5 Ide Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan Di Desa

5 Ide Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan Di Desa

Banyak contoh ibu rumah tangga yang sukses berwirausaha. Dan mungkin saja hal itu yang membawa Anda kemari, untuk mengikuti perkembangan informasi peluang usaha di desa yang cocok untuk ibu rumah tangga.
5 ide bisnis untuk ibu rumah tangga yang menjanjikan di desa
Ide bisnis untuk ibu rumah tangga yang menjanjikan - pixabay

Apa saja ide bisnis yang menjanjikan untuk ibu rumah tangga? Banyak sih, usaha sampingan yang cocok untuk ibu rumah tangga, terlebih yang masih tinggal di daerah pedesaan.

Tapi usaha rumahan yang umum dilakukan oleh ibu rumah tangga di desa yang sering saya lihat adalah sebagai berikut.

1. Toko kelontong


Toko kelontong adalah usaha rumahan yang cocok untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil. Apa saja yang harus dijual? Kebutuhan masyarakat di desa juga tidak kalah dari masyarakat di kota. 

Di desa saya, jualan seperti makanan ringan kebutuhan bayi dan kebutuhan rumah tangga menjadi barang-barang yang sangat dibutuhkan.

Membuka toko kelontong bisa dilakukan di teras rumah dengan modal 500 ribu sampai 1 juta. Cara agar sukses ya, berikan pelayanan terbaik. Banyak saingan tidak masalah, asal toko Anda memiliki barang-barang kebutuhan pokok yang  benar-benar dibutuhkan.

Di desa saya aja sukses berdiri beberapa toko kelontong yang dari dulu sampai sekarang masih bertahan, bahkan semakin besar.

2. Jualan kue dan minuman


Usaha sampingan ibu rumah tangga di desa yang hobi masak juga bisa datang dari jualan kue dan minuman. Tingkat komsumsi masyarakat di desa terhadap jajanan ringan juga sangat tinggi. 

Kue yang cocok dijual di desa adalah jenis kue basa. Untuk jenis cemilan lainnya bisa coba jualan roti, cendol atau pun pisang ijo. Agar bisa laris, pastikan harga bersahabat, mulai dari Rp1.000,- sampai Rp5.000,-.

Sekedar informasinya aja, jajanan seperti ini lebih ditujukan terhadap target pasar anak-anak. Untuk warung makan, sepertinya saya tidak bisa rekomendasikan menjadi ide bisnis di desa karena kebanyakan ibu rumah tangga masih memilih memasak sendiri di rumah.

Bayangkan saja jika sehari bisa laku 50 potong kue seharga seribu rupiah maka omzet yang bisa didapatkan dalam sebulan sebesar Rp1.500.000,-. But saingan juga banyak sih, terutama dari luar seperti mas dan mbak-mbak yang menjual keliling. Jangan khawatir, kualitas dan rasa menjadi pemenang. So, give the best taste for your customer.

3. Usaha katering


Berbeda dengan katering, ini bisa laris lho. Mama saya dulu sering mendapat orderan kue dari tetangga-tetangga menjelang Natal dan Tahun baru. Meskipun tidak selaris di kota, usaha ini bisa dikembangkan menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Terlebih jika desa Anda sudah mulai ramai dan dekat dari kota.

4. Kerajinan tangan


Kerajinan tangan merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan. Banyaknya bahan baku di desa yang dapat diolah menjadi barang-barang bermanfaat bisa menjadi peluang usaha. 

Kerajinan tangan dari bambu, anyaman, kain, dan lain-lain. Jika ingin mentarget pasar yang lebih luas, kerajinan tangan yang berkualitas sebenarnya bisa dengan mudah dipasarkan. Tapi itu dia, membuat produk tidak semudah itu.

Namun jika Anda punya hobi mendaur ulang barang-barang bekas maka dapat menjadi bisnis yang awet kedepannya. Intinya, buatlah sesuatu yang unik dan memiliki berdaya guna.


5. Jahit pakaian


Menekuni hobi menjahit memang cukup menyenangkan. Ibu rumah tangga yang mau mencoba usaha menjahit bisa mendapatkan penghasilan dari 2 hal, yaitu menerima jahit baju atau pun membuka kursus jahit pakaian.

Jasa jahit pakaian sangat dibutuhkan di mana-mana. Tidak hanya di kota, permintaan jahit baju di desa cukup banyak. Bahkan anak sekolah aja sering mencari jasa jahit pakaian hanya untuk memasang risleting.

Selain menjahit, bisa juga coba-coba usaha yang cukup menjanjikan, yaitu tenun. Tapi itu cukup sulit untuk dipelajari. Banyak ibu rumah tangga yang sukses menjalankan usaha menjahit maupun tenun. Menjelang Natal, orderan jahit pakaian meningkat dua kali lipat lho. 
Tertarik mencoba? Itulah beberapa ide bisnis untuk ibu rumah tangga yang menjanjikan dan cocok dilakukan di desa. Semoga sukses.
Advertisement

Baca juga:

Apa Pendapatmu?
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!