Skip to main content

Pantai Lemo Burau, Destinasi Wisata Keren di Luwu Timur

Pantai Lemo Burau menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Luwu Timur. Wisata alam nan indah di Kabupaten Luwu Timur memang banyak sekali. Bisa dikatakan, Luwu Timur menjadi surganya obyek wisata di daerah Luwu Utara dan sekitarnya.

Pantai Lemo Burau Luwu Timur
Gambar Pantai Lemo Burau, Luwu Timur

Salah satu yang menarik dan menjadi destinasi wisata favorit masyarakat Luwu adalah Pantai Lemo yang terletak di Desa Mabonta, Burau, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Indonesia.
Pantai Lemo menjadi tujuan wisata akhir pekan yang cocok dan sangat terkenal di Luwu Utara karena lokasinya yang bisa dikatakan paling dekat. Yups! Jika diakses dari Masamba, Luwu Utara, Sekitar 2 jam berkendara. Kecamatan Tanalili, Luwu Utara dan Kecamatan Burau, Luwu Timur menjadi batas antara kedua kabupaten ini.

Setelah meninggalkan Luwu Utara dan memasuki Burau, tinggal beberapa menit berkendara di  Jalan Trans Sulawesi, kita akan melihat belokan sebelah kanan dengan tulisan "Selamat Datang di Pantai Lemo."

Dari belokan tersebut, kita akan memasuki lorong melewati desa Kalatiri hingga sampai ke Desa Mabonta, Lokasi Pantai Lemo.
Sepanjang jalan kurang lebih 5 KM atau sekitar 20 menit berkendara kita akan disuguhi hamparan sawah yang luas membentang dan rumah warga. Jika beruntung, kita juga akan melihat rumput laut yang dijemur disepenjang jalan.

Sampailah kita di Pantai Lemo Berau, Luwu Timur. Angin sepoi-sepoi menambah sejuknya hari liburan pada 10 Juli 2018 bersama teman-teman PPGT Silo Rante Lara. Tidak seperti biasanya, obyek wisata yang biasanya ramai pengunjung ini tampak sepi.

Untuk masalah makan dan toilet, tidak perlu khawatir semua tersedia di sini dengan harga terjangkau. Harga makanan mulai dari Rp5.000,- sampai Rp20.000.

Lihat juga Rumah Pohon Balebo Masamba, Luwu Utara

Kita bisa menikmati pantai dan beristirahat di gazebo yang tersedia. 8 pondok-pondok kecil yang didirikan oleh pemerintah ini berukuran kurang lebih 4x4 persegi.

Pantai Lemo Luwu Timur
Gazebo tempat untuk istirahat Pantai Lemo Luwu Timur

Gambar Pantai Lemo -  Gazebo terlihat dari dermaga
Obyek di Pantai Lemo yang sering dijadikan fokus selfie oleh wisatawan sangat banyak. Mulai dari tulisan merah yang terbuat dari plat pertuliskan PANTAI LEMO, KEC. BURAU dan juga taman dengan pohon kerennya.

Kecamatan Burau Luwu Timur Pantai Lemo
Gambar Pantai Lemo Kec. Burau

Pantai Lemo Luwu Timur
Pantai Lemo

Pantai Lemo Burau juga dilengkapi dengan dermaga yang cukup panjang, lebih dari 100 meter dari pantai ke laut. Lokasi ini juga sering digunakan oleh wisatawan untuk beristirahat dan berselfie. 


Dermaga Pantai Lemo Burau
Dermaga Pantai Lemo Burau

Dermaga dan pantai - Wisata Pantai Lemo, Luwu Timur

Selain jadi obyek wisata (tourism object), Pantai Lemo juga menjadi sumber penghasilan bagi warga sekitar dengan menjadi petani rumput laut.

Petani Rumput Laut di Pantai Lemo Sebagai mata pencaharian warga sekitar
Rumput Laut di Pantai Lemo,  Luwu Timur

Berikut beberapa gambar Pantai Lemo yang indah dengan pohon kelapa yang menjulang tinggi disepanjang pinggir pantai.

Gambar Pantai Lemo
Gambar Pantai Lemo

Gambar pantai Lemo dan pohon kelapa

Selain Pantai Lemo Burau, destinasi wisata pantai yang tidak kalah menarik di Luwu Timur adalah Pantai Salonsa. Jika ada waktu, kita masih akan mengeksplor wisata alam di Luwu Timur lainnya dan  juga sekitarnya.
Pantai Lemo Burau hanya hanya salah satu destinasi wisata dari sekian banyaknya obyek wisata menarik lainnya di Kabupaten Luwu Timur. See you in the next trip. True Explorers start from home.
  November 09, 2018
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close