Cara Mencuci Wajah Yang Benar, Jangan Sampai Salah!

Cara Mencuci Wajah Yang Benar, Jangan Sampai Salah!

Mencuci wajah setiap hari adalah hal yang wajib. tapi tidak setiap saat. Berapa kali mencuci wajah dalam sehari yang benar? Kita akan membahas semua ini secara lengkap dan mendalam. Mungkin kamu akan membutuhkan beberapa menit untuk membacanya tapi percayalah hasilnya tidak akan mengecewakan.
gambar cara mencuci wajah yang benar dan salah
Cara mencuci wajah yang benar dan salah - pixabay

Ternyata sebagian besar wanita dan pria masih melakukan hal yang salah berkaitan dengan cara mencuci wajah. Kesalahan dalam mencuci muka tersebut dapat berakibat fatal dan berbahaya bagi kesehatan dan kelembaban kulit.

Kesalahan Mencuci Wajah


Berikut beberapa hal yang sering kita lakukan saat mencuci wajah yang sebenarnya adalah sebuah kesalahan.

1. Terlalu sering


Berapa kali mencuci wajah yang benar dalam sehari? Saya yakin kita semua pernah mendengar tips tentang ini. Banyak yang merekomendasikan 2 kali saja sudah cukup. Dan itu memang sangat tepat, terutama untuk wajah yang berminyak dan berjerawat.


Tujuan utama membersihkan wajah apa sih? Tentunya saja supaya kulit wajah terbebas dari kotoran. Tapi memang tingkat intensitasnya tidak perlu tinggi. Dua kali sehari sudah cukup, yaitu saat bangun tidur dan saat sebelum tidur.

Cara mencuci wajah saat baru bangun tidur di pagi hari dapat dilakukan saat mandi. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan bakteri yang menempel pada bantal saat tidur. Bakteri? Iya lah, air liur dan banyak lagi bakteri pada bantal. Karena itu sangat dianjurkan untuk sering mengganti sarung dan menjemur bantal di bawah sinar matahari.

Dan cara membersihkan wajah yang benar sebelum tidur dapat dilakukan saat semua aktivitas di malam hari sudah selesai. Saya sendiri mencuci wajah saat semua tugas selesai. Hal ini sangat penting mengingat kita telah bekativitas selama sehari dan bisa dipastikan semua kotoran, debuh, dan polusi melekat pada pori-pori wajah. Meskipun sudah mandi di sore hari bukan berarti kita bebas dari polusi. Mungkin saja kita keluar ke jalan raya pada malam hari, iya kan? Karena itu, mencuci wajah sebelum tidur adalah hal yang benar-benar penting. Jangan lupakan!

2. Menggunakan air hangat atau dingin?


Definisinya seperti ini, air hangat akan membuat pori-pori wajah terbuka dan air dingin akan membuat pori-pori wajah tertutup. Bagus mana?

Sebenarnya dari pengertian tersebut kita sudah bisa melihat bahwa air hangat cocok untuk membersihkan wajah yang kotor karena dapat membersihkan debuh yang menembus lapisan pori saat sedang beraktivitas. Tapi o ternyata, lagi-lagi saya tidak menganjurkan hal ini.

Mencuci wajah dengan air hangat tidak baik, terutama untuk kulit berjerawat. Bisa saja tapi jangan lakukan ini setiap hari. Air hangat dapat membuat wajah kusam dan efek panjangnya bisa membuat pori-pori wajah membesar. Bayangkan jika setiap hari membersihkan wajah dengan air hangat kemudian diikuti air dingin? Apa yang akan terjadi terhadap pori-pori?

Karena itu, saya lebih menganjurkan menggunakan air dingin atau biasa untuk mencuci wajah. Itu lebih baik dan direkomendasikan dari pada menggunakan air hangat.

3. Membersihkan wajah langsung sepulang kerja


Banyak orang yang langsung terburu-buru mencuci wajahnya saat sepulang dari kantor dan tempat kerja. Padahal itu sangat berakibat buruk pada wajah, terutama saat siang hari.

Di atas saya sudah menganjurkan untuk mencuci wajah 2 kali sehari sudah cukup. Jika terlalu sering maka dapat mengakibatkan wajah kusam. Dan jika kulit berminyak maka bisa menyebabkan jerawat dan berbagai masalah kulit lainnya.

Apakah kamu pernah mencuci muka dalam keadaan panas? Itu juga tidak baik. Dan banyak yang melakukan kesalahan tersebut. They are think, washing face everytime good. Padahal tidak.

Cara mencuci wajah yang benar


Bagaimana mencuci wajah yang baik dan tepat? 

Berikut beberapa cara membersihkan wajah yang benar sesuai dengan tujuannya yang dapat kamu praktikkan setiap harinya agar mendapatkan hasil yang benar-benar baik.

1. Tips untuk kulit berminyak


Kulit berminyak lebih rentan terkena masalah kulit. Dan jika cara mencucinya salah maka bisa lebih berbahaya lagi. Perlu perawatan khusus dan tips yang benar untuk membersihkan kulit berminyak.

Menurut guru Biologi saya di SMA, wajah berminyak sebenarnya sangat baik karena dapat membuat seseorang lebih awet muda dan tidak mudah keriput. 

Karena itu, jangan pernah berpikir untuk menghilangkan secara total minyak pada wajah jika ingin awet muda. Tapi memang segala sesuatu yang berlebih tidak baik bukan?

Karena itu, cukup membersihkan wajah berminyak sebanyak 2 kali sehari dan jangan pada siang hari.

Kita bisa saja menggunakan produk kecantikan pembersih minyak pada wajah. Tapi menurut beberapa pengalaman saya, produk-produk tersebut tidak semua cocok untuk kulit. Bedalah untuk setiap orang. Bisa saja produk A cocok untuk teman kamu dan kamu tidak.

Dan usut punya usut (tidak semua), beberapa produk kecantikan ketika digunakan biasanya akan memperparah masalah wajah selama 3 hari pemakaian. Namun setelah itu, hasilnya akan lebiih baik. Namun setelah tidak digunakan biasanya wajah akan lebih buruk lagi. Karena itu, bijak memilih produk kecantikan dan pakailah yang sudah terbukti dan mendapat izin edar dari pemerintah.

Sebelum menggunakan produk, kamu bisa melakukan pengujian dibeberapa bagian wajah terlebih dahulu untuk mengetahui apakah produk tersebut cocok untuk wajah kita atau tidak. Jangan salahkan produknya, bisa saja muka kitalah yang tidak cocok dengan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya.

2. Tips untuk menghilangkan jerawat


Beda lagi nih. Umumnya wajah berjerawat disebabkan oleh minyak yang berlebih. Cara mencuci muka yang benar untuk menghilangkan jerawat bisa mencoba beberapa produk kecantikan.

Saya sendiri pernah mencoba menggunakan produk skin care setelah mencuci wajah. Dan memang produk ini terbukti ampuh. Bisa cari skin care ungu atau orange di apotik untuk mencobanya. Tapi tetap cari petunjuk yang benar terutama dari dokter kecantikan. 


Mencuci wajah berjerawat, terlebih berminyak yang terlalu sering dapat mengakibatkan iritasi dan membuatnya berubah menjadi jerawat batu. Cuci muka 2 kali sehari sudah cukup dan sangat direkomendasikan pada pagi hari saat bangun dan malam hari sebelum tidur. Dan sebisa mungkin jangan pada saat siang hari saat cuaca panas.

Susu pembersih juga dipercaya dapat membersihkan wajah. Tapi saya belum memiliki referensi yang kuat tentang itu. Sebagai alternatif, kita bisa mencoba mencuci wajah dengan air beras. Sejak dahulu sampai hari ini, air cucian beras masih bermanfaat dalam membuat wajah lebih bersih dan cerah.

Kesimpulan

Mencuci wajah yang paling benar adalah sebanyak 2 kali setiap hari, tergantung aktivitas juga dan jenis kulit, apakah berminyak dan berjerawat. Sebisa mungkin untuk menghindari kesalahan-kesalahan mencuci wajah yang sebenarnya dapat mempercepat penuaan dini, seperti sering membasuh wajah dengan air hangat. Hal itu hanya akan memperbesar pori-pori wajah. Hasilnya? ya cepat tua.

Demikianlah artikel tentang cara mencuci wajah yang benar, baik untuk pria maupun untuk wanita. Semuanya ayo terapkan! Semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca sampai habis tips kecantikan ini.
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!