Skip to main content

Sinopsis Ip Man 1 Lengkap Dengan Film 2 dan 3

Saya cukup bahagia nih ketika mengulas tentang Ip Man. Yups! Ip Man yang diperankan oleh Donnie Yen, ahli kungfu aliran Wing Chun ini berperan sangat baik dalam beberapa film-film Ip Man merupakan salah satu aktor yang saya sukai, dan pertama kali melihat aksinya dalam Ip Man 1.
sinopsis ip man 1 lengkap
Sinopsis Ip Man 1 - liputan6
Film Ip Man sendiri terinspirasi dari kehidupan Master Wing Chun bernama Ip Man (Yip Man). Dari tahun 2008 sampai 2015, sudah terdapat 3 seri film Ip Man. Karena ini film, ya tentu saja harus dikemas menarik, sekalipun diangkat dari kisah nyata kehidupan sang master Wing Chun.

Sedikit informasi aja nih, Ip Man ini adalah guru dari Bruce Lee. Salah satu legenda beladiri terkenal dari Cina. Nama Bruce Lee sendiri bisa dikatakan lebih terkenal dari pada gurunya. Tapi film tentang Ip Man tidak kalah menariklah untuk ditonton.

Pada hari ini, saya akan berbagi sinopsis singkat semua film Ip Man, yaitu mulai dari Ip Man 1 Ip Man 2, sampai Ip Man 3. Sesuai urutan ya, biar lebih mudah dipahami.

Sinopsis Ip Man 1


Film ini rilis pada tahun 2008 silam. Sudah cukup lama tapi masih sering ditayangkan sampai hari ini. Terlebih ketika tahun baru China. Pasti Ip Man menjadi salah satu film wajib bagi yang suka Kungfu.
ip man 1 sinopsis
Sinopsis Ip Man 1 - TribunStyle

Ip Man 1 bercerita tentang kehebatan seorang Master Wing Chun yang rendah hati, yaitu Ip Man. Ia tinggal di Foshan, salah satu daerah yang terkenal dengan ilmu beladirinya. Di sana terdapat banyak aliran beladiri dan semua ahli beladiri berlomba-lomba membuka perguruan. Kecuali Ip Man yang enggan membuka perguruan beladiri.

Kehebatan Ip Man diketahui setelah menerima tawaran Master Liu, temannya untuk lawan tanding. Pertandingan tersebut diadakan secara sembunyi-sembunyi karena Ip Man memang tidak ingin mempertontonkan keahlian beladirinya pada publik.

Namun tanpa sengaja, seorang muda yang sedang memanjat melihat pertarungan tersebut kemudian menceritakan kehebatan Ip Man pada umum. Hal ini membuat Master Liu merasa dipermalukan oleh Guru Ip. 

Selanjutnya, seorang ahli kungfu dari luar Foshan datang menantang semua ahli beladiri di Foshan. Dia adalah Jin Shanzhao yang juga berencana mendirikan perguruan kungfu. Dia berhasil dengan mudah mengalahkan semua ahli beladiri di Foshan. Sampai akhrinya, dia datang dan menantang Guru Ip.

Awalnnya Ip Man menolak tawaran beradu kekuatan beladiri. Tapi karena terus didesak dan permintaan dari berbagai pihak, Ip Man akhirnya melayani ahli beladiri tersebut. Pertarungan yang berlangsung tertutup di rumah Ip Man tersebut cukup seru dan menegangkan. Adegan pedang dan tangan kosong sampai barang rumah yang pecah benar-benar menghibur.

Singkat cerita, Ip Man berhasil mengalahkan Jin Shanzhao dan pulang dengan malu.

Beberapa tahun berselang, Jepang menduduki negara Cina. Di Foshan, dipimpin oleh Jenderal Miura. Ia juga ahli beladiri karate.

Keadaan berubah. Ip Man yang tadinya kaya jatuh miskin dan menderita bersama-sama penduduk negeri Cina lainnya. Mereka harus bekerja keras untuk dapat bertahan hidup.

Saat pendudukan Jepang di Cina, dibuatlah oleh Jepang arena latih tanding antara ahli beladiri Cina dan prajurit Jepang. Orang yang berhasil mengalahkan petarung Jepang akan mendapatkan sekantung beras.

Master Liu juga menjadi salah satu yang sering ikut bertanding dan selalu berhasil membawa beras. Sampai suatu kali ia meminta 3 orang untuk menghadapinya. Master Liu kalah dan ditembak mati ketika berniat mengambil beras hasil kemenangan sebelumnya.

Melihat hal itu, Ip Man sangat marah dan menantang 10 orang petarung dari Jepang. Guru Ip menang dan membuat Jenderal Miura tertarik untuk mencoba kekuatan melawan Ip Man.

Pertarungan cukup sengit dan disaksikan oleh umum. Ip Man berhasil menghajar Jenderal Miura habis-habisan dan akhirnya memenangkan duel tersebut. 


Sinopsis Ip Man 2


Rilis pada tahun 2010, Ip Man 2 masih merupakan lanjutan cerita dari Ip Man 1. Setelah Cina bebas dari Jepang, Ip Man pergi ke Hongkong yang saat itu masih di bawah kekuasaan Inggris.
sinopsis ip man 2 review film
Sinopsis Ip Man 2 - kitareview

Guru Ip kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan. Akhirnya ia membuka perguruan beladiri. Namun untuk meluluskan niat tersebut, ia harus menghadapi semua ahli beladiri yang ada di situ.

Singkat cerita, Guru Ip bertarung melawan ketua perguruan beladiri yang bisa dikatakan sebagai tetua, Guru Wong Leung. Sampai akhir pertarungan, Ip Man tetap berdiri di atas meja pertarungan. Dengan demikian, Guru Ip diperbolehkan mendirikan perguruan silat di daerah tersebut.

Setelah sukses mendirikan perguruan beladiri, masih banyak tantangan yang dihadapi oleh perguruan silat di daerah tersebut. Salah satunya adalah pendudukan Inggris.

Salah satu petinju barat yang sangat hebat menantang para ahli beladiri di Hongkong dan merendahkan perguruan beladiri Cina. Guru Wong Leung yang tidak terima menerima duel Twister, petinju barat yang sombongnya minta ampun tersebut.

Naas bagi Guru Wong Leung, iya tewas dalam pertarungan tersebut. Ip Man yang tidak terima mengumumkan bahwa lawan Twister selanjutnya dalam pertarungan adalah dirinya.

Pertarungan yang ditunggu-tunggu pun dimulai, Guru Ip Vs Twister.

Pada awalnya, Guru Ip juga kesulitan menghadapi gaya bertarung modern Twister yang cepat dan tangkas. Namun setelah perjuangan yang keras dan memperlajari gaya permainan Twister, akhirnya guru Ip berhasil memenangkan pertarungan tersebut.

Lihat juga Sinopsis Ip Man 4 - Donnie Yen: Akan Ada Bruce Lee

Sinopis Ip Man 3


Ip Man 3 rilis pada tahun 2015 yang lalu. 
sinopsis singkat ip man 3
Ip Man 3 Sinopsis - Liputan6

Guru Ip Man harus menghadapi para berandalan yang berambisi menguasai kota. Bahkan mereka meneror dan membakar sekolah. Saat itulah, Guru Ip harus menghadapi seorang petinju tak terkalahkan dari barat bernama Frank yang diperankan oleh Mike Tyson. Bagaimana kisah Ip Man 3 ini? Silahkan tonton sendiri ya!
Demikianlah sinopsis semua Ip Man 1 lengkap dengan film 2 dan 3, semoga reviewnya bermanfaat. Guru Ip keren.
  November 24, 2018
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close