Skip to main content

Sinopsis Novel Laskar Pelangi Per Bab 1 - 34 Singkat

Sinopsis Novel Laskar Pelangi Per Bab ini ditujukan untuk memberikan gambaran singkat cerita novel laskar pelangi singkat pada setiap babnya, mulai dar bab 1 sampai bab 34 novel Laskar Pelangi.

sinopsis laskar pelangi singkat per bab 1 - 34
Sinopsis Novel Laskar Pelangi Per Bab 1 - 34

Mengapa membaca novel laskar pelangi? Dari pertama kali baca novel ini, sudah tersirat pesan-pesan penting mulai dari bab 1. Dan yang paling penting, meskipun ini novel yang cukup panjang, gaya penulis dan bahasanya sangat menyenangkan dan menghibur. Yups! Andrea Hirata memang top-lah dalam menulis novel, terutama novel Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi yang merupakan tetralogi novel laskar pelangi.

Berikut ringkasan novel laskar pelangi singkat per bab yang saya baca di novel Laskar Pelangi pdf mulai dari bab 1 sampai 34.

Novel Laskar Pelangi Per Bab 1-34 Lengkap


Sekedar informasi, ini hanyalah ringkasan dan ulasan novel Laskar pelangi per babnya mulai dari bab 1 sampai 34 yang saya pikir cukup penting untuk memberikan Anda gambaran umum tentang novel best seller Indonesia ini.

Langsung saja, berikut ulasan Novel Laskar Pelangi Singkat Per Babnya.

Bab 1
Sepuluh Murid Baru

Pagi itu, dikisahkan hari pertama sekolah anggota laskar pelangi. Namun kejadian sudah cukup menegangkan, mereka harus menunggu beberapa waktu lamanya untuk mengetahui kepastian sekolah mereka akan ditutup ataupun tetap dibuka karena kekurangan murid baru.

Bab 2
Antedilivium

Keren! Sejak hari pertama sekolah, novel ini sudah menjelaskan secara detail dan singkat tentang profil dan karakter setiap tokoh dalam novel Laskar Pelangi. Bagaimana Lintang, Mahar, Sahara, A Kiong dan lain-lain.


Bab 3
Inisiasi

Bisa dibilang lucu, bisa juga dibilang menyedihkan. Pada bab 3 inilah, penulis menggambarkan secara singkat dan detail tentang sekolah mereka, Sekolah Muhammadiyah. Sekolah sederhana dengan bangunan yang hampir roboh dengan guru yang terbatas. Hanya ada Pak Harfan, sang kepala sekolah dan Bu Mus, sang guru inspiratif.

Bab 4
Perempuan-Perempuan Perkasa

Mau kenalan dengan Bu Mus? Nah, di sinilah kamu akan melihat bagaimana sosok guru yang sangat inspiratif dan hebat. Bagaimana ia mengabdikan dirinya untuk mengajar anak-anak di sekolah Laskar Pelangi.

Bab 5
The Tower of Babel

Di sini diceritakan tentang dominasi PN Timah sebagai perusahaan tambang nasional di pulau Belitong. 

Bab 6
Gedong

Bagaimana mewahnya kehidupan para staf di PN Timah? Temukan jawabannya di bab 6 tentang Gedong. Sejak bab ini, kita juga telah diperkenalkan dengan Flo, anak tomboi yang dari Sekolah PN. Kamu akan penasaran dengan aksinya di bab-bab berikutnya.

Bab 7
Zoom Out

Kekayaan alam Belitong ternyata tidak dinikmati oleh semua orang. Di sini kita akan melihat kesenjangan sosial yang tinggi antara penduduk kampung dengan mereka yang tinggal dalam Gedong. 

Bab 8
Center of Excellence

Tema sekolah kembali diangkat pada bab 8 ini. Bercerita tentang Sekolah PN dengan segala fasilitasnya. Sangat berbanding terbalik dengan sekolah Muhammadiyah anggota Laskar Pelangi. Bagaimana dominasi Sekolah PN dalam semua ajang perlombaan di Belitong?

Bab 9
Penyakit Gila No. 5

Bagaimana keseharian anggota Laskar Pelangi di sekolah? Di sinilah jawabannya dapat ditemukan. Pada bagian ini juga ada kisah lucu antara Ikal dengan Borek. Bagaimana membesarkan otot dada dengan bola tenis? Jangan dicoba!

Bab 10
Bodenga

Mau tahu siapa itu Bodenga dan bagaimana kisahnya dengan Lintang, sang jenius dari Laskar Pelangi? Kisah perjuangan Lintang dalam menempuh sekolah dapat memacu semangat untuk terus menempuh pendidikan.

Bab 11
Langit Ketujuh

Kamu akan kagum dengan kejeniusan seorang anak kecil bernama Lintang. Bagaimana ia dapat menjawab soal Matematika yang diberikan oleh Ibu Mus dalam waktu yang benar-benar cepat. Di sini dijelaskan tentang Lintang dan kehebatannya dalam pelajaran.

Bab 12
Mahar

Bakat terpendam yang kemudian terungkap. Setelah Lintang menjadi aset Laskar Pelangi, kali ini muncul pula Mahar, sang seniman handal yang berhasil memukau pada pentas 17 Agustus.

Bab 13
Jam Tangan Plastik Murahan

Diceritakan tentang kehebatan Mahar dalam dunia seni. Bagaimana ia menjadi sutradara dan lain-lain, semuanya ada di bab 13 ini. Apa itu jam tangan plastik murahan? Keren, kamu akan melihat pesan terhebat dari sang seniman idealis.

Bab 14
Laskar Pelangi dan Orang-Orang Sawang

Di sinilah pertama kali, mereka di namai Laskar Pelangi oleh Ibu Mus. Why? Karena mereka memiliki kegemaran memandang pelangi.

Bab 15
Euforia Musim Hujan

Kembali bernostalgia dengan masa kecil yang menyenangkan. Begitulah bab 15 Laskar Pelangi ini. Ia membuat saya kembali mengingat aktivitas saat musim hujan berlangsun.

Bab 16
Puisi Surga dan Kawanan Burung Pelintang Pulau

Untuk pertama kalinya, Ikal memiliki nilai yang lebih baik dari Mahar. Puisi Surga karyanya bukan lebih baik dari lukisan burung pelintang pulau dari Mahar, tapi deadline mengumpulkan tugas dari Mahar yang terlambat.

Kisah kawanan burung pelintang pulau juga cukup menarik untuk disimak.

Bab 17
Ada Cinta di Toko Kelontong Bobrok Itu

Awalnya, Ikal sangat tidak senang pergi untuk membeli kapur. Namun sesuatu akhirnya terjadi, sejak itu, ia sendiri yang meminta untuk diberikan tugas membeli kapur. Penyebabnya? Cinta pertama di toko kelontong dengan seorang gadis keturunan Tionghoa.

Bab 18
Moran

Rapat terbuka di bawah pohon Filicium. Tujuannya untuk membahas karnaval yang akan segera diadakan. Banyak yang berpendapat bahwa Sekolah mereka tidak layak untuk ikut pentas.

Tapi semangat dari Pak Harfan membuat Laskar Pelangi percaya dan siap tempur. Bagaimana ide dari Mahar, sang kreator ajaib dari Laskar Pelangi?

Bab 19
Sebuah Kejahatan Terjadi

Bagaimana karnaval tersebut berlangsung dan bagaimana aksi Sekolah Muhammadiyah dalam memukau penonton dalam pertunjukan ajang tersebut? Mahar berhasil membawa kemenangan untuk sekolah Laskar Pelangi. Dan dalam ajang tersebut, Mahar juga sebenarnya menjadikannya ajang balas dendam terhadap teman-temannya Laskar Pelangi.

Bab 20
Miang Sui

A Ling? Dialah cinta pertama tokoh aku. Bagaimana ia yang membuat Ikal selalu bersemangat? Dan bagaimana respon dari A Ling terhadap Ikal? Menakjubkan dan sangat keren. Rindu dan gejolak cinta benar-benar luar biasa.

Bab 21
Rindu

Apa isi dari surat bersampul biru tersebut? Ternyata puisi yang berjudul "Rindu dari A Ling."

Bab 22
Early Morning Blue

Pendakian Gunung Selumar hanya untuk membuat tokoh aku melepaskan rindu dan misi rahasianya adalah membuat sebuah puisi.

Bab 23
Billitonite

Perpisahan yang tak terucapkan. A Ling harus pergi dan meninggalkan Ikal karena suatu hal yang mendesaknya. Sedih bercampur aduk saat kehilangan cinta pertama.

Bab 24
Tuk Bayan Tula

Mau kenalan dengan seoran sakti mandraguna yang ditakuti dan sangat disegani? Namanya Tuk Bayan Tula. 

Pada bab 24 ini, kejadian cukup menarik. Hilangnya anak Gedong, Flo saat mendaki Gunung Selumar. Bagaimana sibuknya semua orang untuk mencarinya. 

Bagaimana kisah Tuk Bayan Tula dan cara ditemukannya Flo? Hhe..hhe... Lucu juga.

Bab 25
Rencana B

Rencana A adalah tentang cita-cita dan rencana B adalah tentang alternatif saat rencana utama gagal. Bisa dikatakan ini akan menjelaskan tentang strategi memenangkan sesuatu dalam kehidupan. Jika baca pasti akan menemukan sesuatu yang menarik di dalamnya.

Bab 26
Be There or Be Damned!

Flo! Akhirnya, anak perempuan tersebut harus dibawa oleh ayahnya ke Sekolah Muhammadiyah karena sudah tidak mau bersekolah di Sekolah PN. Bagaimana aksi Flo dan Mahar dalam dunia gelap paranormal?

Bab 27
Detik-Detik Kebenaran

Di awal perjalanan, Laskar Pelangi sepertinya tidak akan berhasil. Mereka semua seakan kalah sebelum berperang. Namun aksi Lintang dalam cerdas cermat tersebut benar-benar membuat decak kagum para penonton. Bagaimana Lintang melibas guru PN jebolan perguruan tinggi terkemuka?

Bab 28
Societeit de Limpai

Societeit de Limpai adalah organisasi khusus yang dibentuk untuk mencari cerita-cerita mistis. Bagaimana kolaborasi Mahar dan Flo dalam organisasi yang mereka ini?
Bab 29
Pulau Lanun

Karena terlalu fokus dengan Societeit de Limpai, nilai Mahar dan Flo benar-benar kacau. Mereka terancam tidak ikut ujian akhir. Untuk mencari solusi, mereka akhirnya membawa Societeit de Limpai ke Pulau Lanun. Tujuannya? Bertemu dengan Tuk Bayan Tula.

Bab 30
Elvis Has Left the Building

Kadang kejeniusan harus kalah oleh keadaan. Lintang harus berakhir di sekolah karena situasi dan keadaan. Apakah itu? Jika kamu membacanya, mungkin kamu akan menangis sama seperti Ibu Mus.

Dua belas tahun kemudian

Di sinilah, tidak semua keinginan tercapai sesuai dengan harapan. Ada yang harus berakhir menyedihkan. But that's life. Apa yang terjadi dan apa yang sekarang dilakukan oleh anggota Laskar Pelangi setelah 12 tahun berlalu? 

Bab 31
Zaal Batu
Bab 32
Agnostik
Bab 33
Anakronisme
Bab 34
Gotik

Tidak masalah, itulah hidup. Kadang memang harus menyanyikatkan. Banyak sekali pelajaran berharga dan sangat penting dalam novel Laskar Pelangi. Karena itu, jika ingin menemukannya, bacalah novelnya.

Baca juga Sinopsis Novel Sang Pemimpi

*Gambar dari belitung.travel

Demikianlah sinopsis laskar pelangi per bab 1 sampai 34 singkat. Mari belajar literasi. Semoga bermanfaat!
  November 28, 2018
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close