Cara Instal Windows 7 Dengan CD Tanpa Kehilangan Data

Cara Instal Windows 7 Dengan CD Tanpa Kehilangan Data

Windows 7 merupakan salah satu sistem operasi terlaris di dunia. Memang saat ini sudah banyak tersedia windows 10, tapi windows 7 masih menjadi pilihan sebagian orang. Hal ini disebabkan karena Windows 7 cukup bersahabat dengan hardware laptop keluaran lama yang memiliki spesifikasi rendah.
Cara Instal Windows 7 Dengan CD Tanpa Kehilangan Data
Cara install windows 7 dengan CD - pixabay

Untuk menginstal windows 7, kita ada 2 cara, yaitu menggunakan flashdisk bootable atau pun menggunakan CD/DVD installer. Perbedaannya apa? Sama saja karena kedua media ini berisi file sistem operasi yang akan dipasang pada laptop.

Perbedaannya Flashdisk bootable windows 7 lebih mudah dibawa ke mana-mana. Dan cocok digunakan untuk menginstal laptop yang tidak memiliki DVD Drive (Netbook). Sedangkan untuk CD/DVD Bootable windows 7 lebih menjadi alternatif ketika tidak memiliki flashdisk. Toh harganya lebih murah.

Instal Windows 7 Dengan Bootable CD


Hari ini saya akan memberikan tutorial cara instal komputer dari awal sampai akhir lengkap beserta gambarnya. Mulai dari mana? Gak perlu kaku sih, yang bahaya dari instal windows di laptop itu hanya jika data-data penting kita yang hilang. Jika mati lampu atau pun gagal di tengah jalan sebenarnya proses instalasi boleh di ulang.
Dulu saya sangat takut dan deg-degan setiap kali menginstal laptop. Nanti kalau mati lampu gimana nih? Padahal tidak apa-apa. Instal windows 7 dan sistem operasi lainnya di komputer itu sama saja dengan menginstall software pada umumnya, hanya saja caranya aja yang berbeda. Dan sistem operasi adalah yang melandasi hubungan antara hardware dan software aplikasi.

Alat dan bahan:


1. Laptop yang akan diinstal


Dalam praktek instal windows 7 ini, saya menggunakan Laptop ACER Aspire 4732z. Dilihat dari sisi hardwarenya, seperti RAM laptop yang hanya 1 GB, saya memilih menginstal windows 7 32 bit. Spesifikasi hardware harus cukup tinggi untuk yang versi 64 bit.

2. CD Installer


Jenis CD yang digunakan adalah jenis DVD-RW yang sudah dibootable windows 7 sebelumnya dan siap digunakan untuk mengintasl windows 7. Semakin baru CD/DVD yang digunakan maka prosesnya akan semakin lama. Mitos kalau bilang install laptop itu lama. Asal alatnya fresh, pasti cepat.


3. Memilih versi Windows 7


Ada beberapa versi windows 7, mulai dari standart, home basic, profesional, dan ultimate. Setiap versi memiliki kegunaan masing-masing. Tapi intinya, versi windows 7 ultimate merupakan versi yang paling tinggi. Nanti pilihan ini yang akan dipilih.

Langkah-langkah instal windows 7


Berikut tutorial instal windows 7 dengan CD/DVD lengkap dari awal.

1. Masuk ke BIOS Acer


Setiap laptop memiliki cara berbeda untuk masuk ke BIOS-nya. 

- Nyalakan laptop
- Segera tekan tombol laptop f2 untuk masuk ke BIOS laptop merk Acer.
- Masukkan DVD Bootable Windows 7 di Drive DVD
- Ubah prioritas booting CD/DVD Installer windows 7 menjadi nomor 1

Ikuti aja panduannya pada BIOS. Intinya, kita hanya perlu mengubah booting laptop dari CD/DVD installer tersebut, bukan dari HDD.

- Simpan perubahan dengan tekan tombol f10.

2. Laptop akan restart dan siap untuk menginstal


Saat muncul Press Any Key... Langsung tekan saja salah satu tombol keyboard untuk melanjutkan.

gambar 1 cara instal windows 7 dengan cd
Gambar 1

3. Mengatur settingan dasar


Language to install : biarkan default
Time and currency format : Pilih Indonesia
Keyboard and input method : biarkan default

gambar 2 cara instal windows 7 dengan cd
Gambar 2

Klik Next 

4. Mulai menginstal laptop


Klik Install now

gambar 3 cara instal windows 7 dengan cd
Gambar 3

5. Terima kebijakan perusahaan


Centang I accepted the license terms untuk melanjutkan.

gambar 4 cara instal windows 7 dengan cd
Gambar 4

5. Memilih tipe instalasi


Jangan pilih yang pertama Upgrade.
Pilih yang kedua Next and choose custom (Advanced)

gambar 5 cara instal windows 7 dengan cd
Gambar 5

6. Cara instal agar tanpa kehilangan data


Nah, salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula dalam menginstal laptop adalah kurang memperhatikan pilihan sehingga data-data yang ada pada partisi penyimpanan file seperti D dan E juga ikut terhapus.

Agar data tidak terhapus, format hanya pada partisi system C, yaitu partisi tempat instalasi windows sebelumnya. Yang lain jangan diapa-apakan.

Setelah diformat partisi C selesai klik pada partisi tersebut terus klik next. Nantinya sistem operasi baru windows 7 akan tersimpan di drive C ini.

7. Proses instalasi berjalan.


Proses ini memakan waktu yang cukup lama. Tapi jika menggunakan DVD Bootable yang benar-benar masih baru maka tidak akan sampai 5 menit, proses instalasi selesai. Karena itu, saya sering membuang CD Installer yang sudah 3 kali digunakan. Biasanya proses instalasi menggunakan CD yang telah berulang kali digunakan menginstal akan menyebabkan gagal instal.

gambar 6 cara instal windows 7 dengan cd
Gambar 6

8. Komputer akan restart sendiri


Jangan khawatir bro and sis, proses instalasi sudah selesai. Sebelum laptop menyala kembali, kita sudah bisa mengeluarkan CD/DVD installer. Jika terlambat, tidak apa-apa juga kok. Intinya keluarkan aja DVD-nya dan jangan instal ulang. 

gambar 7 cara instal windows 7 dengan cd
Gambar 7

9. Tahap finishing


Windows 7 akan menyelesaikan proses instalasi.

gambar 8 cara instal windows 7 dengan cd
Gambar 8

10. Buat nama pengguna dan kata sandi


Silahkan masukkan nama pengguna untuk laptop tersebut dan passwordnya. Biasanya password ini akan diminta ketika menyalakan laptop. Bisa di skip aja. Klik Next.

gambar 9 cara instal windows 7 dengan cd
Gambar 9

11. Masukkan product key


Seperti yang kita ketahui bahwa Windows adalah sistem operasi berbayar. Dan harganya cukup mahal. Banyak yang melakukan cracking untuk mengaktifkan windows 7 secara permanen dengan windows 7 bajakan tapi saya tidak akan mengajarkan caranya. 

Jika kamu membeli product key silahkan masukkan tapi jika tidak memiliki serial number SN untuk mengaktifkan windows 7 full version maka kita hanya akan menggunakan windows 7 versi trial selama 30 hari. 

gambar 10 cara instal windows 7 dengan cd
Gambar 10

12. Settingan windows update


Pilih ask me later jika tidak ingin mendapat pemberitahuan update.
Pilih use recommendet setting untuk mendapatkan permberitahuan update.

gambar 11 cara instal windows 7 dengan cd
Gambar 11

13. Menetapkan time zone


Pilih zona waktu GMT+08.00 jika berada di wilayah Indonesia Tengah.

gambar 12 cara instal windows 7 dengan cd
Gambar 12

14. Tampilan windows 7 baru


Proses instalasi windows 7 menggunakan DVD Bootable tanpa menghilangkan data sudah selesai. Berikut gambar tampilan windows y baru yang pada desktopnya hanya terdapat Recycle Bin.

gambar 13 cara instal windows 7 dengan cd
Gambar 13

Cek kembali drive D dan E. Jika langkah di atas diterapkan dengan baik maka tidak akan ada satu pun file yang terganggu di kedua drive penyimpanan tersebut. Silahkan pasang software-software yang dibutuhkan. 

Jika tadi belum aktviasi windows 7 maka sebaiknya kamu cari cara mengaktifkan windows 7 secara full version. Jika tidak maka akan muncul peringatan "This copy of windows is not genuine." Masalah tersebut diakibatkan karena windows belum diaktivasi.
Demikianlah cara menginstal windows 7 lengkap dengan gambarnya. Jika gagal, ulangi aja tutorial instal windows 7 di atas. Jika tidak mau repot bawa kemari saya instalkan. Gratis kok, hanya bawa kopi + susu dan roti aja satu bungkus. Just kidding!
Advertisement

Baca juga:

Apa Pendapatmu?
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!