Skip to main content

Cara Menyembunyikan File Dengan CMD, 100% WORK

Setiap orang pasti memiliki rahasia yang perlu disembunyikan. Dan kadang rahasia tersebut dapat berupa file gambar atau dokumen yang disimpan di komputer. Zaman dulu, kita masih menggunakan cara lama, yaitu membuat folder sebanyak-banyaknya agar orang malas membuka folder di laptop kita karena pusing. Namun tidak dengan zaman now, ada cara yang lebih efisien dan terbilang efektif untuk menyembunyikan file rahasia di laptop.
cara menyembunyikan file dengan CMD mudah tanpa software
Cara menyembunyikan file dengan CMD - pixabay

Untuk menutupi cara menyembunyikan file tanpa aplikasi sebelumnya yang masih dapat dilihat di ketika mencentang Show All Hidden Files and Folders, hari ini saya akan berbagi cara yang bisa dikatakan lebih aman dari pada cara sebelumnya. Masih tanpa software. Kita hanya akan memanfaatkan CMD (Command Prompt).

Cara Menyembunyikan File dengan CMD


Cara kerja CMD dalam menyembunyikan file adalah dengan cara mengubah folder atau file yang disembunyikan menjadi folder system sehingga secara otomatis, file system tersebut akan tersembunyi dan tidak bisa diakses. Itu adalah pengaturan default dari Windows OS sendiri sebagai sistem operasi berlisensi. Dan juga untuk kenyamaan user sendiri.

1. Buat folder baru


Buat folder baru dengan nama Soksimon di drive D. Masukkan file yang akan disembunyikan di dalam folder tersebut. Sebenarnya kita bisa menyembunyikan file aja, tapi kebanyakan file rahasia disimpan di dalam folder biar mudah diakses oleh yang punya rahasia.

2. Buka CMD


Caranya:

- Tekan tombol Windows + R
- Pada kotak Run tulis CMD dan tekan Enter
- Ketik attrib +s +h  D:\Soksimon
cara mudah menyembunyikan file dengan CMD tanpa Software
Cara menyembunyikan file dengan CMD
Folder akan otomatis tersembunyi dan hilang dari pandangan. Jika tidak hilang, silahkan tekan F5 untuk refresh.

Lihat juga Pengertian Sistem Operasi

3. Menampilkan file tersembunyi di CMD


- Buka CMD
- ketik attrib -s -h  D:\Soksimon

Maka secara otomatis, folder Soksimon yang tersembunyi sebelumnya akan muncul kembali.

Tips jika lupa nama folder yang disembunyikan, bisa melakukan cara berikut ini

1. Ketik D: di CMD kemudian Enter
2. Untuk memunculkan direktori di Drive D ketik perintah dir\

Secara otomatis semua folder di drive D akan terlihat. Silahkan ingat folder yang bro and sis sembunyikan dan munculkan kembali.

Masih ada satu lagi yang unik dengan cara menyembunyikan folder di dalam gambar menggunakan CMD. Tapi belum di bahas ya. Itu aja sudah cukup untuk mengamankan file-file penting di komputer.


Demikianlah tutorial cara menyembunyikan file dan folder di dengan CMD. Silahkan amankan file rahasianya. Semoga bermanfaat!

  November 24, 2018

Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close