Skip to main content

Cara Mudah Mengunci Folder di Laptop Tanpa Software, Aman 100%

Mau tahu cara paling cepat mengunci folder di laptop? Kurang dari 60 detik maka kita bisa membuat folder otomatis terkunci di komputer. Trik ini dicoba dan sukses dipraktekkan di Windows 10. Untuk pengguna Windows lainnya seperti Windows 8 atau pun versi sebelumnya juga bisa.
cara mudah mengunci folder di laptop dengan aman
Cara mudah mengunci folder di laptop tanpa software - pixabay

Cara mengamankan folder dengan password ini menggunakan aplikasi WinRAR. Saya mengatakan tanpa software tambahan karena aplikasi ini merupakan aplikasi wajib dan memang sangat penting di laptop Windows.

Perlu diketahui, bahwa cara mengunci folder di laptop inilah yang paling sering digunakan dan tingkat keamanannya cukup terjamin. Susah dibuka kecuali oleh mereka yang benar-benar ahli dalam bidang keamanan Komputer. 

Cara Mengunci Folder di Laptop


Bagaimana cara mengunci folder di laptop dengan WinRAR? Berikut cara cepat membuat folder yang diproteksi password di komputer.

1. Buat folder baru yang akan dikunci

2. Masukkan file yang akan disembunyikan ke dalam folder 

3. Klik kanan pada folder yang akan disembunyikan

4. Pilih Add to archieve

5. Setting password pada kotak dialog Archieve name and parameters dengan cara klik Set Password
cara mudah mengunci folder laptop paling aman
Cara Mengunci Folder di Laptop Dengan WinRAR

6. Masukkan password dan verifikasi

7. Centang Encrypt File Names

Secara otomatis, kita sudah membuat password pada folder dengan WinRAR. Hapus folder lama dan sisahkan file yang telah dienkripsi dengan winRAR. Setiap membuka file tersebut kita harus memasukkan password yang telah dibuat sebelumnya.

Agar tidak ketahuan bahwa ada file atau folder yang terkunci, maka sembunyikan file winRAR tersebut dengan cara hidden file di Windows 10.

Cara ini lebih mudah dari pada mengunci folder dengan notepad. Dan hasilnya sama saja. Namun untuk masalah segi keamanan file dan data penting, cara mengunci folder dengan winRAR jauh lebih aman dan sulit untuk dibuka tanpa password.

Demikianlah cara cepat dan mudah mengunci folder di laptop tanpa software tambahan. Semoga bermanfaat!
  November 23, 2018
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close