Skip to main content

Cara Menabung Pelajar Di Celengan Cepat Terkumpul

Cara Menabung Pelajar - Kalau boleh jujur, pasti kita semua ingin memiliki tabungan dan jaminan masa tua. Namun cara menabung itu lho yang sulit. Sejak kecil, saya dan ke 4 saudara saya biasanya mendapat celengan plastik untuk menabung di rumah.
tips cara menabung yang di celengan yang baik untuk pelajar
Tips menabung di celengan yang baik untuk pelajar - pixabay
Biasanya kita akan mendapat uang jajan Rp2.000 rupiah per hari dari orang tua dan sisanya untuk ditabung di dalam celengan. Namun kami juga masih gagal dalam menabung karena setiap hari kami biasanya menghabiskan uang tersebut tanpa disisakan.

Karena itulah, saya mau memberikan cara menabung di celengan yang baik untuk pelajar dan juga mahasiswa. Kata kunci yang harus dipegang teguh agar sukses dengan tips ini adalah komitmen.

Tips menabung yang pertama adalah mengenal masalah keuangan kita sendiri. Saya paham bahwa tidak semua mahasiswa dan pelajar mendapatkan uang yang lebih dari orang tuanya. Masalah ini menjadi besar ketika kita berpikir bahwa bagaimana mungkin, saya yang tidak berpenghasilan bisa menabung?

Cara Menabung Pelajar di Celengan Yang Unik dan Cepat Terkumpul


Kita yang masih pelajar pun bisa tetap menabung ketika kita tahu caranya. Yang penting itu tetap semangat dan optimis. Meskipun tanpa penghasilan, bukan berarti kita tidak mendapatkan uang, minimal kiriman setiap bulannya. Untuk anak kuliah terlebih yang ngekost pasti sering merasakan saat-saat menunggu kiriman bulanan.

1. Buat celengan unik


Celengan bisa dari plastik atau pun dari keramik, bambu dan lain-lain. Intinya, celengan tersebut jangan mudah dibuka. Salah satu penyebab saya gagal menabung waktu kecil adalah banyaknya godaan untuk jajan berlebih.

Celengan sekecil apapun tutupnya pasti akan dicungkil. Kebiasaan buruk ini wajib dijauhkan jika ingin menabung di rumah dengan baik. Salah satunya dengan menyegel rapat-rapat celengan dan keinginan untuk berbelanja yang tidak perlu. Pastikan celengan aman dan susah dibuka.

Agar tetap semangat melihat tabungan, cobalah buat tabungan sendiri yang unik. Saya pernah mendapat saran untuk membeli tabungan, tapi saya lebih memilih membuatnya sendiri agar uang untuk membeli tabungan langsung ditabung. wkwkwk!


2. Rutin setiap hari


Saya akan memberikan tips rutin menabung setiap harinya. Dimulai dari menjawab pertanyaan: Berapa uang jajan yang kita peroleh tiap harinya? Jika Rp2.000,- kita bisa menabung paling tidak Rp500,- per hari.

Jangan anggap remeh uang Rp2.000,-. Banyak dari kita yang menganggap bahwa uang tersebut sangat kecil. Tapi mari kita lihat dari sisi yang berbeda. Bagaimana jika uang tersebut disimpan dalam waktu 1 minggu? Totalnya mencapai Rp14.000,- Wow! Masakan kita tidak bisa menabung paling tidak Rp4.000 dari situ?

Jika memang sulit untuk menabung setiap harinya, paling tidak sisikan uang jajan setiap harinya agar dapat ditabung diakhir minggu, baik uang koin maupun uang kertas.

3. Jangan gunakan uang sisa


Maksudnya apa nih? Pasti kita pernah mendengar cara menabung dari beberapa orang yang dianggap cukup bijak dengan mengatakan bahwa sisakan uang jajan untuk menabung.

Ternyata kata sisa itu tidak baik digunakan dalam menabung. Percaya deh, menabung uang sisa tidak akan membuat celengan cepat penuh. Why? Karena ketika kita jajan "ini" biasanya akan ikut yang "itu" dan ending-nya sisanya tinggal kenangan.

Karena itu, akan lebih baik ketika kita menabung dari uang yang memang disisikan untuk itu, bukan dari uang sisa belanja dan jajan. Sisikan memberikan kesan wajib dan harus ditaati.

4. Belajar dari iuran bulanan


Dalam sebuah organisasi, tidak menutup kemungkinan anggota akan dikenakan iuran bulanan yang wajib dibayar dan tidak boleh telat. Kita dapat menarik pelajaran menabung dari sana.

Jadikan tabungan sebagai iuran wajib pribadi sehingga kita rutin menabung. Jika hari ini tidak bisa Rp1.000,- maka besok atau lusa kita harus melunasinya karena hal itu termasuk hutang yang harus dibayar.

5. Hindari boros


Memang kesalahan utama yang membuat setiap orang sulit untuk menabung adalah kebiasaannya yang terlalu boros. Bahkan tidak sedikit yang mencungkil tabungan hanya untuk memenuhi hasrat untuk membeli makanan yang diinginkan. Sekali-kali tidak apalah, tapi jika itu sudah setiap hari maka sebaiknya dihindari. Tanamkan di hati bahwa makanan yang tidak sesuai kebutuhan pada umumnya adalah makanan yang akan menyebabkan masalah kesehatan di kemudian hari.

Tips terbaik bagi pelajar agar tidak boros adalah dengan membeli berdasarkan kebutuhan dan bukan keinginan. Tapi jangan menyiksa diri untuk itu. Jika ingin makan lebih maka bekerjalah 2 kali lebih banyak! Satu-satunya cara menabung agar cepat terkumpul adalah tidak boros. Dan itu susah! Kecuali dengan komitmen yang tegas terhadap diri sendiri.

6. Menabung berdasarkan tanggal


Sebenarnya tips menabung berdasarkan tanggal ini cocok bagi mereka yang telah berpenghasilan tetap. Pada umumnya, para pekerja akan mendapatkan gaji di bulan baru. Nah, agar dapat menabung rutin setiap harinya selama sebulan ke depan, maka di hari minggu pertama gajian, kita harus memberi makan celengan plastik yang telah kita buat dengan porsi yang besar.

Contohnya, hari pertama gajian kita bisa memasukkan Rp20.000 dan di minggu berikutnya, karena gaji sudah mulai menipis maka celengan cukup diisi lagi sebesar Rp10.000. Jadi, tabunglah lebih besar saat mendapatkan uang lebih.

But, banyak orang yang sudah kewalahan karena tidak bisa mengatur masalah keungannya.

Susah Nabung? Ketahui 7 Penyebab Gagal Menabung agar bisa dihindari

7. Jangan berhutang


Hargai setiap kantin atau toko kelontong yang menulis besar-besar pesan bagi pembeli "DILARANG BON!" Bahkan salah satu toko di Morowali, Sulawesi Tengah yang pernah saya jumpai menulis pesan yang unik untuk pembeli: 

"Hiroshima hancur karena bom atom, toko hancur karena bom."

Unik dan lucu. Mungkin ada yang tersinggung tapi hal ini memberikan pelajaran bermakna bagi kita untuk tidak berhutang untuk hal-hal yang tidak perlu. Jangan sampai gaji satu bulan hanya lewat direkening, bahkan tidak masuk ke dompet gara-gara bon yang sudah menanti.

8. Bayar tagihan tetap


Bagi pelajar dan mahasiswa, tagihan tetap pasti ada dan mau tidak mau, kita harus membayar itu. Agar tidak menjadi beban, bayarlah iuran wajib tanpa menunda. Biasanya banyak yang mengeluhkan besarnya iuran padahal yang salah adalah kebiasaan menunda iuran. Iuran sebesar Rp5.000,- per minggu lebih mudah dibayar dari pada membayar iuran Rp20.000,- per bulan.

9. Buat tujuan agar semangat


Kegagalan dalam menyimpan uang di dalam celengan diakibatkan karena tujuan menabung yang gak jelas.  Agar terus dan rutin menabung maka tetapkan tujuan. Kapan akan dibuka dan untuk apa hasil tabungan tersebut digunakan. Tentunya ini akan membuat Anda semakin termotivasi dalam menabung yang lebih banyak. Carilah cara yang bikin semangat agar tujuan tersebut terealisasi.

Banyak yang sukses menabung karena memiliki tujuan yang jelas. Dan ketika berhasil dan sudah siap untuk dibuka, celengannya tidak jadi digunakan karena katanya sayang, uang tabungan selama berbulan-bulan masakan habis dalam sehari.

Menabung adalah salah satu cara investasi awal yang dapat dilakukan di rumah dan hasilnya luar biasa. Bayangkan saja, uang Rp1.000 rupiah setiap harinya dalam 1 bulan akan mencapai Rp30.000,-. Kalikan 12 bulan. Upin Ipin says, kayalah kita! Selalu ingat bahwa uang kecil itu berharga, sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit.

Itulah beberapa cara menabung pelajar di celengan yang unik dan cepat terkumpul. Jika kita teliti membacanya, maka tips menabung ini sebenarnya dapat diterapkan oleh semua orang, baik mahasiswa, anak kecil, maupun karyawan yang memiliki penghasilan tetap. Mulailah dari sekarang!
  November 10, 2018
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close