Museum Ne' Gandeng Toraja, Obyek Wisata Plus Sejarah

Museum Ne' Gandeng Toraja, Obyek Wisata Plus Sejarah

Museum Ne' Gandeng Toraja, homestay sekaligus tempat wisata menarik dan menyimpan banyak cerita. Tana Toraja memang menyimpan sejuta pesona. Tak hanya alamnya, adat dan tradisinya pun menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Toraja. Salah satunya yang akan kita bahas hari ini adalah Museum Ne' Gandeng Toraja.
mengunjungi museum ne gandeng di toraja
Museum Ne' Gandeng Toraja Foto
instagram.com/museumnegandeng/
Museum Ne' Gandeng merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup unik dan menarik di Tana Toraja. Bukan karena keindahan alamnya tetapi lebih kepada budaya dan tradisi.

Lokasi Museum Ne' Gandeng


obyek wisata museum ne gandeng toraja
Jembatan Ne' Gandeng Malakiri Toraja
Museum Ne' Gandeng terletak di Desa Palangi, Kecamatan Sa'dan Balusu, Toraja Utara. Sekitar 10 kilometer dari Rantepao. Berada di tengah-tengah hamparan sawah menjadi salah satu daya tarik tersendri museum ini.

Alamat: Jalan Poros Malakiri-Pangli, Tagari, Balusu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia. 

Sejarah Museum Ne' Gandeng


Ne' Gandeng dikenal dengan tingkat kepeduliannya yang tinggi terhadap masyarakat sekitarnya. Salah satu cerita yang terkenal adalah usulannya untuk memasukkan listrik ke desa dari hasil menjual kerbaunya. 

Museum Ne' Gandeng yang kita kenal sekarang awalnya adalah sebuah tempat pelaksanaan prosesi pemakaman Ne' Gandeng. Ne' Gandeng meninggal pada 3 Agustus 1994. Toraja memang salah satu suku di Indonesia yang terkenal sangat menghormati leluhurnya. 

Sejak saat itu, beberapa rumah adat Toraja (Tongkonan) dibangun di sekitarnya dan jadilah Museum Ne' Gandeng yang menjadi salah satu obyek wisata menarik di Toraja.

Wisata Museum Ne' Gandeng Toraja


https://www.soksimon.com/2019/01/tempat-wisata-toraja.html menjadi salah satu tempat pelaksanaan pesta-pesta besar masyarakat Toraja, seperti prosesi pemakaman adat Toraja Rambu Solo. Tidak ketinggalan Praya PPGT 2017 juga diselenggrakan di Ne' Gandeng. 

Terletak di tengah persawahan membuat salah satu museum di Sulawesi Selatan ini cukup menarik perhatian. Pesona obyek wisata Ne' Gandeng lebih menonjolkan deretan rumah-rumah adat Toraja yang mengitari halaman berumput hijau pendek. Di halaman sendiri terdapat beberapa menhir. 

Di dalam salah satu bangunan terdapat patung-patung yang menggambarkan kehidupan Ne' Gandeng, termasuk foto dan berbagai benda lainnya yang identik dengan kehidupan masyarakat Toraja di daerah sekitar.

wisata ke museum ne gandeng toraja
Patung di Museum Ne' Gandeng
Photos instagram.com/museumnegandeng
Banyak sekali spot yang bisa dijadikan sebagai obyek selfie di sini. So, jangan lewatkan tempat wisata Toraja yang satu ini. Harga tiketnya juga sangat murah. Museum Ne' Gandeng juga merupakan homestay yang satu bangunannya bisa menampung banyak orang.
Demikianlah Museum Ne' Gandeng sebagai salah satu obyek wisata di Toraja Utara yang cocok menjadi salah satu tujuan wisata keren dan sarat akan budaya Toraja. Jangan lupa berkunjung ke Museum Ne' Gandeng.
Advertisement

Baca juga:

Apa Pendapatmu?
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!