Skip to main content

8 Makanan Khas Asli Toraja - Wisata Kuliner

Makanan khas asli Toraja. Berwisata ke Toraja kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khasnya. Kuliner-kuliner Toraja selain enak dan legit, juga tidak sedikit yang dapat dijadikan oleh-oleh untuk keluarga.
wisata kuliner toraja
Kuliner khas Toraja - Makanan khas Nusantara

Setelah puas menikmati indahnya pemandangan di Tana Toraja, tiba saatnya untuk makan-makan. Bagaimana cita rasa kuliner Toraja? Hari ini, saya akan memberikan ulasan tentang beberapa makanan asli dari Toraja serta pejelasan singkatnya yang dapat menjadi daya tarik untuk berkunjung ke Toraja.


Makanan Khas Suku Toraja


Apa saja makanan khas dari Toraja yang terkenal? Langsung saja, berikut beberapa makanan khas suku Toraja lengkap dengan penjelasannya.
  1. Pa' Karing

  2. kuliner toraja enak
    Pa' karing Toraja - Deskgram Marasatanta
      Pa' karing (Dendeng) Toraja terbuat dari daging kerbau yang dikeringkan dan sangat awet, bisa tahan sampai berbulan-bulan. Rasanya cukup legit dan diolah bersama merica, bawang putih dan garam. Aromanya bisa menambah selera makan terus dan terus. Namun ada juga dendeng yang terbuat dari daging babi. Namun tidak perlu khawatir karena semua warung dan jajanan di Toraja terdapat label masakan halal atau tidak halal 100%.

  3. Pangrarang

  4. kuliner khas toraja
    Pangrarang, kuliner sederhana Toraja - Aran Toraja blogspot
    Cara masaknya menyerupai sate, yaitu dibakar di atas bara api. Bedanya pangrarang tidak ditusuk kecil-kecil dan hanya ditambah dengan garam. Namun rasanya sangat maknyuss dan lezat. Cocok disajikan dengan lombok katokkon yang diuleg (Tuktuk lada katokkon) dan tidak ketinggalan minuman khas Toraja, tuak (minuman yang terbuat dari gula aren). Tapi minuman yang satu ini dapat memabukkan.

  5. Pantollo Pamarrasan

  6. kuline khas tana toraja pantollo pamarrasan
    Pantollo pamarrasan khas Toraja - KabarToraja
      Kuliner khas dari Toraja pantollo pamarrasan merupakan salah satu makanan khas yang rasanya benar-benar lezat. Pamarrasan adalah salah satu bumbu dapur yang lebih dikenal dengan sebutan kluwak hitam. Pantollo pamarrasan umumnya menggunakan bahan utama ikan, tapi tidak menutup juga kemungkinan menggunakan menu belut, daging babi, lele, kerbau dan lain-lain. Resep yang satu ini memiliki banyak varian rasa, tergantung tangan yang membuatnya.

  7. Piong Bo'bo

  8. kuliner khas suku toraja
    Piong nasi khas Toraja - Joytimang23
      Piong Bo'bo adalah salah satu makanan khas yang cukup populer di masyarakat Toraja. Biasa disajikan di acara-acara syukuran panen. Juga sudah banyak dijual, seperti di Warung Tangnga, Puncak, jalan poros Palopo Toraja. Piong bo'bo terbuat dari nasi yang telah dicampur oleh garam dan santan. Cara membuatnya cukup unik. Beras harus dicuci terlebih dahulu kemudian dimasukkan ke dalam bambu yang telah dibersihkan. Biasanya bambu tersebut dilapisi dengan daun pisang (istilahnya diludai) disebelah dalamnya sebelum beras dimasukkan. Setelah bambu terisi dengan beras, kemudian ditambahkan santan. Cara memasaknya dibakar. Hasilnya cukup lengket di tangan. Masyarakat Indonesia umumnya mengenal dengan nama lemang nasi.

  9. Pa' Piong

  10. Pa' piong duku bai dari Toraja - youtube
      Pa' piong juga hampir sama dengan piong nasi, bedanya makanan yang satu ini berisi lauk pauk, bisa daging ikan, ayam, sayur atau pun yang paling populer diisi daging babi. Ditambah dengan bumbu-bumbu tertentu sehingga rasanya sangat enak. Pa' piong merupakan makanan khas yang paling banyak disajikan dalam acara-acara besar masyarakat Toraja. Dan bisa dikatakan, Pa' piong sangat identik dengan duku bai (Isi daging babi).

  11. Dangkot (Daging Kotte)

  12. Kuliner khas Toraja, Dangkot - cookpad
    Umumnya kuliner khas Toraja yang satu ini disajikan dengan rasa yang super pedas. Tapi ada juga kok yang dibuat khusus agak pedas, tergantung permintaan. Dangkot berbahan dasar daging bebek (Kotte') yang dipotong-potong kecil kemudian dicampur dengan berbagai bumbu-bumbu seperti cabai, serai dan lengkuas. Aroma khas dan cita rasa dangkot benar-benar menggugah selera untuk nambah.

  13. Pokon
    1. kuliner khas toraja pokon
      Pokon, kuliner khas Toraja - Picture by Yosinta Paruruk
    Pokon sering disajikan di acara-acara syukuran dan disajikan dengan kopi panas atau teh. Terbuat dari nasi ketan hitam dicampur santan kelapa dan dibungkus dengan daun bambu kemudian direbus sampai matang. Panganan khas Toraja ini juga bisa terbuat dari nasi putih atau nasih ketan putih. Hampir sama dengan lontong tapi pokon menggunakan santan, ada juga yang memberikan sedikit taburan kelapa parut. Hampir sama dengan makanan khas Toraja yang bernama kririk (karirik). Yang membedakannya hanya pada bungkus karirik yang menggunakan daun aren muda.

  14. Deppa Tori'

      Deppa tori adalah kue khas dari Toraja yang sering dijadikan oleh-oleh khas Toraja. Terbuat dari tepung dan gula merah serta taburan wijen, membuat kue ini sangat nikmat disantap dengan kopi maupun teh. 
Makanan khas Toraja Deppa Tori'
    Kue dalam bahasa Toraja deppa. Bisa dikatakan, Deppa Tori' adalah kue wajib yang harus ada dalam pesta-pesta orang Toraja. Untuk menikmatinya juga mudah, karena sudah banyak dipasarkan, bukan hanya di toko-toko Toraja, bahkan di pinggir-pinggir jalan pun kue ini banyak dijajakkan. Salah satunya di Jembatan Miring Palopo, Deppa Tori'-nya juga enak-enak. Dan pastinya makanan khas Toraja ini juga halal.
Makanan-makanan khas dari Toraja memang enak-enak dan maknyus. Dan yang paling enak menurut saya adalah dangkot dan deppa tori'.


Demikianlah review makanan khas asli Toraja yang terkenal di Sulawesi. Pasti orang Toraja sudah tidak asing dengan kuliner-kuliner yang disebutkan di atas.
  November 23, 2018
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close