Londa Toraja, Kuburan Yang Menjadi Destinasi Wisata Menarik

Londa Toraja, Kuburan Yang Menjadi Destinasi Wisata Menarik

Londa Toraja Wisata Kuburan Batu. Tana Toraja tak terbantahkan menjadi salah satu destinasi wisata menarik di Indonesia bahkan dunia. Hal ini karena banyaknya tempat-tempat keren, unik serta kebudayaan Toraja dengan berbagi filosofinya. Tidak ketinggalan yang menjadi tujuan kita hari ini adalah Londa, kuburan gua yang dipenuhi tengkorak di Toraja.
gambar obyek wisata menarik londa toraja
Gambar Kuburan Londa Toraja on instagram.com/dickyandryanto

Pasti sudah banyak yang mendengar tentang Londa Toraja. Dan hari ini, kita akan lebih mengenalnya secara lebih dekat lagi. Ada juga yang menyebutnya sebagai Kuburan Gantung, karena memang ada peti mati yang posisinya tergantung. 

Londa Toraja


Obyek wisata Londa terletak di desa Sendan Uai, Kecamatan Sanggalangi, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia.

Londa adalah makam yang berada di dalam gua dan terletak di atas ketinggian tebing. Di sini, bukan hanya pemakaman lama yang penuh dengan peti kuno dan tengkorak, tapi juga jenazah yang baru meninggal pun juga ada.

Kedatangan wisatawan akan disambut oleh Tau-tau (Patung orang yang telah meninggal). Terlihat sangat real dan terletak di atas pintu masuk gua Londa. Tidak semua jenazah dibuatkan Tau-tau. Hanya mereka yang merupakan golongan atas dan telah melewati pesta  Rambu Solo yang memiliki Tau-tau. 


Untuk menjelajah gua kuburan Londa ini, kita dapat menyewa Tour Guide. Mereka akan menjelaskan tentang Londa dan jenazah-jenazah di dalamnya. Termasuk kisah Romeo and Juliet versi Londa Toraja yang sangat menarik. Ceritanya gini, ada 2 sepasang kekasih yang hubungannya tidak direstui sehingga memutuskan untuk bunuh diri bersama.
kuburan makam gantung londa toraja utara
Londa Toraja - Wisata Menarik Toraja Utara - goodnewsfromindonesia.id

Jangan asal masuk aja bro and sis. Di dalam gua, kita tidak boleh menyentuh, memindahkan apapun yang ada di dalamnya. Apalagi sampai ngambil. Sebenarnya saya lihat aja kadang takut. Hhe.. hhe.. So, untuk kenang-kenangan, kita bisa mengabadikannya dengan kamera.

Mengapa tidak boleh memindahkan tulang belulang dan tengkorak dalam Gua Londa? Bukannya tidak boleh, tapi untuk memindahkannya harus melalui proses adat terlebih dahulu.

Penampakan dalam gua sangat menarik. Hawanya gimana gitu, mungkin karena takut sendiri dan harus diterangi oleh lampu petromaks. Kumpulan tengkorak kepala yang tersusun rapi, peti tua yang sudah berusia ratusan tahun. Dan yang lebih menariknya lagi, semua tengkorak di Londa adalah asli.

Banyak sekali filosofi menarik di Londa. Seperti letak-letak peti jenazah yang menandakan kedudukan seseorang. Pokoknya komplit deh, dapat memperluas wawasan tentang nilai-nilai dan budaya Tana Toraja.


Demikianlah artikel tentang Londa, makam gua yang menjadi destinasi wisata menarik dan unik di Toraja. Jangan lupa berkunjung!
Advertisement

Baca juga:

Tingglakan Komentar
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!