19 Cara Menghemat Baterai Hp Agar Tidak Boros

19 Cara Menghemat Baterai Hp Agar Tidak Boros

Baterai hp android kamu boros? Ternyata ada penyebab lho yang menyebabkan hp kamu cepat sekali lowbat. Hari ini, kita akan membahas cara menghemat baterai hp yang ampuh dan terbukti 99%. 1 persennya tergantung kualitas baterai.
cara menghemat baterai hp samsung agar tidak boros yang terbukti 100%
Cara menghemat baterai hp - pixabay

Faktor utama penentu hemat tidaknya baterai hp itu tergantung pada pemakai ponsel. Benar sekali, sejak membeli hp baru, memang ada langkah-langkah khusus yang harus dipenuhi agar umur baterai semakin awet.

Agar tetap irit daya selama beberapa tahun penggunaan, kita harus mengenal beberapa sifat baterai dan penyebab utama yang membuat baterai boros.

Jenis Baterai Hp Android


Baterai hp saat ini terbagi atas 2, yaitu Li-ion dan Li-po. Perbedaannya yang paling utama adalah Li-ion merupakan baterai yang dapat dicabut sedangkan Li-po bersifat non-removeable atau tertanam. Bagus mana? Untuk masalah kualitas kita bisa melihat bahwa ketahanan baterai jenis Li-po lebih baik. Tapi jika diberikan pilihan, saya akan lebih memilih baterai yang dapat dilepas. Alasannya, saat baterai drop dan cepat lowbat bisa diganti dengan mudah.

Penyebab Baterai Cepat Boros


Ada beberapa penyebab baterai cepat boros, seperti tetap keras kepala menggunakan hp saat dicharger. Percaya atau tidak, menggunakan baterai saat dicas adalah salah satu penyebab umum masalah baterai kembung dan cepat drop. Bahkan baterai hp Nokia saya beberapa bulan yang lalu sampai kembung karena sering digunakan saat suhu baterai sudah melebihi batas panas yang wajar.

Apakah ada perbedaan cepat borosnya suatu baterai hp dilihat dari merk? Awet mana hp Advan vs Xiaomi atau Samsung? Untuk menjawab hal ini saya tidak mampu. Tapi memang masalah brand itu penting.


Saat saya membeli hp baru, hal yang paling saya perhatikan selain budget adalah spesfikasi hp pada bagian merk dan kapasitas baterai. Namun tenang saja, apapun jenis hpnya, cara menghemat baterainya sama saja, bahkan sebagian tips ini juga dapat diterapkan pada baterai laptop.

Tips Menghemat Baterai Hp Android


Saya menggunakan hp Samsung J2 Prime. Karena itu, saya hanya membahas hal-hal yang telah saya lakukan dalam hal menghemat baterai hp yang memang telah terbukti. Setelah pemakaian satu tahun lebih, baterai masih dalam keadaan awet dan tetap irit.

Apakah kita butuh aplikasi? Ponsel Android Samsung saya gunakan hanya memanfaatkan aplikasi batetry saver bawaan. Untuk aplikasi pihak ketiga, banyak pilihan yang bisa dipilih. Tapi saya sendiri cukup menggunakan hp android dengan bijak agar hemat daya.

Bagaimana cara menghemat baterai hp?

1. Nonaktifkan hp saat dicharger


Kita pasti sering mendengar bahwa tidak ada masalah yang signifikan ketika menggunakan hp saat dicharger. Saya sendiri setuju dengan hal tersebut, selama tidak terjadi panas atau peningkatan suhu tinggi pada hp maka seharusnya tidak masalah.

Namun saya sendiri membuktikan bahwa mencharger hp dalam keadaan mati akan membuat baterai semakin awet dan berumur panjang. Hal ini disebabkan suhu saat mengecas hp dalam keadaan non-aktif tidak akan sepanas saat sedang menggunakan hp yang dicas.

Ada yang menyarankan untuk mencharger hp dalam keadaan air plane mode. Katanya lebih cepat terisi. Saya setuju dengan pendapat tersebut tapi lebih bagus lagi jika dinonaktifkan saja.

2. Cabut charger ketika 98%


Pasti kita juga pernah mendengar ungkapan yang mengatakan bahwa men-charger hp yang sudah terisi penuh tidak berbahaya bagi baterai. Hal ini karena kebanyakan charger sekarang dilengkapi dengan sistem yang akan memutus aliran listrik secara otomatis saat baterai penuh.

Namun saya lebih menyarankan mencabut charger ketika baterai sudah terisi di atas 90%, maksimal 98%. Why? Meskipun charger dapat memutus aliran listrik ke hp secara otomatis, tetap saja jika ini dilakukan secara terus menerus pasti tidak akan baik. Selain menghemat listrik kita juga dapat mengurangi beban tagihan bulanan listrik dengan akibat barang elektronik yang satu ini.

3. Cas sebelum 20%


Tips menghemat baterai android yang juga telah saya buktikan adalah dengan rutin melakukan pengecasan sebelum muncul peringatan baterai low. Cas hp sebelum lowbat merupakan langkah awal agar baterai tetap awet dan dapat bertahan lama..

Nge-cas baterai saat hp sudah mati total akan membuat baterai bekerja lebih keras dalam melakukan pengisian. Karena itu, pastikan daya selalu tersedia dan cukup sebelum diisi kembali.

Pada saat membeli hp baru pun, baterai terkadang masih dalam keadaan kosong atau hampir lowbat. Bedanya, pengecasan untuk hp baru sebaiknya dilakukan beberapa jam sekalipun sampai baterai benar-benar full 100%,.

4. Pastikan baterai original


Saat membeli hp bekas pastikan baterai yang digunakan juga baterai original. Begitu pun saat mengganti baterai lama yang sudah ngedrop agar selalu memilih baterai original berkualitas.

Meskipun jauh lebih mahal, tapi kualitasnya tidak diragukan lagi. Dibandingkan membeli baterai baru yang asalan dan bukan ori, biasanya hanya bertahan 2 bulan. Setelah itu siap-siap deh lihat notifikasi baterai low setiap harinya. Bahkan tidak sedikit baterai original yang kembung, terlebih baterai yang non ori.

5. Menggunakan charger bawaan


Konsisten mengecas hp dengan charger bawaan adalah salah satu cara sederhana yang terbukti dapat membuat baterai lebih awet dan tidak cepat boros. Cukup isi baterai menggunakan charger bawaan yang original. Jangan menggonta-ganti charger hp. Cas original membuat pengisian baterai lebih stabil.

6. Aktifkan mode hemat daya


Di Samsung J2 Prime yang saya gunakan terdapat aplikasi bawaan hemat daya. Mengaktifkan mode ini akan menghemat pemakaian daya baterai sehingga tidak boros.

Sebenarnya semua aplikasi bawaan dan pihak ketiga yang digunakan untuk menghemat baterai hp mengusung satu konsep, yaitu mengurangi dan membatasi kinerja sistem ponsel yang digunakan agar baterai tidak boros.

7. Atur kecerahan layar


Semakin terang tampilan layar hp maka akan semakin besar pula daya yang dikomsumsi. Saya sendiri lebih memilih menggunakan mode paling low saat sedang menggunakan hp, terutama saat hari sudah gelap. Asal jangan menyiksa diri aja. Karena ingin mencoba tips menghemat daya baterai maka membuat kita kesulitan dalam membaca pesan yang ditampilkan.

Redupkanlah layar ponsel sesuai dengan kebutuhan, jangan terlalu terang dan jangan terlalu gelap. Karena itu sangat penting memperhatikan tempat untuk menggunakan hp.

8. Gunakan tema monokrom


Tema hitam putih memang menjadi pilihan yang cocok untuk menghemat baterai. Saya sendiri menyarankan untuk menggunakan tema sederhana karena lebih hemat daya. Jika ingin mempercantik tampilan hp, sah-sah saja. Namun saran saya gunakanlah tema yang simpel atau pun launcher yang ringan.

Jujur untuk masalah ini saya juga pernah mengalaminya. Setelah memberi hp baru saya menghabiskan waktu untuk mempercantik tampilan hp dengan memasang berbagai tema 3D dan launcher. Dan hasilnya baterai boros. Hanya beberapa jam saja harus dicas ulang karena sudah hampir baterai low.

Bukan berarti saya melarang menggunakan launcher atau pun tema 3D. Tapi saya merekomendasikan tema yang gelap. Kalau mau tema yang warna-warni dan cantik tidak masalah, kita bisa mengikuti cara menghemat baterai yang lain. Karena semua tips ini berhubungan.

9. Pemeliharaan perangkat


Pada hp android Samsung sebenarnya sudah ada aplikasi bawaan untuk memelihara perangkat. Pada Samsung J2 Prime, cukup masuk ke pengaturan dan pilih pemeliharaan perangkat.

Menghapus chache pada RAM dapat mengoptimalkan kinerja hp. Dan memindai keamanan perangkat memberikan dampak yang luar biasa karena akan mendeteksi setiap aplikasi yang bermasalah, termasuk adanya virus dan malware.

Jika ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga, bisa memilih beberapa aplikasi. Saya sendiri menggunakan aplikasi share-it yang sudah included dengan aplikasi pemeliharaan perangkat.

10. Uninstall aplikasi yang tidak digunakan


Terlalu banyak menginstall aplikasi membuat kapasistas penyimpanan internal hp menjadi penuh. Hal ini jugalah yang menyebabkan hp menjadi lemot dan membuat baterai cepat terkuras. 

Fitur multitasking pada hp android juga menjadi salah satu penyebab baterai boros karena menyebabkan banyaknya aplikasi yang berjalan di background. Baik itu aplikasi system maupun aplikasi yang didownload.

Gunakan aplikasi yang dibutuhkan dan hapus aplikasi yang tidak digunakan. Saya sendiri terkadang menon-aktifkan beberapa aplikasi bawaan yang memang tidak dibutuhkan.

11. Hapus chache browser


Setiap kita pasti menggunakan hp untuk mencari informasi. Salah satu hal yang jarang diperhatikan adalah chache web browser. Padahal chache ini juga yang membuat aplikasi kadang berjalan sangat lambat. Alhasil, baterai menjadi boros. Paling tidak hapuslah riwayat perncarian di aplikasi seperti chorme dan lain-lain yang sering digunakan untuk searching Google.

12. Kurangi bermain game


Berdasarkan pengalaman pribadi, game adalah penyebab utama yang membuat boros baterai hp. Setelah itu, chatting dan kemudian searching (mencari informasi, baca-baca). 

Dengan alasan itulah, game harus dikurangi. Eitss... Tapi para gamers pasti tidak setuju dengan ini. Ya, dan hasilnya gamers banyak yang hpnya sering lowbat. Hal ini dapat diatasi oleh gamers yang ingin tetap puas bermain gaming dengan cara membeli ponsel yang memang memiliki kapasitas daya baterai yang besar.

13. Matikan hp saat panas


Karena saya bukan gamers, panas berlebih pada hp saya terjadi saat digunakan teathering hotspot. Namun karena kebutuhan panas ini pun terkadang diabaikan. Itulah yang membuat baterai hp saya memiliki penurunan kualitas. Tapi, masih belum terasa sih, karena saya jarang memaksa hp untuk bekerja keras ketika sudah mulai panas.

Saat hp panas, terutama saat siang hari maka sebaiknya langsung matikan hp atau letakkan di lantai yang dingin. Jangan sampai terinjak oleh adik kecil :) Buka casing dan tutup baterai. Hal ini dapat membuat suhu hp dan baterai kembali normal. Jika terus dibiarkan dalam keadaan panas, maka baterai akan kembung. Siap-siap lagi deh beli baterai baru.

14. Batasi penggunaan aplikasi latar belakang


Berikan izin pada aplikasi yang benar-benar digunakan untuk berjalan di latar belakang. Seperti yang saya katakan di atas bahwa baterai android akan cepat boros karena banyaknya aplikasi yang berjalan dalam waktu yang sama sekalipun tidak digunakan.

15. Matikan data seluler


Data seluler seharusnya dimatikan saat tidak digunakan. Selain boros kuota juga membuat baterai cepat boros. Mengapa? Karena lalulintas data terus terhubung dan nofikasi-notifikasi dari berbagai aplikasi pasti akan bermunculan ketika data seluler diaktifkan.


Saat mengaktifkan hotspot seluler pun sebaiknya hp jangan digunakan untuk browsing lagi karena akn menambah beban kerja hp dan membuatnya cepat boros.

16. Hentikan notifikasi aplikasi


Setiap bangun pagi dan mengaktifkan data seluler maka pemberitahuan pertama berasal dari aplikasi web browser seperti chorme dan opera mini. Karena itu, hentikan notifikasi aplikasi yang tidak berguna. Kecuali whatsapp dan messenger karena kebanyakan notifikasinya penting. Tapi saya tetap memblokir pemberitahuan dari grup chatting karena aktivitas anggotanya yang ribut membuat banyak notifikasi sehingga daya baterai cepat terkuras.

Caranya bisa masuk ke pengaturan dan pilih pemberitahuan. Blokir semua notifikasi aplikasi yang tidak diperlukan.

17. Stop fungsi sycn


Fungsi sinkronisasi sebenarnya sangat baik. Stop sycn yang saya maksud bukan berarti semuanya. Cukup sycncronisation akun yang memang bermanfaat bagi keselamatan hp dan tujuan bisnis. Misalnya email Samsung Account yang dapat digunakan untuk menemukan hp yang hilang dan untuk tujuan bisnis mendapatkan pemberitahuan pesan masuk di email utama.

18. Kurangi widget


Pernah pakai tema yang berjalan? Pasti enak kan dipandang? Tema seperti ini memang keren tapi jika ingin membuat hp android semakin hemat maka sebaiknya dilepas saja. Atau pun jika tetap tidak ingin, sebaiknya hapus widget yang tidak digunakan pada homescreen. Widget yang penting menurut saya pribadi itu seperti messenger, kamera, whatsapp dan telepon, termasuk jam dan tanggal.

Sebaiknya non-aktifkan juga fungsi screensaver pada pengaturan hp android. Dan sebaiknya menggunakan wallpaper default yang kurang cerah ataupun foto pribadi yang tidak memiliki banyak warna.

19. Waktu tunggu tampilan layar


Jangan biarkan layar ponsel terus memancarkan sinar ketikan sudah ditinggal. Waktu tunggu tampilan layar sebaiknya singkat. Saya sendiri mengaturnya hanya sekitar 30 detik ketika layar tidak disentuh maka akan otomatis terkunci dalam waktu tersebut.

Update!

Masih ada tambahan nih. Cara menghemat baterai hp agar tidak boros yang juga sudah berhasil adalah dengan menonaktifkan mode getar atau vibrate. Sebaiknya silent semua pemberitahuan hp. Dan juga lebih baik menggunakan notifikasi dering suara dari pada getar karena akan membuat baterai lebih cepat lowbat.

Kesimpulan


Semua tips dan cara menghemat baterai hp android di atas memang akan sangat baik diterapkan sejak hp baru pertama kali digunakan. Ketika baterai sudah boros sebaiknya ganti dengan original. Dan satu lagi, ketika pergi liburan atau mudik selalu siapkan baterai cadangan atau pun power bank untuk berjaga-jaga ketika baterai lowbat.

Saya pikir artikel ini sudah cukup lengkap, tapi pasti masih ada kekurangan. Karena itu, yang punya cara menghemat baterai hp agar tidak boros, bisa berbagi di kolom komentar di bawah ini.
Advertisement

Baca juga:

Tingglakan Komentar
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!