Skip to main content

5 Keuntungan Menabung Di Bank Yang Nasabah Wajib Ketahui

Apa sih keuntungan menabung di bank? Beberapa tahun silam kita diajarkan untuk menabung uang ke dalam celengan bambu dan ataupun celengan plastik. Berbeda di era modern saat ini, menabung di bank sudah menjadi pilihan yang tepat. Tidak tanggung-tanggung, segala jenis tabungan sudah disediakan oleh Bank. Mulai dari tabungan anak-anak, dewasa, sampai tabungan hari tua benar-benar memberikan banyak manfaat.
keuntungan menarik menabung uang di bank bagi nasabah
Keuntungan menabung di bank yang harus diketahui - pixabay

Namun masih banyak yang tidak mengetahui keuntungan menabung di bank. Hal ini disebabkan oleh berbagai alasan, salah satunya banyaknya jenis bank. Menabung di bank BNI, Mandiri, BCA, Nagari, Bapas, atau BRI yang bagus? Belum lagi BRI Simpedes atau BriTama. Pertanyaan-pertanyaan tersebutlah yang membuat kadang banyak masyarakat yang tidak ingin menyimpan uangnya di bank. Dan satu lagi, mereka masih berpikir menabung uang di bank itu rumit. Padahal tidak sama sekali.

Sebenarnya apapun jenis banknya, kita tidak perlu terlalu repot karena pada dasarnya semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan itu bisa ditanyakan langsung pada customer service bank tersebut. Bandingkan keuntungan antara satu bank dengan bank yang lainnya.

Semakin hari bank-bank yang ada semakin berlomba-lomba untuk mencari nasabah dengan memberikan pelayanan terbaik. Sebagai penabung, yang kita butuhkan hanya mengenal syarat dan ketentuan yang berlaku dan menyesuaikannya dengan kebutuhan kita. Itulah bank terbaik untuk kita menabung, yaitu menurut kebutuhan kita. Saya sendiri menggunakan tabungan BRI Simpedes karena lokasi saya yang berada di desa dan tidak terlalu rutin transaksi.

Keuntungan Menabung di Bank Yang Jarang Diketahui


Jangankan masyarakat yang belum memiliki simpanan di bank, nasabah aja yang sudah bertahun-tahun menabung di bank masih belum memanfaatkan bank tersebut secara penuh. Padahal itu hak mereka untuk menikmati fasilitas yang disediakan oleh bank.

1. Keamanan terjamin


Saya sudah tidak terlalu berani menyimpan uang di celengan, kecuali uang receh. Banyak resiko yang harus dihadapi ketika memutuskan untuk tidak menabung uang di bank. Mulai dari bencana alam, rumah kebakaran dan pencurian. Semoga tidak terjadi sih, tapi dengan menabung di bank, resiko seperti itu tidak perlu dikhawatirkan.

Jika bank bermasalah, uang nasabah tetap aman. Hal ini karena adanya LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) yang bekerja sama dengan bank. Jadi, tidak usah khawatir tentang keamanan uang yang ditabung di bank.

2. Bertransaksi kapanpun dan di manapun


Praktis dan mudah, bahkan untuk bank BRI sendiri yang pelayanannya sudah menjangkau desa-desa terpencil, terbukti dengan berdirinya teras-teras BRI dan mesin ATM. Yang menggunakan bank lain pun tetap bisa menikmati keuntungan menabung di bank dengan munculnya Link BRI di kios-kios di desa maupun di kota.

Jadi, sekarang transaksi tidak perlu pakai lama. Kita sudah tidak perlu untuk datang dan menunggu antrian panggilan dari teller bank. Sudah ada SMS Banking, Internet Banking, Mobile Banking yang semuanya dapat digunakan untuk transfer tanpa terbatas ruang dan waktu, cukup dengan hp android. Tapi karena adanya limit transaksi, maka beberapa orang masih harus pergi ke bank langsung untuk transfer atau pun untuk melakukan penarikan.

3. Keuntungan bunga


Semakin gemuk isi saldo dalam rekening kita maka akan semakin banyak pula keuntungan yang didapatkan dari bunga. Bunga yang ditawarkan oleh bank masih  menjadi salah satu faktor utama nasabah mau menabung uangnya di bank tersebut.

Banyak yang beranggapan bahwa bunga tabungan tidak terlalu besar. Namun mereka yang memiliki saldo di atas rata-rata pastinya benar-benar merasakan dampak positif dari bunga sekecil apapun. Kecuali jika mereka kaya, mungkin tidak terlalu peduli.

4. Program kejutan tak terduga


Tetangga saya nih pernah mendapatkan mobil mewah hanya dengan menabung di bank BRI dan mengikuti Program Berhadiah Britama. Memang orang tersebut rajin menabung dan bisa dipastikan sering menambah uangnya di dalam rekening. 

Bukan jaminan juga sih, karena hadiah yang didapatkan berasal dari hasil undi. Tapi semakin sering menabung maka semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkan berbagai hadiah menarik, mulai dari hadiah hiburan sampai hadiah utama. Hadiah hiburannya aja gede. 

5. Membayar tagihan lebih mudah


Simpel dan praktis. Itulah kata yang tepat dilontarkan oleh para nasabah dari bank manapun. Tidak bisa dipungkiri, dengan adanya tabungan di bank memungkinkan kita menikmati fasilitas-fasilitas yang disediakan. Mau beli ini bisa tarik tunai di ATM. Mau bayar tagihan bisa melalui ATM atau pun Internet Banking. 

Dan yang lebih kerennya lagi menabung di bank membuat nasabah yang memiliki kartu debit, kartu kredit (CC) atau kartu ATM bisa melakukan pembayaran di toko-toko besar ketika membeli barang. Jadi, gak perlu repot-repot membawa uang tunai jika ingin shopping. Asal jangan di pasar konvensional ya, nanti Anda dianggap songong baru menabung di bank.

Baca juga Penting Bagi Nasabah, Inilah 5 Kekurangan Menabung di Bank!

Itulah beberapa keuntungan menabung di bank yang harus diketahui masyarakat, terlebih yang sudah menjadi nasabah. Banyak nasabah yang belum memanfaatkan setiap fasilitas yang seharusnya dapat dinikmati ketika menabung di bank. Semoga bermanfaat!
  November 14, 2018
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close