dan religi.

  November 15, 2018
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close