Skip to main content

Cara Menghemat Listrik dan Tips Agar Pembayaran Semakin Murah

Mengapa kita harus mengetahui cara menghemat listrik? Dengar-dengar, energi listrik yang kita gunakan saat ini bisa habis lho. Tapi saya yakin Anda mengunjungi blog Soksimon.com bukan karena khawatir energi listrik akan habis. Namun ingin mendapatkan tips menggunakan listrik agar pembayaran semakin murah biar dompet tetap tebal.
cara menghemat listrik agar tagihan tidak membengkak dan pembayaran semakin murah
Cara menghemat listrik dan tips agar pembayaran murah - pixabay

Akhir-akhir ini banyak yang mengeluhkan tagihan listrik yang membengkak, terutama pada meteran 900 watt. Karena itu, saya akan memberikan beberapa tips dan trik cara menghemat listrik yang benar dan pastinya dapat dilakukan dengan asyik.

Cara Menghemat Listrik


Bagaimana cara menghemat listrik agar tagihan murah dan tidak membengkak? Berikut langkah-langkah awal yang dapat diterapkan oleh semua pengguna listrik di muka bumi ini.

1. Ketahui alat elektronik yang digunakan


Hitung alat elektronik yang Anda dan keluarga gunakan di rumah. Apa saja alat-alat tersebut? Berapa bola lampu, kulkas, mesin cuci, setrika, pemanas nasi, air, TV, hp, komputer/laptop, dan lain sebagainya. Dengan mengetahui pelaratan elektronik yang digunakan, kita dapat lebih bijak menghemat listrik agar tagihan bulanan makin murah.

2. Gunakan pulsa elektrik (Prabayar)


Percaya atau tidak, menggunakan pulsa listrik membuat sebagian besar orang lebih berhati-hati dalam menggunakan daya listrik. Karena memiliki kuota pulsa yang terbatas dan tetap, kita menjadi lebih hemat dan bijak menggunakan peralatan elektronik. Pulsa listrik tidak menghemat pemakaian daya suatu barang elektronik tapi membuat kita tidak boros memakai listrik. Tapi ini tidak selamanya benar karena boros dan tidaknya pemakaian listrik tergantung pada pemakainya.

3. Beralih ke lampu LED


Sebagian besar biaya listrik mahal disebabkan oleh lampu. Ya, sekarang saatnya untuk beralih ke lampu LED. Lampu LED dipercaya mampu menghemat energi dan juga tidak panas tapi untuk masalah terang, tidak diragukan lagi.

4. Memakai peralatan listrik rendah watt


Coba deh perhatikan, alat elektronik yang rendah watt kebanyakan lebih mahal dari pada yang watt-nya tinggi. Intinya begini, lebih baik menggunakan alat listrik yang rendah watt dari pada menggunakan peralatan murah tapi watt-nya tinggi. Semakin tinggi watt suatu alat maka akan semakin besar pula komsumsi daya yang dibutuhkan. Contohnya, lampu LED wattnya lebih rendah tapi terbukti hemat daya dan tidak banyak menyerap energi.

Tips Menghemat Listrik Agar Pembayaran Murah


Setelah mengetahui cara menghemat listrik, tiba saatnya kita masuk bagian tips menghemat listrik agar tagihan bulanan tidak terlalu besar.

1. Gunakan listrik dengan bijak


Masih banyak tagihan rumah lainnya. Listrik hanya salah satunya. Ketika kita mampu menghemat listrik maka tagihan bulanan bisa lebih terkendali. Satu-satunya cara adalah dengan tidak boros :). just kidding! Intinya gunakan listrik dengan bijak seperti beberapa tips nyata di bawah ini.

2. Lepas charger dari saklar


Apa sih fungsi dari saklar? Saklar adalah alat penghubung listrik sekaligus pemutus aliran listrik. On off gitulah. Memang benar sebagian besar alat elektronik seperti hp dan laptop tidak bermasalah ketika di-charger 100%. Namun masalahnya ada pada komsusmsi listrik. Charger yang tetap terhubung dengan aliran listrik sekalipun peralatan yang dicas sudah penuh tetap menguras daya dan energi.

3. Matikan lampu


Seperti yang saya katakan di atas bahwa lampu adalah alat penerang yang paling sering kita gunakan di rumah. Semakin banyak maka semakin besar pula kuota listrik yang disediakan khusus untuk lampu. Tips menggunakan lampu agar tetap hemat adalah dengan mematikannya saat tidak digunakan.

Nyalakan lampu ketika malam dan menjelang pagi harus dimatikan. Gunakan lampu juga sebaiknya di tempat-tempat yang memang dibutuhkan. Kita bisa mematikan lampu saat tidur dan di dapur dan juga tidak menyalakan lampu di ruang tamu yang kosong. 

Tips terbaik dari saya adalah dengan mengurangi pemakaian bola lampu dan menggunakan lampu LED hemat daya. Ya harganya memang sedikit lebih mahal tapi watt-nya sangat rendah. Kelebihannya tidak kalah terang dengan lampu non-LED.

4. Bijak menggunakan TV kabel


Banyak yang menyalahartikan penggunaan TV kabel atau berbayar. Karena sudah ditetapkan misalnya Rp25.000,- per bulan maka kita boleh seenaknya menyalakan TV. Katanya biar penyedia layanan TV berbayar tidak untung. Padahal kitalah yang rugi. TV menyala sepanjang hari membuat kita semakin malas dan meteran akan berputar lebih cepat. Ending-nya, tagihan listrik bulanan akan semakin besar.

5. Menggunakan kulkas dengan bijak


Pernah dengan cara menghemat listrik kulkas dengan tidak membuka pintu kulkas berlama-lama? Saya sering mendengar dan masih belum tahu, apakah ini mitos atau fakta. Tapi menurut saya sendiri ini cukup meyakinkan mengingat kulkas yang terbuka akan membuat suhu udara di dalamnya terpengaruh dengan suhu udara di luar dan akhirnya membuat kulkas harus bekerja keras untuk kembali mendapatkan suhu yang normal.

Saya juga sering mendengar bahwa memasukkan sayur-sayuran tertentu ke dalam kulkas dapat membuat pemakaian listrik semakin tinggi. Entahlah, tapi saya akan cari info lebih lanjut tentang ini. Intinya bijak menggunakan kulkas. misalnya ketika pergi ke luar kota dan tidak ada makanan yang akan basi maka sebaiknya mencabut kulkas adalah pilihan yang tepat.

6. Menghemat pemakaian mesin cuci


Mencuci dengan mesin cuci memang sangat menyenangkan. Tidak perlu repot. Tapi salah satu tips dari saya jika ingin hemat listrik adalah dengan menggunakan mesin cuci sewajarnya. Saya lebih senang mencuci pakaian secara manual jika tidak terlalu banyak.

Menggunakan pengering saat musim kemarau juga sebaiknya dikurangi. Lebih baik menjemur pakaian di bawah tempat yang teduh dari pada menggunakan mesin pengering pakaian.

7. Tidak boros air


Betapa pentinya menghemat air. Bayangkan jika terjadi kekeringan di daerah Anda? Bisa parah tuh. Selain itu, komsumsi energi listrik di rumah yang paling tinggi masih dipegang oleh mesin air. Beberapa tips dari saya dalam menggunakan air dengan bijak adalah menggunakan bak penampungan air untuk mandi dengan gayung atau shower. 

Ketika mencuci piring atau pakaian pun sebaiknya kita menggunakan sedikit sabun atau detergen. Bukan pelit ya, tapi semakin banyak busa yang dihasilkan oleh detergen semakin banyak air yang digunakan untuk membilas. 

Keran atau pipa air yang bocor juga seharusnya segera diperbaiki. Jangan buang-buang air untuk hal yang tidak penting. Saat musim hujan pun sebaiknya mengurangi intensitas penyiraman tanaman. Karena itu, bijaklah agar pembayaran listrik murah diakhir bulan.

8. Hemat Setrika


Teringat di jaman SD dulu, kami menggunakan setrika arang. Apakah kita harus kembali ke zaman itu? Tidak perlu! Yang kita harus lakukan adalah mencari cara menghemat pemakaian daya setrika. Tips dari saya adalah dengan mengatur panas otomatis pada setrika dan mencabut setrika saat sudah panas. Ketika sudah panas dan pakaian tinggal sedikit maka kita sudah bisa mencabut setrika agar tidak menyerap daya listrik.

9. Tips Pengguna AC


Cuaca panas saat ini sudah benar-benar semakin terasa, mungkin karena musimnya ataupun karena efek pemanasan global. Dan AC (Air Conditioner) menjadi pilihan utama agar udara tetap segar. Tapi pengguna AC pasti sadar akan komsumsi energi listriknya yang tinggi.

Tips menghemat listrik untuk yang memakai AC, yaitu men-setting AC ke suhu yang tidak terlalu dingin atau pun mematikan AC saat ruangan sudah mulai dingin. Bagaimana dengan kipas angin? Sama saja, kita harus bijak menggunakannya. Dan menggunakan kedua alat ini secara berlebihan sebenarnya berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Seperti terlalu lama di dalam ruangan ber-AC dapat membuat kulit kering.

Kesimpulan


Mahal atau murahnya tagihan listrik rumah tangga dipengaruhi oleh beberapa faktor yang saling berkaitan. Karena itu dibutuhkan kerja sama antara semua anggota keluarga untuk menerapkan tips menghemat listrik agar tagihan murah.

Mulai saat ini, kita sebaiknya membeli alat-alat elektronik yang memiliki watt rendah sekalipun harganya lebih mahal. Karena sama saja, harga yang murah tapi kita harus membayar tagihan bulanan yang besar. Tapi sekali lagi, sebenarnya masalah utama dari hemat energi bukan pada barang elektronik yang digunakan tapi pada pemakai barang itu sendiri.

Demikianlah cara menghemat listrik dan tips-tips agar pembayaran murah. Dengan demikian, kita lebih berhemat dan bijak menggunakan listrik. Manfaatnya? Dananya yang kemarin habis untuk bayar listrik bisa dialokasikan ke tujuan yang lainnnya. Beli kue atau pergi liburan misalnya. Save Energy!

  November 06, 2018

Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close