Skip to main content

Cara Genjreng Gitar Yang Benar dan Enak Didengar

Cara Menggenjreng Gitar yang Benar dan Enak di dengar untuk pemula - Cara genjreng gitar sebenarnya susah-susah gampang. Tidak sekedar memukul senar gitar dan membunyikannya. Dan jika sembarangan menggenjreng gitar maka hasilnya tidak akan enak didengar. Dalam genjrengan gitar ada pola teratur dan benar yang harus diterapkan agar sesuai dengan lagu yang dimainkan.

belajar cara genjreng gitar yang benar untuk pemula
Belajar Cara Genjreng Gitar Yang Benar

Cara strumming gitar (Memetik gitar) sendiri ada 2 jenis, yaitu picking (Genjreng) dan fingerpicking (Petikan). Bagi pemula, tentu saja harus dimulai dari tahap belajar genjreng gitar karena tidak mungkin untuk memetik gitar kalau belum mahir menggenjreng.

Pertanyaan Pemula Tentang Cara Menggenjreng Gitar


Mari kita lihat terlebih dahulu masalah utama yang sering ditanyakan oleh pemula yang baru belajar gitar terutama tentang masalah menggenjreng gitar.

1. Halo, gimana cara menggenjreng gitar?


Cara menggenjreng gitar mudah saja, cukup genjreng dari atas ke bawah dan dari bahwa ke atas. Ya, tapi ternyata tidak semudah itu. Kita harus menyesuaikan irama lagu dan genjrengan gitar.

Saya tidak heran dengan pertanyaan semacam itu. Karena dahulu pun, saya bertanya seperti itu. Memang menggenjreng gitar yang enak didengar itu tidak semudah membunyikannya secara asal.

2. Gimana ya, cara strumming gitar yang benar? Yang sesuai lagu?


Kesalahan utama dalam menggenjreng gitar adalah tidak sesuainya antara lagu dan bunyi gitar. Satu-satunya cara agar genjrengan gitar enak didengar ya harus sesuai antara pola kocokan gitar dengan irama lagu yang diiringi.

3. Berapa lama agar saya bisa menguasai cara genjreng gitar?


Belajar gitar dan seni musik memang tidak mudah. Bahkan para profesional pun masih terus belajar dan berlatih untuk menjaga stabilitas dan mengembangkan kemampuan mereka. Cepat atau cepat seseorang belajar gitar tergantung pola latihannya.

Seseorang sudah bisa dikatakan bisa bermain gitar ketika bisa mengiringi lagu dengan baik, menguasai kunci gitar dan genjrengan lagu yang dibawakan.

Berapa lama belajar grenjreng gitar yang baik dan benar? Tergantung latihan Anda. Karena itu, ada yang bisa menguasai genjrengan gitar lagu dangdut dengan cepat atau juga yang tidak.

Dan waktu (berapa lama) Anda berlatih genjreng gitar tidak menjadi jaminan Anda akan mahir suatu hari nanti. Belajar gitar bukanlah investasi, tapi kita menginginkan hasil. Karena itu, latihan yang fokus dengan pola benar dan konsisten adalah kunci bisa genjreng gitar sesuai dengan lagu.

4. Pagi gan, apa ya pola genjrengan dasar untuk pemula?


Nah, pertanyaan ini akan menjadi bahan utama kita dalam belajar menggenjreng gitar untuk pemula. Memang ada pola dasar yang harus dipahami agar dapat menghasilkan genjrengan yang benar dan enak, sesuai dengan lagu.


Cara Genjreng Gitar Yang Benar dan Enak Didengar


Cara genjreng gitar sebenarnya hanya ada 2, kalau tidak ke bawah ya pasti ke atas. Genjrengan gitar yang dari bawah dan mengarah ke atas biasa disebut teknik upstrike. Sedangkan teknik genjreng gitar yang ke bawah disebuat teknik downstrike.

Berikut cara genjreng gitar berdasarkan metode dan teknik pukulannnya.

1. Pola Downstrike

Menggunakan semua jari kecuali jari ibu jari. Ujung jari atau kuku yang menyentuh senar gitar. Ada juga yang hanya menggunakan telunjuk saja.

Praktiknya:

D D D D

Artinya pukul senar gitar ke bawah sebanyak 4 kali kemudian berpindah chord lagi.

2.  Pola Upstrike

Menggunakan jari jempol untuk menggenjreng gitar ke arah atas. Ujung jempol atau kuku yang menyentuh senar gitar.

Praktiknya:

U U U U

Artinya pukul senar gitar ke atas sebanyak 4 kali kemudian berpindah chord sesuai dengan chord progression.

Lakukan berulang-ulang menggenjreng gitar upstrike dan downstrike sampai benar-benar mahir. Untuk yang pemula, pasti akan lebih sulit menggenjreng gitar ke arah atas. Tapi gak apa-apa, namanya juga pemula yang masih belajar.

Di bawah ini, kita akan belajar genjrengan gitar akustik berdasarkan genre lagu seperti dangdut, koplo, reggae, pop, rock dan lain-lain.

Catatan: D itu adalah lambang Down dan U adalah Up.

Lihat juga Cara memetik gitar, pola petikan gitar mudah untuk pemula

Cara Genjreng Gitar Lagu Pop


Pola genjrengan gitar lagu pop:

Bawah - Bawah - Atas - Atas Bawah

Atau jika menggunakan D dan U maka:

D - D - U - UD

Keterangan:

Yang tanpa tanda hubung ( - ) menandakan 1 ketukan sehingga dilakukan dengan tempo yang sedikit lebih cepat.

Coba mainkan secara perlahan pada gitar pola petikan di atas. Jika kita konstan memainkannya pada maka kita akan mendengar genjrengan gitar yang cukup mellow. Untuk pemula yang baru belajar gitar, sebaiknya belajar mengiringi lagu dengan aliran musik pop aja. Lebih mudah.

Cara Genjreng Gitar Lagu Rock


Lagu pop masih ada soul seperti ceria dan semangat atau pun sedih. Berbeda dengan lagu Rock yang umumnya dibawakan dengan penuh semangat yang menggebu-gebu. Karena itu, tidak sedikit orang yang memang sulit dalam bermain gitar rock.

Pola genjrengan gitar lagu rock:

Bawah - Bawah - Bawah - Bawah - Bawah - Bawah - Bawah - Bawah

Atau

D - D - D - D - D - D - D - D

Kecepatan genjreng sesuai dengan tempo lagu yang diiringi.

Belajar Genjreng Gitar Dangdut


Pernah ngalamin gak sih, kalau genjrengan gitar lagu dangdut atau pun reggae itu cukup sulit? Berikut cara genjreng gitar lagu dangdut dengan pola petikan sederhana untuk pemula.

Bawah - Bawah Atas - Atas Bawah

Jika ingin teknik genjrengan yang keren ala Sung Ha Jung atau Nathan Fingerstyle, bisa menggunakan teknik slap dalam genjrengan. Pola petikannya seperti ini:

Bawah - Slap - Bawah - Atas Bawah

Atau

D - Slap - D - UD

Dalam memainkan lagu Reggae itu berlaku aturan khusus dalam genjrengan. Yaitu pada ketukan terkahir Atas Bawah seperti menjatuhkan tangan saat menggenjreng.

Tips Genjreng Gitar Yang Benar


Bagaimana menemukan pola genjrengan gitar yang sesuai dengan lagu? Cara mudahnya agar genjrengan gitar bisa benar dan enak didengar adalah sebagai berikut.

1. Semua genjrengan gitar benar


Pola-pola genjrengan seperti di atas hanya untuk mempermudah pemula dalam belajar gitas. Tidak perlu kaku karena pada dasarnya semua genjrengan itu benar selama enak didengar. Jadi, mulailah mencoba mencari pola genjrengan sendiri. 

Sedikit informasi, biasanya seorang gitaris itu memiliki pola genjrengan yang khas. Baru dengar bunyi suara gitar, oh itu yang main pasti gitaris favorit saya.

2. Mengenal genre lagu dan mengetahui jenis genjrengannya


Dari contoh-contoh genjrengan gitar di atas, kita sudah bisa memahami bahwa ada perbedaan mendasar dalam setiap pola genjrengan setiap aliran musiknya. 

Setelah mengetahui genre musiknya, kita akan menentukan irama lagu yang meliputi tempo yang digunakan dan karakter lagu tersebut. Caranya cukup simpel, dengarkan lagu secara berulang-ulang dan nyanyikan.

Feeling akan terbentuk dengan sendirinya ketika kita rajin berlatih gitar sehingga menemukan genjrengan gitar tidak akan sulit. Jika tutorial di atas belum terlalu jelas, kamu sebaiknya menonton video cara menggenjreng gitar di Youtube.

3. Belajar menggenjreng gitar setiap hari


Tidak ada cara lain dan cara cepat untuk bisa bermain gitar. Selain banyak teori, yang tidak kalah penting adalah jam terbang. Karena itu, perbanyak latihan dan belajar iringi lagu. Karena belajar pola genjrengan seperti itu akan sangat membosankan. Langsung praktik aja dengan lagu kesukaanmu.

Tahap belajar gitar selanjutnya apalagi? Kita sudah tahu kunci gitar dasar dan posisinya pada gitar dan hari ini kita juga sudah belajar cara genjreng gitar. Tutorial selanjutnya adalah tahap yang paling ditunggu-tunggu oleh pemula yang baru belajar gitar, yaitu cara mengiringi dengan gitar akustik.

Bagi pemula, tidak ada cara lain untuk bisa bermain gitar dengan baik selain dengan menghilangkan rasa malas berlatih. Semakin sering berlatih menggenjreng gitar, semakin feeling akan terbentuk. Endingnya, cara genjreng gitar yang sesuai dengan lagu pun mudah dilakukan.

Demikianlah cara genjreng gitar yang benar dan enak didengar untuk pemula. Belajarnya yang semangat bro and sis. See you in the next tutorial guitar.
  November 30, 2018
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close