Review Novel Dilan 1991 By Pidi Baiq - Putus

Review Novel Dilan 1991 By Pidi Baiq - Putus

Masih dari Novel Dilan dan Milea karya Pidi Baiq. Setelah review Dilan 1990, hari ini kita akan bercerita sedikit tentang Sinopsis Novel Dilan 1991 - Dia adalah Dilanku Tahun 1991. 
review novel dilan 1991 - Dia adalah Dilanku 1991 by Pidi Baiq
Review Novel Dilan 1991 By Pidi Baiq

Saya masih membaca novel Dilan full melalui file PDF full halaman yang didapatkan secara online. Setelah membaca Dilan 1990, saya akhirnya membuat sinopsis singkatnya.

Novel Dilan 1991 bercerita tentang kisah cinta antara Dilan dan Milea. Yups! Jika pada novel Dilan bagian pertama, yaitu 1990 bercerita tentang cara pendekatan Dilan yang super unik, bisa dikatakan bahwa pada bagian 2 novel ini bercerita masa-masa pacaran kedua tokoh utama kita yang sangat romantis namun penuh hal-hal yang cukup menegangkan dan menakutkan. Menakutkan karena hubungan mereka kerap kali hampir berakhir. Dan pada akhirnya...

Review Novel Dilan 1991


Bagian kedua 

Judul Novel : Dia Adalah Dilanku Tahun 1991
Penulis : Pidi Baiq
Penerbit : Pastel Books, Anggota Ikapi, PT Mizan Pustaka
Jumlah Halaman : 343 halm. (File PDF)
ISBN: 978-602-7870-99-4
Kategori : Novel Romantis

"Tujuan pacaran adalah untuk putus. Bisa karena menikah, bisa karena berpisah." - Pidi Baiq (1972-2098)

Baca sinopsisnya di bagian bawah untuk melihat lebih singkat isi dari Novel Dilan 1991 ini. 

Isi Novel Dilan 1991 - Judul


1. Aku

Novel Dilan 1990 berawal dari sini. Cerita Milea di kamarnya yang menceritakan asal-usulnya seperti biasa dengan bahasa ringan yang sangat menarik.

2. Hari Jadi

Perjalanan menyusur jalan Buah Batu dengan hujan lebat merayakan hari resmi berpacaran pada tanggal 22 Desember 1990. 

3. Cerita Dilan

Pada bab 3 ini, kisah Dilan dan masa lalunya yang cukup lucu diceritakan oleh Wati dan Pian. Topik utamanya adalah pembahasan mengenai masa lalu Dilan.

4. Dikeroyok Agen CIA

Cerita pengeroyokan Dilan oleh orang tak dikenal.

5. Malam Penaklukan

Malam yang penuh sesak dirasakan oleh Kang Adi. Malam tersebut adalah malam penaklukan yang benar-benar keren. 

6. Tante Anis

Tante Anis adalah masih memiliki hubungan keluarga dengan Milea. Dia memiliki anak bernama Yugo dari pernikahannya dengan orang Bergia.

7. Dilan Membalas

Rencana penyerangan dan pertemuan antara Dilan dan Yugo.

Cerita lainnya di novel Dilan 1990. Baca sendiri aja novelnya, bagus.

8. Yugo dan Beni
9. Setan Yugo
10. Pengakuan
11. Ibu Anhar
12. Porseni
13. Besuk Dilan
14. Pak Dedi
15. Pernyataanku
16. Tahu Baru
17. Dilan Pamit
18. Puisi
19. Akew
20. Putus
21. Tanpa Dilan
22. Bertemu Dilan
23. Reformasi
24. Aku Sekarang

Tokoh dalam Novel Dilan 1991


Tokoh-tokoh yang terlibat masih hampir sama dengan pemeran dalam Novel Dilan 1990. Hanya saja ada beberapa tokoh baru yang cukup menarik. Berikut mereka yang terlibat dalam novel 1991.

- Aku (Milea)
- Dilan
- Ibu Milea
- Ayah Milea
- Airin
- Si Bibi
- Bunda
- Ayah Dilan
- Disa
- Bang Faris
- Wati
- Piyan
- Beni
- Yugo
- Bang Adi
- Nandan
- Anhar
- Rani
- Susi
- Akew
- Ibu Rini
- Suripto
- Pak Dedi
- Burhan
- Ibu Anhar
- Tante Anis
- Mas Hardi
- Beberapa tokoh lain

"Aku tidak ingin mengekangmu, terserah! Bebas kemana engkau pergi! Asal aku ikut..."


Sinopsis Novel Dilan 1991 Singkat


Yang sudah baca novel Dilan bagian kedua ini pasti banyak yang kecewa. Percaya deh, banyak yang kecewa. Pada bab-bab awal, kisah cinta Milea dan Dilan masih benar-benar mengasyikkan dan penuh romantisme. But, memang seperti itu. 

Memulai hubungan dalam ikatan pacaran memang lebih mudah dari pada mempertahankannya. Saat perasaan mulai saling memiliki maka timbul rasa ingin ingin mengekang dan mengetahui semua yang dilakukan pasangan. Dan itu sangat wajar.

Novel Dilan 1990 berawal dari cerita Milea tentang kelanjutan kisah mereka di dari Novel Dilan 1990 Dia adalah Dilanku. Pada novel sebelumnya lebih menceritakan tentang cara Dilan yang PDKT terhadap siswa baru di SMA-nya, siswa pindahan dari Jakarta.

Pada novel 1990, lebih menekankan kisah dan drama hubungan sepasang kekasih di SMA. Bab 4 merupakan awal dari konflik. Dilan yang sebelumnya berkelahi dengan Anhar, masih terbayang di kepala Milea dan khawatir kalau Dilan sampai di pecat dari sekolah. 

Dilan yang sedang sendiri di warung Bi Eem tiba-tiba dihampiri oleh orang tak dikenal dan dikeroyok. Milea yang mendapat kabar dari Piyan langsung menuju ke tempat kejadian dan menanyakan peristiwa tersebut. Hanya saja Dilan yang tidak mau membuat Milea khawatir hanya bercanda dan menganggap bahwa orang yang mengeroyoknya agen CIA. Memang saat itu, pelakunya belum diketahui.

Sampai akhirnya, agan CIA tersebut diketahui sebagai kakak Anhar yang tidak terima Anhar telah dipukul habis-habisan oleh Dilan. Mungkin kamu berpikir bahwa Anhar ngadu pada kakaknya untuk membalas Dilan, padahal tidak sama sekali. Coba deh, baca Novel Dilan 3, Suara Dari Dilan.

Rencana penyerangan pun disiapkan sebagai respon Dilan terhadap orang yang mengeroyoknya.

Milea yang mengetahui rencana tersebut dari Piyan, mencari cara untuk menggagalkan upaya balas dendam Dilan. 

Beruntung pada malam itu, Tante Anis dan Yugo bertamu ke rumah Milea. Milea memiliki alasan untuk keluar menggagalkan upaya balas dendam tersebut dengan mengajak keluar Yugo dengan tujuan bertemu dengan Dilan.

Setelah bertemu dengan Dilan, percakapan seru dan menegangkan sempat terjadi, antara Milea yang terus menerus membujuk Dilan agar membatalkan rencana penyerangan tersebut. Namun gagal.

Akhirnya penyerangan benar-benar terjadi yang membuat Dilan dan teman-temannya ditahan selama 1 Minggu di penjara. Kejadian tersebut membuat ayah Dilan kesal dan akhirnya mengusir Dilan dari rumah.

Melihat situasi yang dialami Dilan yang masih terus-menerus bersama dengan geng motornya membuat Milea semakin agresif karena khawatir akan keselamatan kekasihnya.

Akhirnya kata putus pun terlontar dari mulut Milea yang membuat Dilan semakin menjauh. Dilan yang merasa juga terlalu dikekang akhirnya membuat kedua hubungan mereka semakin terpuruk.

Setelah menyelesaikan sekolah SMA di masing-masing sekolah, Milea kembali ke Jakarta untuk melanjutkan kuliah dan Dilan juga berhasil masuk ke salah satu universitas ternama di Bandung.

Jarak yang memisahkan mereka membuat hubungan keduanya sudah tidak terjalin lagi. Tapi Milea selalu berusaha untuk mencari Dilan. Namun tidak berhasil sampai akhirnya, Milea menjalin hubungan dengan Mas Herdi.

Pada bagian terakhir Novel Dilan 1991, terjadi pertemuan yang mengharukan. Meski tidak lagi saling memiliki, namun keduanya sepertinya masih menyimpan rasa. Dan pengakuan Milea memang benar bahwa ia akan selalu mencintai Dilan, meskipun sekarang hidup bersama Mas Herdi.

Kelebihan Novel Dilan 1991


Seperti pada bab sebelumnya, sudut pandang yang digunakan masih orang pertama dengan Milea sebagai tokoh aku menceritakan secara rinci setiap kejadian dan konflik yang terjadi. 

Caranya mengungkapkan dan menggambarkan suasana benar-benar membuat pembaca larut dalam suasana. Banyak hal tak terduga yang membuat pembaca semakin penasaran dengan setiap kejadian pada bab-bab selanjutnya.

Kekurangan Novel Dilan 1991


Seperti yang saya katakan sebelumnya, pasti banyak yang kecewa. Hubungan Dilan dan Milea akhirnya benar-benar putus. Mereka menjalani kehidupan masing-masing dengan pasangan masing-masing.

Beberapa kekurangan lain menurut pembaca novel ini adalah kemunculan Yugo dan Ibu Anis. Banyak yang berkomentar bahwa kedua toko tersebut hanya untuk mempertebal novel. Namun jika kita lihat lebih dalam lagi, sebenarnya kedua toko tersebut, terutama Yugo juga memiliki peran yang kuat dalam konflik hubungan Dilan dan Milea. Hanya pendapat fans aja.

Makna Novel Dilan 1991


Dan yang paling penting adalah manfaat sebuah karya. Dilan 1991 memiliki beberapa makna yang terkandung di dalamnya. Seperti hubungan yang seromantis apapun tidak selamanya berakhir indah. Kadang berakhir dengan keputusan untuk mengakhiri suatu hubungan ketika pikiran sudah tidak sejalan.

Milea yang terlalu mengekang Dilan dan Dilan yang seakan tidak peduli terhadap perasaan Milea yang selalu khawatir dengan hubungannya bersama geng motor membuat Milea harus mengeluarkan kata putus.

Pesan yang bisa didapatkan adalah memulai sebuah hubungan lebih mudah dari pada mempertahankaknnya.

Itulah review Novel Dilan 1991, Dia adalah Dilanku Tahun 1991. Mohon maaf jika reviewnya kacau dan tidak beraturan. Silahkan baca aja sendiri dan pastinya kamu akan lebih paham kisah cinta yang sesungguhnya, putus karena berpisah atau menikah. It,s your choice. Sampai bertemu dil review Novel Dilan 3, Suara Dari Dilan.


Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!