Skip to main content

7 Cara Merawat Hp Android Agar Tidak Lemot

Sebenarnya cara merawat hp android agar tidak lemot dimulai dari saat pertama kali dibeli. Hp android seperti Samsung memang bisa dipastikan tidak akan cepat mengalami penurunan kinerja dan lebih awet digunakan dari pada merk smartphone lainnya. Bukannya apa sih, tapi itu berdasarkan pengalaman saya aja. Untuk Oppo dan Xiaomi sebenarnya juga bagus, tergantung cara kita menggunakannya.
cara merawat hp android agar tidak lemot
Cara Merawat Hp Android Agar Tidak Lemot - pixabay

Yang perlu diketahui bahwa merawat hp android agar tidak lemot berbeda dengan menjaga hp agar tidak cepat rusak. Kita akan bahas tips tersebut dipertemuan lainnya. Untuk pengguna hp baru sebaiknya benar-benar memperhatikan masalah hp yang bikin kesal ini.

Dan yang perlu diketahui bahwa produk elektronik termasuk hp baru pasti akan mengalami penurunan kinerja dan akan semakin lemot. Masalahnya adalah, proses lambat atau cepatnya, tergantung pemakai itu sendiri. Karena itu, berikut saya berikan beberapa tips cara merawat hp android agar tidak lemot versi Soksimon.com.

1. Tidak perlu antivirus


Umumnya, smartphone android belum butuh antivirus layaknya laptop. Paling tidak gunakan aplikasi pembersih chache saja, seperti Clean Master. Atau pun pada Samsung semuanya sudah tertanam fitus pembersih RAM dan dan memori. Jika tetap mau yang lebih aman, bisa saja gunakan antiviru, tapi cukup 1 saja.

2. Nonaktifkan smartphone ketika dicharge


Menggunakan hp ketika dicharge pastinya akan membuat hp semakin lemot. Hal ini disebabkan karena smartphone akan lebih cepat mengalami peningkatan suhu ketika terhubung aliran listrik. Sebaiknya non-aktifkan hp ketika dicas untuk membuat proses pengisian semakin cepat.

Satu lagi, saat mengisi power baterai smartphone, jangan letakkan di dekat televisi, laptop atau pun di atas kulkas. Pasti akan panas dan berbahaya bagi keselamatan baterai.

Baca juga 19 Cara Menghemat Baterai Hp Android Yang Boros, Simpel dan Terbukti ampuh bro and sis. Praktekkan coba!

3. Kurangi multitasking


Lemotnya hp sebenarnya karena kurang mampunya RAM memproses perintah yang diberikan oleh user. Hal inilah yang umumnya membuat hp kadang nge-lag (Hang). Because that, multitasking sebaiknya dikurangi dan sebisa mungkin tutup aplikasi yang sudah tidak dipakai, jangan biarkan berjalan di latar belakang karena akan memakan daya RAM.

4. Jangan biarkan memori penuh


Banyaknya file pada memori hp, baik internal maupun eksternal membuat kinerja hp semakin lemot. Cara mengatasinya sebisa mungkin untuk memberi ruang kosong pada penyimpanan perangkat, terutama pada memori internal. Karena itu, file-file berkas sebaiknya dipindahkan ke SD Card untuk membuat kinerja hp semakin kencang.


5. Update OS


Pembaharuan perangkat lunak akan membuat keamanan dan kinerja hp lebih meningkat. Karena itu, sebaiknya ketika ada pemberitahuan untuk upgrade OS, jangan tunda-tunda. Segera cari wifi dan update langsung. Wifi untuk hemat kuota ya.

6. Gunakan software terbaru


Pernah buka aplikasi android dan tidak bisa kecuali di-upgrade? Memang baik tujuan dari pihak pengembang aplikasi. Meskipun menyebalkan, sebaiknya memang software pihak ketiga yang terinstall di hp merupakan versi terbaru.

7. Berhenti ketika hp panas


Baterai Samsung J2 Prime saya dan beberapa hp Android teman saya sudah mulai mengalami baterai kembung. Untunglah bukan baterai tanam sehingga dapat diganti dengan membeli baterai yang ORI. Salah satu penyebabnya adalah menggunakan hp non-stop bahkan ketika hp berada pada suhu yang sangat panas. Sebab itu, berhenti menggunakan hp ketika panas berlebih. Selain kinerjanya lemot bisa berakibat buruk pada perangkat dan baterai yang cepat kalah.

Hp juga punya otak, ketika panas biasanya akan restart sendiri. Pada hp merk Lenovo punya adik saya, ada peringatan jika hp terlalu panas seperti hp akan mati otomatis dalam waktu 1 menit. Keren...

Mau punya hp android yang lemot? Tidak mau kan? Karena itu, sebaiknya tips-tips sederhana seperti ini harus mulai dipraktekkan pada hp ketika baru dibeli. Pasti lebih awet dan tahan lama tuh ponsel pintarnya. Untuk yang terakhir, sebaiknya beli hp android yang memiliki RAM besar jika kebutuhannya untuk gaming dan sering dipakai multitasking. But untuk sosial media, cukup gunakan RAM 2 GB.

Demikianlah artikel tentang cara merawat hp android agar tidak lemot. Jangan biarkan bro and sis, pahami smartphone Anda dan jaga performanya.
  November 17, 2018
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close