Proposal PKM Kewirausahaan Bab 1 Pendahuluan - Panduan

Proposal PKM Kewirausahaan Bab 1 Pendahuluan - Panduan

Panduan penulisan proposal PKM Kewirausahan Bab 1 memiliki beberapa kriteria penulisan yang harus dipahami. Intinya, harus mengikuti metode penulisan ilmiah.
panduan penulisan pkm kewirausahaan bab 1 pendahuluan
Panduan Proposal PKM Bab 1 Pendahuluan

Bab 1 terdiri dari pendahuluan. Apa saja yang perlu dan dan harus di bahas dalam bab pertama ini oleh mahasiswa yang ingin menulis proposal PKM K?

Panduan penulisan propasl PKM-K Bab 1 Pendahuluan


1. Latar Belakang


Hal pertama yang paling menentukan adalah menuliskan latar belakang usaha yang akan dibuat. Mengapa usaha tersebut? Mengapa usaha itu dapat berhasil? Setelah mengidentifikasi masalah yang terjadi dalam suatu komunitas, sebaiknya itu benar-benar menjadi prioritas dan paling dibutuhkan di masyarakat dalam daerah tersebut.

Langkah-langkah penulisan bab 1

- Dari latar belakang suatu daerah, 
- Masalah tersebut cukup urgen dan menjadi prioritas namun belum ada pihak yang berencana untuk mengubah keadaan,
- Menggali potensi yang dapat dijadikan usaha
- Manfaat yang akan dihasilkan

2. Alasan Usaha


Dari latar belakang tersebut, kita bisa mengembangkan alasan-alasan yang menjadikan usaha tersebut cukup menjadi prioritas seperti:

- Potensi bahan baku suatu daerah
- Belum ada yang mengelola usaha tersebut padahal banyak dibutuhkan

3. Luaran


Apa yang akan dihasilkan? Luaran inilah yang sebaiknya menjadi hal paling penting karena merupakan tujuan program usaha. Intinya, luarannya harus masuk akal untuk bisa dicapai. Sederhana saja, jangan membuat ekspektasi yang terlalu tinggi. Misalnya produk yang akan dihasilkan dan artikel untuk publikasi.

4. Manfaat Usaha


Apa manfaatnya? Manfaat usaha merupakan salah satu nilai utama yang cukup diperhatikan apakah usaha tersebut layak atau tidak. Manfaat umumnya dapat dirasakan oleh mahasiswa dan masyarakat sekitar tempat usaha.

Sebenarnya banyak contoh proposal PKM Kewirausahaan yang telah lolos PIMNAS di luar sana. Sebaiknya pelajari sistematika penulisannya dan cara mengungkapkan ide-ide dari usaha yang mereka angkat sebagai sumber referensi.

Demikianlah contoh proposal PKM Kewirausahaan bab 1, semoga bermanfaat.
Advertisement

Baca juga:

Apa Pendapatmu?
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!