Skip to main content

Khotbah Kristen Terbaru, 3 Syarat Mengikut Tuhan Yesus

Renungan Kristen hari ini tentang syarat mengikut Tuhan. Dalam 4 kitab Injil dalam Alkitab, Yesus telah memberitahukan syarat-syarat untuk mengikut-Nya. Apa saja syarat tersebut?
Khotbah Kristen Hal Mengikut Tuhan dan syarat-syaratnya
Syarat mengikut Tuhan Yesus - pixabay

Hal mengikut Yesus yang disampaikan dalam kitab-kitab Injil bukanlah praktek keagaman yang membawa kepada keselamatan. Karena keselamatan adalah anugerah dari Allah yang kita imani. Namun syarat mengikut Tuhan adalah sebuah komitmen hidup yang harus dipegang seorang Kristen sejati.

Syarat mengikut Tuhan Yesus


Matius 16:24

Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku."

1. Menyangkal Diri


Setiap orang Kristen harus siap menyangkal dirinya sendiri. Apakah arti menyangkal diri? Menyangkal diri adalah sebuah pengakuan mutlak bahwa hidup ini adalah milik Tuhan. 

Dalam kitab Markus 8:38, Yesus mengakatan: "Sebab barangsiapa malu karena Aku dan karena perkataan-Ku di tengah-tengah angkatan yang berdosa ini, Anak manusia pun akan malu karena orang itu apabila Ia datang kelak dalam kemuliaan Bapa-Nya, diiringi malaikat-malaikat kudus."

Terkadang kita masih malu dan takut tidak diterima dunia karena menyatakan iman. Bahkan agar tidak ditolak, kita menyangkal Tuhan kita. Namun Tuhan Yesus mengatakan barangsiapa ingin menyelamatkan nyawanya ia akan kehilangan, tapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Injil, ia akan memperolehnya.

Jangan sampai kita menjadi orang-orang yang melepas kehidupan yang kekal untuk mengejar jabatan duniawi.

2. Memikul Salib


Salib itu berat lho! Saat memutuskan untuk mengikut Tuhan maka secara mutlak kita harus mau memikul salib. Pertanyaannya adalah boleh kah kita memikul salib setengah-setengah?

Tidak boleh! Setiap orang yang mau mengikut Tuhan harus full memikul salibnya sampai akhir. Dalam perjalanan kehidupan, banyak penderitaan yang harus ditanggung. Tapi satu hal yang pasti dan perlu kita tanamkan di hati bahwa cukuplah seorang murid jika ia sama seperti gurunya. Tuhan akan menolong setiap kita yang berserah kepada-Nya.

Memikul salib tidaklah membuat orang Kristen merasa menderita sekalipun banyak tantangan. Dalam tulisannya, Rasul Paulus mengatakan bahwa ia bersukacita jika karena Injil ia mendapat banyak persoalan kehidupan, dianiaya dan diperjara. Karena secara demikian, ia merasa telah layak.

Hidup Kristen harus pikul salib! Siap direndahkan dan menanggung penderitaan. Tapi tetap bersukacita karena Kristus siap menopang. 

3. Mengikut Yesus


Mengikut Yesus bukan hanya pergi ke gereja untuk berkhotbah dan merayakan Natal. Mengikut Yesus harus setia setiap hari. Caranya? Dengan mengikuti jalan Tuhan dan aturan yang berlaku. Segala perintah Tuhan adalah wajib.

Tapi Tuhan, ini terlalu berat, bisakah saya sedikit saja melanggar? No, brother's! Hukum Tuhan itu mutlak dan tertulis dalam Alkitab. Kita tidak bisa berkompromi dengan dalih apapun untuk melanggar aturan-aturan tersebut, sekecil apapun.

Orang Kristen yang mau mengikut Tuhan Yesus harus setia dan taat. Tidak boleh hitung-hitungan keuntungan karena sesunggunya berkat tersedia bagi mereka yang percaya dalam iman.

Ternyata berat juga ya mengikut Tuhan Yesus? Percayalah kepada Tuhan yang telah menanggung segala penderitaan kita. Maka engkau akan diberikan kekuatan untuk mengikut-Nya.
Mari kita renungkan lagi syarat-syarat mengikut Yesus di atas. Apakah kita sanggup atau tidak, karena mengikut Tuhan Yesus adalah sebuah komitmen. Tidak boleh setengah hati. Sampai jumpa! Syalom, God Bless You!
  November 20, 2018
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close