Skip to main content

19 Contoh Hobi Yang Menghasilkan Uang Banyak

Hobi Yang Menghasilkan Uang - Hobi apa sih, yang bisa menghasilkan uang? Hari ini dengan tegas saya menyatakan bahwa apapun kebiasaan menyenangkan yang bermanfaat dapat menguntungkan di kemudian hari. Semua hobi memiliki potensi untuk bisa mendatangkan rupiah.
19 Contoh Hobi Yang Menghasilkan Uang Banyak
Hobi yang menghasilkan uang
Bagaimana membuat hobi menjadi sesuatu yang menghasilkan uang? Hal pertama yang paling penting adalah membuat hobi tersebut bisa bermanfaat. Jika hobi tersebut dapat membantu orang maka bisa dipastikan ada peluang di dalamnya.

Apakah kamu tidak memiliki hobby? Saya ragu. Kita semua memiliki kesenangan yang pastinya dilakukan setiap harinya. Kata kunci agar hobi bisa menghasilkan uang adalah ketekunan dan kerja keras. Karena hobi, maka kita harus melakukannya dengan rela hati dan perlahan, bukan sebagai beban yang harus ditanggung.

Jenis hobi seperti apa yang membuat orang bisa dibayar? Berikut beberapa contoh perkerjaan berdasarkan hobi yang menghasilkan uang.

1. Bersosial media


Salah satu dampak buruk dari sosial media adalah membuat sebagian besar orang malas. Tapi banyak juga yang bekarja dengan memanfaatkan sosial media. Hampir semua sosial media dapat menjadi sumber penghasilan, sebut saja menjadi reseller, dropshipper, dan buzzer.

Mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, Whatsapp, Telegram, adalah media sosial yang pastinya membuat siapapun kecanduhan menggunakannya. Jika kamu memiliki banyak followers, kamu bisa menjadikan itu sebagai sumber penghasilan dari rumah.
Namun membangun sosial media yang memiliki banyak pengikut tidaklah mudah. Dibutuhkan ciri khas dan gaya yang unik agar dapat menarik jutaan pengguna sosmed di seluruh dunia.

Guru saya selalu mengatakan untuk menjadikan sosial media sebagai sarana untuk "menjual diri." Dalam arti yang positif ya. Jika kamu punya hobi bisa share di sosial media juga.

2. Hobi Menulis


Dari pada update status galau gak jelas di sosmed, lebih baik tuangkan dalam bentuk tulisan yang bermanfaat dan dapat menginspirasi banyak orang. Tulisan-tulisan yang berkualitas sangat dibutuhkan.

Cobalah membuat tulisan yang dalam dan membahas suatu topik secara mendalam. Dan media untuk menuangkannya bisa di blog atau pun di situs yang bersedia membayar tulisan. Tapi jika kamu memang hobi menulis maka sebaiknya segera terjun ke dunia blogging.

Jika bisa buat cerita seperti komik, coba juga untuk mengirit tulisan ke penerbit. Lumayan lho jika berhasil diterbitkan. Harganya tergantung penerbit. Jika tidak mau repot, bisa menjadi content writer aja yang menulis di portal berita, misalnya Babe, Jalantikus, atau yang terbaru menulis di UC News.

Hobi menulis dan menuangkannya di blog pribadi dapat menjadi langkah awal dalam berbagi hobi yang akan menghasilkan suatu saat nanti.

3. SEO dan Blogging


Pada dasarnya blog adalah media untuk menuliskan informasi dan menuangkan ide. Tapi membangun blog yang berpenghasilan tidaklah mudah. Harus pandai blogging dan bisa SEO. SEO (Search Engine Optimation) adalah sebuah istilah untuk mengoptimalkan blog di mesin pencari seperti Google.

Tidak semua blogger ahli SEO, karena itu, mereka yang mendalami dan ahli dalam bidang SEO pastinya akan sangat dibutuhkan. Jangan salah, jasa SEO itu gak main-main, bisa ratusan ribu sampai puluhan juta. Jadi gak heran jika banyak ahli SEO yang kaya raya hanya dari membantu blogger dalam membangun sebuah blog.

Belajar SEO termasuk juga hobi yang menyenangkan dan cukup menantang, terlebih dalam menghadapi kompetitor dan algoritma Google yang semakin hari semakin up to date.

4. Hobi Desain grafis


Hobi desain? Kenapa tidak coba aja manfaatkan keahlianmu menggunakan CorelDraw atau Photoshop? Menjadi seorang desainer grafis juga salah satu hobi yang terbukti bisa menghasilkan uang, baik secara online maupun offline. Banyak orang yang menjadi freelancer dengan status desainer grafis. 

Beberapa tahun silam, di program menginspirasi Kick Andy, saya pernah melihat salah satu kisah sukses seorang desainer grafis. Awalnya dia seorang sopir yang kemudian mencoba ikut lomba-lomba membuat logo. Dan ceritanya, ia beberapa kali menang dengan bayaran yang cukup mahal per logonya.

Saat ini, jasa desain grafis sangat banyak dibutuhkan. Karena itu, dunia multimedia semakin lama semakin digandrungi generasi milenial. Bekerja dan menghasilkan uang itu sudah biasa, tapi menjadikan hobi sebagai sumber rupiah adalah sesuatu yang sulit.

5. Hobi olahraga dan aktivitas fisik


Salah satu mata pelajaran yang paling saya sukai ketika SD adalah olahraga, masih disebut Penjaskes waktu itu. Jika tidak mau jadi guru olahraga kamu tetap bisa menghasilkan uang dengan hobi yang satu ini.

Dimulai dari menjual alat-alat olahraga seperti kaos, sepatu bola, bola, dan lain-lain. Hobi ini jika ditekuni bisa saja menjadi penghasilan yang luar biasa. Contohnya buka toko olahraga atau fitnes. Jadi pelatih olahraga juga cukup menyenangkan tuh. Apalagi sekarang zamannya nge-Gym.

6. Bermain gaming dapat uang


Siapa bilang gaming tidak bisa menghasilkan? Meskipun harus diakui, masih banyak generasi milenial yang hanya menghabiskan waktunya untuk bermain game. Padahal jika dimanfaatkan dengan baik, game bisa menjadi sumber penghasilan yang cukup menjanjikan.

Caranya gimana? Industri gaming tidak akan ada matinya. Salah satu cara yang paling sering ditemui adalah rental playstation. Game online juga bisa menjadi sumber penghasilan lho, misalnya jual akun game seperti akun COC yang ramai belakangan ini karena harganya yang sampai jutaan rupiah.

Pernah nonton film pengusaha inspiratif dari Thailand yang berhasil membuat kripik rumput laut? Yups! Jika diperhatikan, sang pemeran utama sebelumnya adalah seorang gamer yang juga menghasilkan uang dari gaming.

Namun untuk ini, sebaiknya benar-benar dipertimbangkan ya. Menghasilkan uang dari game seperti rental playstation sudah tidak terlalu populer karena tergantikan oleh kebiasaan game di hp android yang hampir di miliki oleh semua orang. Ataupun hadirnya game PC yang semakin diminati.

7. Hobi fotografi


Suka foto ini dan itu? Sebaiknya kebiasaan ini semakin ditingkatkan. Jangan asal jepret sana-sini. Mulai sekarang cobalah menekuni hobi yang satu ini.

Banyak sekali situs yang membutuhkan wallpaper dari hasil fotografi yang bersih dan berkualitas. Banyak lho yang menjadi fotografer profesional berawal dari hobi yang ditekuni.

Kamu bisa menjual hasil foto tersebut ke situs-situs yang membeli hasil foto atau ikut kontes fotografi. Atau pun membuka jasa fotografi untuk pernikahan. Jika punya modal lebih, bisa digabungkan dengan jasa dekorasi untuk pesta juga.

8. Hobi Melukis dan menggambar


Waktu SMP saya suka menggambar kartun animasi seperti Naruto. Di Jepang sana banyak lho yang mendedikasikannya hidupnya membuat komik yang ternyata penghasilannya tidak main-main.

Hobi menggambar ini dapat dijadikan sebagai salah satu cara menghasilkan uang yang menyenangkan. Paling tidak, jika kamu bisa melukis wajah seseorang, maka kamu sudah bisa mempromosikan hasil karyamu dan menerima orderan dari orang-orang yang ingin dilukis.

9. Hobi Belajan produk fashion


Suka koleksi baju-baju baru? Wah, kamu bisa kaya dari fashion, lho. Lihat saja peluangnya di dunia online. Ribuan transaksi jual beli secara online di dominasi oleh produk fashion. Jika punya toko offline, pasti akan lebih menggiurkan.

Sederhananya, pekerjaan yang menghasilkan uang di rumah seperti ini dapat dilakukan dengan cara menjual baju secara offline di pasar atau ruko. Kalau mau lebih jos lagi, bisa membuka jasa sablon baju. Namun memang itu membutuhkan biaya yang lebih mahal lagi.

But jika hobinya memang di dunia fashion, kamu bisa mulai dari berjualan produk seperti sepatu, jeans, kaos, polo dan kemeja. Pasti laris manis terlebih jika dikombinasikan dengan teknik promosi online.

10.  Hobi di dunia otomotif


Anak SMK dari jurusan otomotif pasti tahulah kalau hobi mereka bermain dengan mesin-mesin mobil dan motor bisa menghasilkan uang.

Mulai dari membuka les montir sampai mendirikan bengkel otomotif sendiri menjadi peluang yang cukup terbuka. Di desa saya sendiri, bengkel hanya ada satu dan masih terbatas dalam banyak hal. Namun di kota-kota besar, banyaknya kompetitor membuat banyak orang segan untuk mendirikan bengkel sendiri.

Padahal di desa saja, hanya dengan jasa tambal ban, tambah angin dan ganti oli sudah cukup membantu banyak orang yang membutuhkan service ringan seperti ini. Jika ditekuni, bukan tidak mungkin hobi ini membuat kamu jadi pendiri bengkel otomotif terkenal lho. Kuncinya perluas jaringan dan dapatkan supplier produk yang terpercaya.

11. Hobi Coding jadi programmer


Menjalani hidup dengan duduk di depan komputer juga sudah terbukti ampuh menghasilkan. Hobi bekerja dengan bahasa pemrograman ini telah membuat banyak programmer mendapatkan uang dari rumah.

Namun memang ini tidak mudah. Bahkan seorang anak IT pun belum tentu bisa menjadi programmer. Apakah sekolah Teknik Informatika perlu? Sangat perlu, tapi bagi kamu yang tekun, semua tutorial yang dibutuhkan sebenarnya sudah ada di internet. 

Programming ini terbagi-bagi ya. Yang punya hobi ini pasti tahu jenis-jenis programmer, misalnya web, aplikasi mobile, aplikasi desktop, database dan lain-lain.

12. Hobby Travelling


Liburan dan mengisi waktu kosong adalah hal yang menyenangkan dan seru. Banyak orang yang menggunakan waktu liburan untuk menghabiskan uang. Namun beberapa bisa memanfaatkan liburan untuk menghasilkan uang.

Pergi jalan-jalan dan dibayar? Why not? Kamu bisa menjadi travel blogger dan menulis kisah-kisah perjalanan kamu. Atau pun memotret hal-hal unik dari tempat yang kamu kunjungi. Atau pun menjadi Tour Guide atau pemandu wisata untuk wisatawan jika obyek wisata tersebut ada di kampung halaman sendiri.

13. Utak-atik barang elektronik


Dulu itu tidak perlu belajar formal untuk bisa memperbaiki barang elektronik. Yang ada hanya berbekal keberanian dan trial and error. Kamu yang hobi utak-atik barang-barang elektronik bisa saja mendapatkan penghasilan dari sana.

Belajarlah mengetahui penyebab kerusakan gadget atau suatu perangkat dan coba cari cara memperbaikinya. Belajar dari internet akan membuat semuanya menjadi jauh lebih mudah.

14. Menjadi Konsultan


Konsultan apa dulu nih? Apa saja yang penting bermanfaat. Kamu hanya bisa menjadi konsultan jika memiliki wawasan yang luas. Misalnya menjadi konsultan pertanian. Eits, jangan deh, karena sekarang ada PPL dari Kabupaten untuk itu. Konsultan apa ya?

Silahkan cari dan intinya harus berpengetahuan yang luas di bidang tersebut. Tidak boleh setengah-setengah.

15. Hobi bermain gitar


Jangan salah, dulu banyak yang menganggap remeh pemain musik. Katanya kalau gak jadi artis, ngapain coba bermain gitar? Ternyata mereka salah! Banyak artis berasal dari musisi jalanan. 

Mudahnya menghasilkan uang dari hobi bermain musik dapat dilakukan dengan membuka les private. Banyak orang yang mau belajar musik tapi tidak ada gurunya. Percaya deh. Dan mereka siap membayar mahal hanya untuk berlatih menguasai alat musik.

16.  Daur ulang dan  membuat kerajinan


Hobi daur ulang sampah plastik pastinya akan menghasilkan. Jangan hanya plastika, kayu, kaca, botol-botol, karton bekas dan kain, jika tanganmu cukup kreatif dan imajinasimu cukup "liar" maka mulailah membuat kerajinan tangan yang bernilai jual tinggi.

Mobil dari kayu, bunga dari sedotan, dan yang paling dibutuhkan adalah alat-alat yang memiliki daya guna, bukan hanya dilihat dari seni estetika tapi juga dapat berfungsi. Misalnya tempat sandaran ponsel, gantungan pakaian, dan lain-lain. Berimajinasilah untuk itu1


Saya yakin hobi ini akan sukses besar jika dijalani dengan tekun karena selain bermanfaat juga membantu pemerintah dalam mengelolah masalah sampah. Syukur-syukur bisa mendapatkan perhatian dari pemerintah dan diajak kerjasama.

17. Hobi berkebun


Jangan anggap remeh petani. Banyak orang yang bekerja sebagai petani karena hobi dan akhirnya mendapatkan hasil yang luar biasa. Contoh penghasilan petani yang cukup menggiurkan adalah bercocok tanam sistem tabulampot, menanam sayuran hidroponik yang menyehatkan dan budidaya jamur tiram.

Banyak pelaku usaha yang menjalankan hobinya bercocok tanam yang kemudian membangun bisnis yang menjanjikan dari sana. Tapi tidak ada jalan instan untuk itu, semua butuh proses termasuk menunggu bibit tumbuh untuk dapat diperjualbelikan.

18. Hobi masak


Selain makan, memasak juga adalah hobi. Kehidupan yang serba cepat dan instan membuat sebagian besar orang lebih memilih untuk membeli makanan. Banyak generasi milenial yang mulai mencoba menekuni hobinya masak-masak dan berkenalan dengan bumbu-bumbu dapur yang akhirnya berhasil mendirikan toko roti dan lain-lain.

19. Suka Berbagi


Berbagi tidak akan membuat miskin. Karena berbagi adalah salah satu tanda orang yang memiliki. Jangan salah, semua hobi di atas hanya akan berhasil jika dilakukan dengan ikhlas dan tekun.

Bisnis zaman now adalah bisnis yang ingin melihat bukti, bukan hanya cerita belaka. Karena itu, orang akan lebih mudah menerima dan percaya kepada para pelaku usaha yang telah berbagi secara sukarela.

Berbagi tips dan tutorial dari suatu hobi adalah cara ampuh dan terbaik untuk memanfaatkan suatu hobi agar bisa berpenghasilan.

Tips 19 ini adalah kunci utama menjadikan hobi sebagai sumber penghasilan. Percaya atau tidak, tanpa totalitas, hobi yang memiliki prospek tinggi sekalipun tidak akan bisa menyumbangkan banyak rupiah jika tidak dijalankan dengan sungguh-sungguh.

Yang perlu diketahui, mendapatkan uang dari hobi adalah keuntungan berlipat ganda. Melakukan hal yang menyenangkan dan dibayar adalah hal yang benar-benar hebat. Bukan menyenangkan mendapat bayaran dari pekerjaan, tapi pekerjaan menyenangkan yang bermanfaat akan menghasilkan bayaran.

Tidak ada hobi yang tidak menghasilkan uang! Semua bisa menghasilkan. Coba saja sebutkan macam-macam hobi yang digunakan untuk mengisi waktu kosong maka kita akan melihat peluang di dalamnya. Hobi terbaru sekalipun dapat menjadi pekerjaan sengan syarat hobi tersebut bermanfaat dan tidak merugikan.
Itulah beberapa contoh hobi yang menghasilkan uang yang pekerjaannya lebih banyak bisa dilakukan di rumah dan lingkungan sendiri.  Bisa jadi usaha sampingan yang menguntungkan juga tuh. Semoga bermanfaat!

  November 13, 2018

Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close