Tips Smartphone Masuk Air, Segera Atasi Agar Tidak Mati Total!

Tips Smartphone Masuk Air, Segera Atasi Agar Tidak Mati Total!

Hp kemasukan air? Jangan panik! Kejadian hp nyemplung ke air sudah sering terjadi. Baru-baru ini, teman saya nyemplung ke got dan hpnya ikut kecebur juga. Karena kurang pengalaman cara mengatasi smartphone yang kemasukan air, alhasilnya harus dibawa ke tukang servis hp.
tips pertolongan pertama hp android masuk air
Tips smartphone masuk air - pixabay

Smartphone yang kemasukan air, baik itu karena kehujanan atau pun terjatuh ke dalam air memang sangat berbahaya. Bisa menyebabkan hp mati total. Beberapa kejadian yang saya temui, kerusakan disebabkan oleh konslet.

Karena itu, hari ini saya akan berbagi tips cara mengatasi hp yang kena air dengat tepat agar tidak mati total.

Tips Smartphone Masuk Air


Apa yang harus saya lakukan ketika hp masuk air? Berikut tips-tips lengkap cara menangani hp yang masuk air.

1. Segera keluarkan hp dari air

Pertolongan  pertama pada hp yang nyemplung adalah mengangkat hp secepat mungkin dari dalam air. Hal ini bertujuan agar air kita bisa mencegah kerusakan yang besar karena terlalu lama terendam.

2. Matikan hp

Tidak perlu menekan tombol power. Langsung cabut aja baterainya. Kecuali jika baterai tanam, mau tidak mau, hp harus dimatikan dengan cepat agar tidak terjadi konslet arus listrik pada hardware.

3. Lepas casing dan komponen lainnya

Lepas casing smartphone. Jika tidak bisa, casing penutup baterai atau silikon harus dilepas. Yang biasa service hp, tidak perlu diberitahukan lagi, pasti mereka akan membongkar casing (tulang) hp tersebut untuk mengeluarkan air yang berserang di dalam hardware.

Beberapa komponen hp yang sebaiknya dilepas, yaitu:

- Baterai
- Sim card
- Memori

Untuk sim card dan memori, simpan di tempat yang aman. Untuk baterai bisa disimpan di tempat seperti pada langkah ke 4 di bawah ini!


4. Keringkan ponsel

Untuk yang memiliki smartphone tahan air pasti tidak akan bermasalah sekalipun mandi bersama hp. Tapi pada umumnya, sama seperti perangkat elektronik laiinya, hp yang kita gunakan saat ini memiliki tingkat sensitivitas tinggi terhadap air. 

Cara mengeringkan hp yang nyemplung:

- Beras

Memasukkan ponsel yang terendam dan basah ke dalam beras merupakan trik populer yang sering digunakan untuk mengeringkan hp yang tercebur. Selama beberapa hari, biarkan hp berada dalam timbunan beras sampai benar-benar kering.

- Silica gel

Pernah beli sepatu atau apapun itu dan ada mutiara kecil di dalamnya yang terbungkus kertas? Itulah silica gel. Ternyata itu berfungsi untuk menyerap keringat. Bahan yang ini juga sangat baik dalam menyerap air sehingga dapat digunakan untuk mengeringkan hp secara cepat.

Sama saja dengan beras, tapi memang ini lebih sulit ditemukan. Berbeda dengan beras, cukup ke dapur aja dan langsung masukkan hp ke dalam tempat penyimpanan beras. Pastikan hp tersebut benar-benar tertimbun oleh beras atau pun silica gel.

- Vacuum cleaner

Selain sebagai pembersih ruangan dari debuh, vacuum cleaner juga dapat digunakan untuk mengeringkan hp yang terkena air. Jika tidak ada, bisa menggunakan hair dryer (Pengering rambut) untuk mengeluarkan sisa-sisa air dari hp.

5. Nyalakan hp

Nyalakan hp jika dan hanya jika sudah benar-benar yakin bahwa di dalam hp sudah tidak terdapat air. Dari pengalaman pribadi, hp yang pernah terjatuh ke dalam air saya nyalakan setelah satu minggu berada di dalam beras.

6. Tes kerusakan

Cari kerusakan yang terjadi. Mulai dari speaker dengan mencoba memutar musik, cek mikrofon dengan cara menelpon dan kamera. Cek setiap komponen, termasuk touchscreennya.

7. Bawa ke tukang service

Ah, setelah langkah-langkah di atas tidak berhasil, mau tidak mau harus bawa ke tukang service. Biayanya tergantung tingkat kerusakan dan komponen apa aja harus diganti. Waktu itu, teman saya hanya bayar Rp70.000,-. Saya kurang tahu alat-alat apa aja yang diganti.

Hindari melakukan ini saat hp terkena air


Saat hp baru terkena air, banyak orang yang karena khawatir membuat mereka berusaha sebisa mungkin langsung menyalakan hp. Padahal, hal tersebut sangat tidak dianjurkan dan menjadi larangan dan pantangan.

Mengaktifkan hp dalam keadaan yang masih basah dapat menyebabkan konslet. Banyak kerusakan smartphone android yang terkena air berakhir dengan mati total karena kesalahan menyalakan hp langsung setelah tercebur.

Karena itu, ketika hp terkena air sebaiknya langsung lepas baterai dan masukkan aja ke dalam beras. Jangan tergoda untuk menyalakan hp ketika air masih terdapat di dalam hp agar terhindar dari konslet.

Demikianlah artikel tentang tips smartphone masuk air dan cara mengatasinya agar terhindar dari kerusakan  mati total. See you bro and sis.
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!