10 Tips Penting Setelah Membeli Hp Baru Agar Tetap Awet

10 Tips Penting Setelah Membeli Hp Baru Agar Tetap Awet

Tips Penting Setelah Membeli Hp Baru - Asyik, baru beli hp baru nih. Selamat ya atas hp barunya. Merknya apa nih? Xiaomi? Samsung? Tapi jangan langsung selfie-selfie, hp baru harus dirawat secara maksimal sejak keluar dari konter agar tetap awet.
tips penting setelah membeli hp baru android
Tips penting setelah membeli hp baru - pixabay
Banyak orang yang ketika baru mendapatkan hp akan sangat senang sampai lupa cara merawat hp. Saking asyiknya, bisa jadi hp baru tersebut tidak awet karena kurang memahami cara penggunaannya.

Karena itu, saya akan memberikan beberapa tips setelah membeli hp baru berdasarkan pengalaman. Saya memang sudah sering membeli hp baru, jadi Anda jangan khawatir. Sok... kaya. Iya memang, tapi hp baru tersebut bukan punya saya.

Tips Setelah Membeli Hp Android Baru


Hal-hal penting apa saja yang perlu dilakukan dan krusial diperhatikan ketika baru mendapatkan hp baru? Cek di bawah!

Belum beli hp dan baru rencana? Baca Tips Membeli Hp Baru Agar Tidak Tertipu

1. Cek kondisi


Sebelum meninggalkan toko, periksa kembali kelengkapan hp, termasuk dos, charger, headset dan buku panduan. Jangan sampai tertipu, bukan tertipu juga sih, tapi karena kurang hati-hati ada kelengkapan yang lupa diambil.

2. Charger full


Sampai di rumah, gak usah pegang-pegang hpnya. Mentang-mentang baru beli hp, gak mau jauh-jauh. Padahal saat membeli hp baru, baterai harus dicas sampai penuh.

Apakah harus dicas 8 jam? Saya pikir tidak perlu juga sih, asal baterai sudah full maka seharusnya charger sudah dilepas. Hal ini disebabkan karena saat ini banyak charger hp yang secara otomatis dapat menghentikan pengisian setelah baterai penuh. Dari pada buang-buang listrik, lebih baik lepas charger ketika baterai hp baru sudah penuh.

3. Softcase


Pasang softcase sesuai dengan kesukaan. Softcase sangat penting untuk melindungi body hp ketika terjatuh. Terutama untuk smartphone dengan casing plasctic, sangat membutuhkan softcase karena resiko lecet sangat besar, bahkan pecah ketika terhantam benda keras.

4. Anti gores


Murah, tapi sangat penting. Sebaiknya, sebelum meninggalkan tokoh, softcase dan anti gores sudah harus di pasang. Anti gores merupakan tambahan kecil yang dapat menyelamatkan hp. Banyak hp android di rumah saya yang terjatuh ke lantai, dan untungnya yang pecah hanya anti goresnya aja.

Setelah kejadian tersebut, wajib hukumnya untuk memasang anti gores pada touchscreen karena juga berfungsi sebagai smartphone anti pecah layar. Tapi saya tidak menjamin, but memang sangat krusial. Lagian harga anti gores murah kok.

Bedakan anti glare ya. Ada hp baru yang memang sudah dilengkapi dengan anti glare tapi itu bukan anti gores. Anti glare berfungsi untuk mencegah penyilauan sedangkan anti gores biasanya sudah lengkap dengan anti glare.

5. Atur kunci pola


Jangan biarkan tangan-tangan usil mengotak-atik hp kamu. Langsung pasang aja kunci layar. Pakai pola biar lebih keren dan kekinian. Buat yang simpel aja dan jangan sampai lupa dengan pola sendiri.

6. Amankan perangkat


Keamanan perangkat yang paling utama menurut saya adalah mengaktifkan fitur anti maling. Ya, maling ada di mana-mana. Karena itu, pasang anti maling. Jika di Samsung sudah ada anti maling bawaan seperti Samsung Account untuk melacak lokasi hp.

Untuk aplikasi pengaman perangkat pihak ketiga dari maling yang saya rekomendasikan adalah Crookchatcer. Dengan aplikasi ini, setiap wajah yang salah memasukkan pola akan terkirim secara otomatis ke akun Gmail yang telah dikaitkan.

7. Singkronisasi Akun Google


Akun Google sangat penting untuk bisa mengatur setiap pemberitahuan dan keamanan ponsel. Karena itu, singkronisisasi akun Google, seperti di Playstore, Gmail, dan Samsung Account. Jangan lupa juga kaitkan dengan Crookchatcer untuk menampung foto-foto yang salah memasukkan pola.

8. Hapus widget


Hp baru biasanya akan dipenuhi widget tidak penting. Itu hanya sebagai penghias layar. Sebaiknya lepas aja agar lebih powerfull dan tampilannya keren. Pasang widget sesuai kebutuhan aja.

9. Install aplikasi penting


Aplikasi apa aja yang penting di hp android baru? Sebenarnya, hp android baru seperti Samsung sudah dilengkapi dengan berbagai aplikasi yang digunakan untuk pemeliharaan perangkat.

Saya sendiri memilih menginstall aplikasi seperti KBBI, Kamus Translate Inggrs-Indonesia, dan browser. Memang ada Google Chorme, but itu tidak cukup. Butuh beberapa browser lain untuk memenuhi kebutuhan saya. Setiap orang berbeda dalam hal ini. Ada orang yang tidak perlu menginstall browser karena sudah cukup dengan aplikasi internet bawaan.

Jika suka gaming, install game aja yang memang sesuai standar hp. Jangan sampai hp baru lemot gara-gara memasang aplikasi yang berat-berat.

Masih khawatir dengan perawatan hp? Baca nih Cara Agar Hp Android Awet dan Tahan Lama

10. Atur notifikasi


Tit tit tit... Teman di samping gue bilang: "Bikin malu aja lho! Lagi rapat nih." Namanya juga hp baru bro, butuh diperkenalkan. Agar terhindar dari hal-hal yang memalukan atau pun mengganggu kegiatan, atur notifikasi hp, termasuk notifikasi aplikasi sosial media.

Itulah beberapa tips penting setelah membeli hp baru yang harus diperhatikan. Androidmu duniamu, tanpa hp, tanpa koneks, hidup susah. Karena itu, rawat baik-baik hp barumu. Jangan sampai menyesal esok hari. Mahal bro beli hp baru. See you next time!
Advertisement

Baca juga:

Apa Pendapatmu?
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!