Skip to main content

Daya Tarik Wisata Palopo, Tempat Permandian Batu Papan

Batu Papan atau yang lebih akrab disebut BTP merupakan salah satu obyek wisata yang banyak mendapat perhatian dari masyarakat sekitar Luwu dan Luwu Utara. Permandian Alam Batu Papan terletak di Kelurahan Padang Lambe, Wara Barat, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Indonesia. 
tempat wisata menari di Palopo
Tempat wisata di Palopo BTP - instagram.com/beni_s_toni/

Untuk dapat mencapai wisata air ini, kita hanya butuh sekitar 20 menit dari pusat Kota Palopo. Untuk masalah akses jalan, dapat ditempuh baik dengan roda 2 maupun roda 4 dengan kondisi jalan yang aspal baik.

Lihat juga Tempat Wisata Toraja Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Daya Tarik Wisata Palopo Batu Papan


Setelah memasuki kawasan Batu Papan, kita akan disambut dengan bunyi desir sungai yang cukup deras dan pastinya mengajak siapapun yang berkunjung untuk segera berenang.

Wisata Palopo yang satu ini tidak akan membuat wisatawan merogoh kocek yang dalam. Biaya parkir sangat murah. Dan jika ingin berenang, juga disediakan ban untuk disewa dengan harga bersahabat. Masyarakat juga menjadikan sungai BTP sebagai salah satu sumber penghasilan dengan menjual berbagai jajanan kuliner di sekitar area sungai.

Salah satu daya tarik dari tempat wisata di Palopo ini adalah keberadaan telapak kaki raksasa. Menurut cerita, jejak kaki telapak tersebut merupakan jejak kaki Ponglalong. Salah seorang legenda yang disebut-sebut memiliki kekuatan yang hebat oleh masyarakat setempat. Tidak banyak informasi tentang Ponglalong, tapi ketika diceritakan orang-orang tua di daerah sekitar Padang Lambe dan Tombang, kisahnya cukup menarik juga untuk disimak.

Banyak spot yang dapat dijadikan sebagai obyek berfoto bersama keluarga maupun berfoto selfie di permandian alam Batu Papan ini. Selain sungai, terdapat juga jembatan penyeberangan berwarna kuning yang cukup bagus untuk dijadikan lokasi mengambil gambar dengan sungai penuh batuan sebagai background. 

Terlihat penampakan sungai dan pengunjung di permandian alam Batu Papan Palopo. Cukup ramai, terutama saat hari libur.

tempat wisata di palopo btp
Wisata BTP Palopo - instagram.com/ivhahatipa3007
Itulah salah satu daya tarik wisata Palopo, permandian alam Batu Papan BTP. Mungkin tidak sebaik tempat wisata lainnya di Sulawesi Selatan, but, it's okay lah. Cocok untuk destinasi liburan dekat bersama dengan keluarga. Semoga tempat ini bisa menjadi obyek wisata menarik di Palopo, bahkan Sulawesi Selatan suatu hari nanti.
  November 15, 2018
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close