Skip to main content

9 Cara Mempercepat Kinerja Android Agar Tidak Lemot

Cara mempercepat kinerja hp android memang terbilang susah-susah gampang. Yang perlu diketahui bahwa sebenarnya semua ponsel android, baik Samsung, Asus, Vivo, Advan, Oppo, dan berbagai merk smartphone android lainnya dibuat dan didesain sesuai dengan standar yang memang memiliki kecepatan yang cukup.
cara mempercepat kinerja android agar hp tidak lemot
Cara mempercepat kinerja android - pixabay


Namun terkadang, para pengguna ponsel tidak mengetahui kemampuan hp android yang dimilikinya dan tetap memaksa menggunakan hp secara maksimal yang melampaui kinerja hp yang sudah ditetapkan.

Beberapa orang melakukan root untuk itu. Memang root hp android memberikan banyak sekali kebebasan pengguna. Misalnya dapat menginstal berbagai aplikasi yang memang tidak dapat digunakan oleh hp android tanpa root, seperti clean master, root explorer dan lain-lain yang memang sangat berguna untuk mengefisienkan kinerja hp android.

Tapi masalahnya adalah banyak pengguna ponsel yang hanya melakukan root tanpa tahu sebab akibatnya. Setelah melakukan root mereka pikir bebas menginstall aplikasi apapun tanpa kendala yang pada akhirnya membuat hp lemot.

Ada yang bertanya, hp saya tanpa root kok masih lemot? Itu dia, karena kita terlalu memaksa hp bekerja melampaui batas kinerja yang ditetapkan pabrik.

Cara Mengoptimalkan Kinerja Android


Bagaimana cara meningkatkan kinerja android agar lebih ringan dan cepat? Tanpa root? Berhubung saya sudah tidak tertarik dengan meng-root hp, maka tips mengoptimalkan kecepatan hp android ini benar-benar bersih dan aman.

1. Uninstall aplikasi


Terlalu banyak menginstall aplikasi akan membuat penyimpanan perangkat menjadi penuh. Ketika kapasitas penyimpanan perangkat sudah hampir penuh maka bisa dipastikan hp akan lemot. 

Cara mengatasinya hanya satu, yaitu uninstall aplikasi yang tidak digunakan. Misalnya aplikasi game berat dan lain-lain, termasuk aplikasi sosial media yang tidak terlalu sering digunakan dan dapat diakses melalui website.

Baca juga 7 Cara Ampuh Menghemat Kuota Internet Di Android

2. Non-aktifkan aplikasi


Harus diakui bahwa aplikasi pabrikan tidak akan bisa dihapus. Satu-satunya cara untuk menghapus aplikasi bawaan ponsel android dengan cara root. Tapi tenang saja, aplikasi bawaan seperti Youtuber, Drive, Hangouts, Foto, dan lain-lain bisa dinonaktifkan. Yups! Non-aktifkan aja aplikasi yang tidak dibutuhkan sekalipun merupakan aplikasi bawaan.

3. Jangan install aplikasi berat


Mau main game berat di hp RAM 1 gb? Pikir-pikir lagi deh. Banyak hp android menjadi lemot karena terlalu banyak menginstall aplikasi dan game yang tidak diperuntkkan untuk hp tersebut karena tidak memenuhi standar.

Contoh kasus, teman saya menginstall launcher dan berbagai game berat sehingga membuat kinerja hpnya sangat lemot. Saya sudah peringatkan untuk membuang semua aplikasi yang tidak diperlukan tapi katanya kinerja hp yang berat membuatnya berlatih bersabar. Ya sudahlah! :)

4. Jaga suhu agar tidak panas


Penyebab kinerja android menjadi lemot biasanya disertai dengan suhu panas berlebih. Penyebab panas hp itu sendiri disebabkan oleh aplikasi-aplikasi berat yang dijalankan secara bersamaan yang RAM bekerja keras. Biasanya ketika tidak mampu memenuhi perintah dari pengguna ponsel maka hp akan restart sendiri.

5. Optimalkan setting


Bagaimana agar hp android tidak lemot? Sebenernya hp android seperti Samsung sudah dibekali dengan fitur pemeliharaan perangkat. Seperti mengoptimalkan kinerja RAM dan merawat ruang penyimpanan agar tetap stabil dari chache.

Kita bisa saja menggunakan aplikasi khusus yang memang terbukti terbaik untuk mempercepat kinerja hp. Tapi terkadang aplikasi seperti ini malah terdapat banyak iklan yang membuat kinerja hp semakin lemot. But, not at all. Ada memang aplikasi yang khusus digunakan untuk meringankan beban kerja hp android, seperti Ccleaner maupun fitur pembersih file sampah yang terdapat pada share-it.

6. Pakai launcher ringan


Untuk hp android kelas atas pasti tidak akan masalah dengan launcher apapun. Tapi untuk hp android yang terbatas kapasitas ruang penyimapnannya dan RAM-nya, sebaiknya tidak perlu pakai launcher. Tapi kan, saya juga mau mempercantik tampilan hp saya? Oh gitu.

Solusinya kamu bisa menggunakan aplikasi launcher yang ringan seperti beberapa launcher yang terdapat di playstore. Rekomendasi dari Soksimon.com, aplikasi launcher ringan terbaik seperti Zero Launcher dengan tampilan yang keren dan simpel namun juga dapat mempercepat kinerja hp karena terdapat fitur RAM Booster.

7. Kurangi multitasking


Secara umum, kelebihan hp android yang paling memukau adalah dapat digunakan untuk berbagai pekerjaan dalam waktu yang sama. Namun tugas tersebut sering membuat kinerja hp android menjadi lemot. Karena itu, batasi aplikasi latar belakang dan kurangi sistem multitasking, misalnya bermain game + chatting karena akan menambah beban kerja RAM.

Info smartphone: Ponsel pintar seperti android memiliki daya tarik luar biasa sejak kemunculannya karena terdapat fitur multitasking.

8. Hapus chache browser


Semakin banyak riwayat pencarian akan memakan banyak pula kapasitas penyimpanan internal. Jangan pikir riwayat dan halaman yang tersimpan di web browser tidak memakan ruang penyimpanan. Sering kali chache pada browser juga membuat hp menjadi lemot.

Ataupun kebiasaan buruk lainnya yaitu membuka banyak tab pada web browser tanpa menutup tab yang selesai dibaca
Untuk yang suka mendownload file atau video, sebaiknya ubah atau pindahkan file yang tersimpan ke kartu memori. Karena itu, lebih baik menyimpan file di penyimpanan eksternal dari pada penyimpanan perangkat yang kapasitasnya hanya untuk dikhusukan untuk menginstall aplikasi.

9. Perbarui perangkat lunak


Firmware atau perangkat lunak terbaru pastinya membuat hp lebih kencang dan ringan. Karena itu, selalu up to date terhadap perkembangan perangkat lunak. Biasanya akan terdapat notifikasi yang akan memerintahkan kita untuk meng-update versi perangkat lunak.

Tips smartphone: Jangan melakukan reset pabrikan hp Android karena kemungkinan hp harus disoftware ulang. Saya pernah mengalaminya pada Samsung J2 Prime milik saya.

Sedikit informasi aja nih, hp yang lemot dapat meningkatkan tingkat stress, kecuali bisa bersabar seperti teman saya yang memang menggunakannya sebagai latihan.

Itulah cara mempercepat kinerja android yang terbukti ampuh mengatasi android lemot. Katakan selamat tinggal pada hp lemot, optimalkan sekarang juga!

  November 07, 2018
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close