7 Contoh Bisnis Online Untuk Mahasiswa Tanpa Modal Untung Besar

7 Contoh Bisnis Online Untuk Mahasiswa Tanpa Modal Untung Besar

Di luar sana, sudah ada ratusan contoh ide bisnis kreatif yang dikerjakan oleh mahasiswa. Dan tidak sedikit ide tersebut yang bisa dikatakan gila, tapi berhasil juga. Nah, mahasiswa zaman sekarang ini, lebih banyak memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk berbisnis online.
7 Contoh Bisnis Online Untuk Mahasiswa Tanpa Modal Untuk Besar
Contoh bisnis online untuk mahasiswa tanpa modal untung besar

Ngomong-ngomong tentang bisnis online, banyak teman saya yang telah membuktikan bahwa bekerja secara online sambil kuliah itu juga menyenangkan dan memiliki tantangan tersendiri. Namun sayang, mahasiswa selain identik dengan ide-ide cemerlangnya juga identik dengan modal pas-pasan. Terutama mereka yang belum memiliki penghasilan sendiri. 

Karena itu, hari ini saya akan berbagi beberapa contoh bisnis online yang cocok untuk mahasiswa dan tanpa modal. Tertarik mencoba?

Bisnis Online Untuk Mahasiswa Tanpa Modal


Langsung saja, bisnis online tanpa modal yang sangat digemari oleh banyak mahasiswa Indonesia.

1. Programmer Web


Mahasiswa jurusan TI dan komputerlah yang sebenarnya memiliki peluang meraup jutaan rupiah per harinya di zaman yang akan datang. Yups! Jika mereka bisa memanfaatkan keahlian mereka maka bahkan sebelum wisuda pun, mereka seharusnya sudah bisa menghasilkan uang sendiri dari bisnis online.

Salah satu yang populer adalah menjadi programmer web. Contohnya membuat template, pembuatan website, redesign template blog, atau sekedar mempercepat loading blog. Untuk jobnya sendiri, tidak perlu pusing, banyak yang cari. Serius, banyak yang butuhkan programmer web. Dan ternyata, di luar sana, banyak yang bisa ahli namun bukan dari kalangan mahasiswa.

Untuk menjadi programmer web sebenarnya bisa tanpa modal. Karena sesungguhnya, semua materi tentang bahasa pemrograman sudah tersedia lengkap di Google. Bahkan dosen aja pun kadang memberikan tutorial coding dari Youtuber.

2. Optimasi Blog SEO


Tebak! Berapa kira-kira pendapatan dari seorang Internet Marketing (IM)? Ratusan ribu, jutaan rupiah, puluhan juta? Tidak hanya itu, bisa sampai ratusan juta per bulannya.

Apa yang mereka lakukan? Tentu saja, membantu para pemula yang ingin sukses seperti mereka. Jasa SEO Blog misalnya. 

Jika berada di tangan IM ternama, blog baru saja tidak akan cukup waktu 3 bulan untuk bisa rutin gajian dari adsense.

Berapakah modal yang dibutuhkan untuk menjadi seorang IM? Jika benar-benar berbicara modal, mungkin bisa sampai puluhan juta untuk menjadi seorang IM dengan mengikuti kursus online maupun offline.

Namun sebenarnya bisa tanpa modal. Materi tentang SEO aja dibahas komplit oleh ratusan ribu blog Indo maupun bule di Google. Intinya, harus berani dan terus melakukan trial and error. Jika mahasiswa menjadi pemain SEO handal, maka bisa dikatakan ia sudah bebas masalah keuangan. 

Umumnya ahli SEO membuktikan kehebatannya dengan memiliki website yang juga bersaing di halaman pertama Google.


3. Menjadi Blogger


Tidak semudah itu Ferguso! Tapi memang benar, banyak mahasiswa yang berhasil menjadi seorang blogger yang hebat. Seperti halnya Asri Tadda, dari Sulawesi Selatan yang selama kuliah juga membangun blog hingga sukses mentraktir teman-temannya ketika gajian pertama dari blog.

Namun jika melihat trend blogger saat ini, dibutuhkan kemampuan untuk tetap konsisten dalam membangun sebuah blog agar bisa berpenghasilan rutin tiap bulannya.

Bagi mahasiswa yang ingin menjadi blogger, sebenarnya peluangnya sangat besar untuk sukses. Asal jangan berpikir mendapatkan uang dalam waktu 3 bulan pertama. Berapa modal yang dibutuhkan untuk menjadi blogger?

Mahasiswa modal minim pun bisa tanpa modal. Saya sendiri membangun blog saat masih SMA, benar-benar tanpa modal karena hanya membutuhkan koneksi internet dan bisa dikatakan kehidupan generasi milenials hari ini tidak bisa tanpa terhubung dengan internet.

Sayangnya, saya menjual blog tersebut. Dan dari penjualan tersebut, saya kemudian membeli domain TLD com agar lebih keren.

4. Content Writing


Jika sulit ngeblog dan mau penghasilan yang sedikit lebih cepat, maka sebaiknya menjadi penulis lepas aja. Istilah kerennya content writing.

Modalnya cukup memiliki wawasan yang luas dan kemampuan menulis yang cukup. Cocok untuk mahasiswa yang terkenal memiliki wawasan yang cukup luas.

5. Youtuber


Sebenarnya saya tidak ingin memasukkan ini ke dalam daftar bisnis online tanpa modal untuk mahasiswa. Alasannya karena menjadi blogger itu memang butuh peralatan yang canggih dan minimal kamera DSLR. 

Tapi jangan salah bro! Kamu bisa jadi Youtuber sukses tanpa perlu kamera. Apa yang dibutuhkan? Cukup keinginan yang kuat. Just kidding! 

Pernah lihat channer youtube "Kok Bisa"? Itu lho, akun youtube yang membahas bagaimana sesuatu bisa terjadi. Dia membuat konten tanpa kamera sama sekali, melainkan menggunakan animasi. Dan inspirasi untuk membuat channel youtube yang membahas tentang tutorial pun muncul. Garap sendiri! Intinya mahasiswa harus kreatif dan inovatif.

6.Online Shop


Saya tidak perlu menjelaskan ini secara detail. Mungkin kamu yang sedang membaca juga sedang melakukan bisnis online tanpa modal ini dengan menjadi reseller atau dropshipper.

Sebagai gantinya, saya akan memberikan tips sukses membangun online shop, yaitu memaksimalkan media sosial. Salah satunya dengan belajar membuat fanspage yang dapat menarik ratusan ribu orang di Facebook.

7. Design Web


Coba gabung di forum-forum blogger pemula. Banyak yang belum bisa mendesain tampilan blognya sendiri. Bagi kamu mahasiswa IT, desain web seperti template blogger itu adalah hal yang mudah. Desain ya, bukan buat.

Modal yang kamu butuhkan hanya menguasai bahasa pemrograman seperti CSS dan Javascript. Dan lagi-lagi, pelajaran tersebut terpampang jelas di setiap sudut Google.

Bagaimana? Apakah ada contoh bisnis online yang disebutkan di atas yang membuat kamu tertarik? Pilih satu aja dan jangan rakus, sesuai kemampuan. Ingat, kamu mahasiswa dan harus mengerjakan berbagai tugas kuliahan.

Keuntungan berbisnis online buat mahasiswa sangat banyak. Selain karena banyaknya pekerjaan yang tidak membutuhkan modal besar, juga dapat dilakukan di sela-sela kesibukan dunia kampus. Tahu sendirilah, gimana sibuknya anak kuliah terutama saat menjelang final test.

Kesimpulan


Menjadi pekerja online sambil kuliah menjadikan seorang mahasiswa semakin mengerti tentang dunia kerja. Jangan salah, banyak mahasiswa yang awalnya hanya berniat mendapatkan penghasilan dari kerja online namun sekarang menjadikannya sebagai sumber penghasilan utama. Inilah yang disebut bisnis tanpa modal tapi untung besar.

Agar bisa sukses, pastikan management waktu yang baik. Karena mahasiswa keren adalah mereka yang bisa menghasilkan uang sendiri tanpa menunggu kiriman dari orang tua. Percaya deh, uang hasil kerja sendiri lebih nikmat walaupun hanya secuil saja.


Demikianlah contoh bisnis online untuk mahasiswa tanpa modal untuk besar. Semoga bermanfaat dan jadilah mahasiswa kreatif yang punya penghasilan sendiri. See you bro and sis!
Advertisement

Baca juga:

Tingglakan Komentar
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!