10 Tips Membeli Hp Baru Yang Berkualitas Agar Tidak Tertipu

10 Tips Membeli Hp Baru Yang Berkualitas Agar Tidak Tertipu

Tips membeli hp baru yang berkualitas sebenarnya sudah banyak di Google. Tapi masih ada beberapa tips yang perlu ditambahkan agar hp yang dibeli benar-benar bagus dan terbaik. Tidak mau kan, kecewa setelah mengeluarkan uang banyak untuk hp yang kualitasnya jelek?
tips membeli hp baru berkualtias dan tidak tertipu
Tips membeli hp baru yang berkualitas - pixabay

Smartphone memang sudah menjadi kebutuhan pokok manusia akhir-akhir ini. Di mana-mana, banyak sekali toko seluler yang yang menjual hp baru dari berbagai merk dengan sistem operasi android. Yups! Android masih menjadi pemuncak smartphone terlaris dengan penjualan tertinggi sampai penghujung tahun ini.

Bagaimana membeli smartphone yang bagus dan berkualitas? Kata kuncinya:
  • Smartphone awet
  • Harga murah atau mahal mengikuti kualitas
  • Kamera terbaik
  • Baterai tahan lama
  • Ringan untuk multitasking dan gaming

Tips Membeli Smartphone Android Yang Bagus


Langsung saja, berikut beberapa tips membeli hp android baru dengan kualitas terbaik. Baca sesuai urutan biar makin paham cara membeli smartphone langkah-langkahnya gimana. Jangan sampai tertipu oleh rayuan penjual dan sales.

10. Memilih hp sesuai kebutuhan


Pusing juga nih, saya sampai ke toko seluler banyak sekali hp yang ditawarkan oleh penjual. Teman saya tanya, kamu butuh android untuk apa sih? Terlintaslah dipikiran saya bahwa membeli hp yang bagus yang paling pertama harus dilakukan adalah membeli hp baru sesuai dengan kebutuhan.

Kamu beli hp untuk tujuan apa? Setelah kamu jawab tersebut kamu bisa tentukan harganya. Untuk gaming, selfie atau cuma sekadar sosial media aja? Pertimbangkan baik-baik! Banyak teman saya yang dulunya ingin membeli hp baru dengan tujuan gaming padahal akhirnya hanya untuk sosial media.

9. Tentukan harga


Berapa budget yang kamu punya? Pasti kita semua ingin membeli hp yang murah dan berkualitas. Tapi perlu diketahui, bahwa hp atau apapun itu, harga selalu mengikuti kualitas. Kecuali kita tertipu saat membeli.

Tips membeli berdasarkan harga sebenarnya tidak mau saya rekomendasikan. Why? Yups! Kadang budget yang kurang membuat kita membeli smartphone yang bukan kebutuhan. Ending-nya, kita jadi nyesal dan kecewa karena salah beli hp. Tapi jangan paksain beli yang sesuai kebutuhan jika memang budget tersebut terbatas.

8. Brand merk ternama 


Bagus mana, Samsung vs Oppo vs Vivo? Banyaknya merk smartphone android benar-benar membuat saya kadang bingung juga. Oppo dan Vivo, siapa yang tidak kenal? Kedua brand ternama ini termasuk merk baru tapi sudah bisa menguasai pasar Indonesia. 

Saya lebih condong ke Samsung, but saat ini, banyak Oppo dan Vivo yang lebih bagus sih, jika dilihat dari harga yang murah dan kamera yang memadai. Untuk masalah keamanan dan awetnya hp, saya lebih memilih Samsung. Tapi untuk harga murah dan kamera, Oppo dan Vivo bisa menjadi pilihan.

Bagaimana dengan hp Lenovo, Huawei, Asus, Advan, LG, Honor dan merk lainnya yang banyak di pasaran? Silahkan cari sendiri reviewnya. Saya lebih pusing memilih antara Oppo dan Vivo jika mencari smartphone dengan kamera terbaik.

Brand-brand ternama terus up to date dalam merilis ponsel-ponsel terbarunya untuk menarik minat pembeli. Banyaknya pilihan membuat kita harus selektif dalam memilih smartphone.

7. Review smatphone


Bagus mana, antara Samsung J2 Prime vs Oppo A3S? Nah, review smartphone yang saya maksud adalah membandingkan setiap hp berdasarkan harga dan kualitasnya, baik sesama brand maupun berbeda. 

Banyak hp baru di mana kita hanya perlu menambah budget sekitar Rp300.000 untuk mendapatkan yang lebih bagus. Tanggung juga sih untuk membeli yang seperti ini.

6. OS terbaru


OS android versi berapa nih yang terbaru? Semakin tinggi operating system suatu smartphone maka akan lebih bagus. Pastinya akan banyak fitur baru di dalamnya. Saat ini, Lollipop sudah mulai ditinggalkan secara perlahan menuju android versi Marshmellow dan Nougat.

5. Kapasitas memori internal


Berapa memori internalnya? Semakin besar kapasitas memori internal maka akan semakin besar kesempatan kita untuk menginstall banyak aplikasi. Karena itu, pastikan untuk membeli hp android dengan memori internal yang besar.

Sedikit informasi, saya pakai Samsung J2 Prime dengan kapasitas memori internal yang hanya 8 GB membuat saya harus selektif menginstall aplikasi. Banyak aplikasi yang harus diuninstall agar bisa install aplikasi lainnya.

4. Processor


Banyak pembeli hp baru yang tidak peduli dengan processor yang digunakan. Padahal, semuanya berasal dari processor. Banyak pilihan smartphone dengan processor terbaru, tapi memang sih lebih mudah mengetahui yang berkualtias. Misalnya dari segi RAM dan kapasitas penyimpanan internal akan menunjukkan kecepatan processor. Intinya, gunakan yang di atas 1.2 Ghz, sesuai dengan kebutuhan.

3. Daya baterai


Berapa lama baterai smartphone android bisa tahan? Semakin lama pasti akan semakin bagus. Kebanyakan hp android dengan daya 2.200 mAh hanya tahan kurang dari 6 jam jika digunakan untuk bermain game. Umur baterai juga menentukan lama tidaknya suatu baterai bisa bertahan. Semakin tinggi mAh maka daya baterai akan semakin tahan.

Baterai smartphone kamu boros? Realy? Atasi dengan Cara Menghemat Baterai Android Yang Cepat Habis.

2. RAM


Kamu gunakan hp untuk bermain game? Jangan beli smartphone yang RAM-nya 2 GB, terutama untuk bermain game kualitas tertinggi seperti PUBmg, Mobile Legend. Untuk COC, bisalah atau beberapa game offline lainnya.


RAM yang besar akan membuat fitur multitasking dan kinerja hp android lebih kencang. So, pastikan membeli hp yang RAM-nya cukup besar untuk menjaga performa terus stabil dan ringan saat digunakan.

1. Kamera hp


Dan yang paling penting menurut saya adalah kamera untuk selfie. Oppo dan Vivo memang bisa dikatakan cukup bagus dalam hal kamera. Harganya juga lebih murah. Kebanyakan dari hp Oppo dan Vivo memiliki fitur kamera yang cukup canggih, misalnya kapasitas resolusi yang besar dan besarnya MP (MegaPixel), baik kamera belakang maupun kamera depan.

Selfie sudah menjadi teman hidup sehari-hari. Karena itu, standart smartphone terbaik di era generasi milenials saat ini umumnya dilihat dari kualitas kameranya.

Kesimpulan


Saya sendiri selalu membeli hp baru dengan pertimbangan kebutuhan. Setelah itu harga dan memilih merk yang benar-benar terbukti awet di pasaran. Percuma beli hp berspesifikasi tinggi tapi gak awet.

Setelah menentukan merk, saya pahami tujuan pemakaian hp. Dan yang paling penting untuk bermain game di smartphone adalah RAM, tapi untuk masalah keawetan saya lebih memperhatikan merk, hitung-hitung ada garansi resminya. Samsung dapat menjadi pilihan.

Untuk pilihan yang kedua, tentu saja kualitas kamera. Oppo dan Vivo bisa menjadi pilihan. Soalnya harganya lebih murah dengan resolusi dan kualitas gambar yang dihasilkan lebih baik. Setidaknya itu menurut pengalaman sendiri sih.

Demikianlah tips membeli hp baru yang berkualitas, semoga bermanfaat. Jangan sampai salah beli!
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!