Skip to main content

Panduan Penulisan Proposal PKM-K Bab 2

Penulisan proposal kewirausahaan pada bab 2 ini akan membahas tentang gambaran umum rencana usaha. Gambaran umum tersebut dapat meliputi keadaan lingkungan yang melatarbelakangi ide usaha dan yang paling penting bagaimana usaha tersebut dapat menghasilkan profit serta dapat berkembang di kemudian hari.
bab 2 pkm kewirausahaan
Panduan penulisan proposal PKM-K Bab 2

Bab 2 Gambaran Umum Rencana Usaha


Di sini menjelaskan secara singkat alasan yang mendasari kegiatan usaha, setelah itu masuk ke poin-poin seperti contoh berikut ini. Bisa menyebutkan jenis usaha dan cara pengembangannya.

1. Lingkungan Usaha

Membahas tentang kondisi suatu lingkungan yang melatarbelakangi ide usaha.

2. Sumber Daya dan Bahan Baku

Sumber daya bisa meliputi sumber daya bahan baku. Ketersediaan bahan baku utama yang mudah didapatkan. Dan juga kemampuan mengelola bahan baku tersebut menjadi suatu produk yang bermanfaat.

3. Peluang Pasar

Mengapa banyak orang yang akan menggunakan luaran yang akan dihasilkan? Mengapa masyarakat ingin membeli produk yang telah dibuat?  Jelaskan tentang peluang usaha secara singkat dan padat.

4. Strategi Pemasaran

Meskipun usaha baru, bukan berarti tidak akan menghadapi hambatan. Kompetitor pasti akan ada dan itu pasti. Karena itu, dibutuhkan strategi yang kuat untuk meyakikankan bahwa produk kitalah yang paling bagus dan bermanfaat. Pembahasannya bisa meliputi:

a. Harga dan kualitas

Pastikan harga bisa bersaing di pasaran. Yang perlu diketahui bahwa kualitas akan selalu mengikuti harga.

b. Promosi

Teknik promosi seperti apa yang akan dilakukan? Offline atau online, semua cara promosi sebaiknya bsia dimanfaatkan mengingat saat ini banyak yang juga berhasil memasarkan produknya secara online.

c. Target pasar

Target pasar untuk PKM-K makanan akan lebih baik jika disukai oleh semua orang. Namun pastikan untuk menjelaskan secara spesifik target pasar yang dituju. Hal ini agar kegiatan promosi dapat tepat sasaran.

d. Pengembangan usaha

Bagaimana mempertahankan, bahkan lebih baik lagi mengembangkan usaha yang sudah berjalan? Jelaskan langkah-langkah yang dapat dilakukan seperti menjaga kepercayaan pelanggan dan meningkatkan kualitas produk.

Yang perlu diperhatikan dalam mencari ide kegiatan PKM-K adalah tidak menjadikan produk yang kita akan buat sebagai saingan. Karena itu, ide harus baru dan kreatif. Jika tidak, sebisa mungkin membuat inovasi yang cukup berbeda dari usaha sebelumnya.

Itulah panduan cara penulisan proposal PKM-K bab 2. Semoga bermanfaat. Dan jika ingin proposal disetujui, lihat contoh-contoh proposal PKM Kewirausahaan yang telah disetujui.
  November 18, 2018
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close