Skip to main content

Cara Belajar Gitar Untuk Pemula Lengkap Secara Otodidak

Baru mengenal gitar dan mau belajar mengiri lagu dengan gitar? Tapi kamu belum tahu cara belajarnya karena masih sangat pemula? Don't worry, brother's and sista. Blog Soksimon.com ini akan menjelaskan secara tuntas dan lengkap tentang tutorial belajar gitar untuk pemula dari yang paling dasar sekali sampai mahir. Dan jika mau belajar dengan konsisten, semua materi yang dibutuhkan untuk belajar gitar secara otodidak sebenarnya sudah tersedia sekarang di sini.
cara belajar gitar lengkap untuk pemula dari kunci dasar sampai mahir
Cara belajar gitar untuk pemula lengkap dari kunci dasar

Belajar gitar sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan oleh pemula. Kunci agar mahir bermain gitar hanya ada 1, yaitu mengenal kunci gitar dasar. Dan itu sangat mudah untuk dikuasai. Namun ternyata memang tidak semudah yang terpikirkan. Banyak pemula yang sudah mengenal kunci gitar tapi kesulitan dalam menggenjreng gitar. Alhasil, ia tidak bisa mengiringi lagu.

Penyebabnya karena apa nih? Salah satu yang paling utama adalah kesalahan dalam menerapkan metode belajar gitar. Ternyata yang salah cara belajarnya, bukan tutorial gitar atau pun tempat kursus gitar. Terus, saya yang pemula ini harus mulai dari mana?

Belajar Gitar Pemula


Bagi pemula yang ingin belajar gitar, bisa mengikuti tutorial lengkap di bawah ini. Mulai dari artikel ini sampai akhir. Dan saya pastikan kamu akan mahir bermain gitar. Bukan hanya sekedar mengiringi lagu, tapi juga sampai tahap menguasai gitar melodi.

Tak perlu berpikir jauh dulu, ini langkah-langkahnya yang harus dicapai untuk bisa mahir bermain gitar sendiri.

1. Usahakan punya gitar


Hal yang paling mendasar untuk pemula adalah punya gitar. Ya iyalah, gimana mau belajar kalau gitar aja gak punya? Tidak perlu gitar mahal. Banyak yang murah tapi berkualitas. Tapi gitar mahal memang lebih bagus sih.

Tapi saya benar-benar tidak memiliki uang nih, untuk beli gitar. Bekas pun uang tak sampai. Kasihan. Just kidding bro. Banyak jalan menuju Roma. Kamu yang pemula dan mau belajar gitar tapi gak punya, bisa cari teman yang punya gitar. Sekalian minta buat diajarin.

Jadi gak ada alasan tuh, buat tidak berlatih gitar hanya karena tidak memiliki gitar. Kamu tidak wajib punya gitar untuk dapat berlatih gitar. Tapi punya gitar akan membuat proses latihan lebih mudah dan cepat.

2. Cara belajar gitar


Mau belajar sendiri atau bikin grup belajar gitar? Gak perlu mikir terlalu lama. Tentukan sekarang dalam waktu 5 detik. Bagusan belajar gitar otodidak atau punya guru?

Belajar gitar otodidak lebih murah. Dan informasi tentang tutorial belajar gitar sudah sangat lengkap di internet. Banyak topik yang dapat didapatkan di internet tanpa perlu kursus. Tapi itu dia, tidak semua ingin menjalani proses belajar gitar. Itulah pemula, maunya serba cepat. Dan memang itu tidak masalah, kita hidup di zaman modern yang serba instan.

Kelemahan belajar gitar otodidak bagi pemula adalah susahnya konsisten. Saya pas awal berlatih memang semangat 45, tapi hanya beberapa Minggu. Setelah itu, mentok dan frustasi karena tidak ada perkembangan yang signifikan dalam belajar.

Beda halnya dengan mereka yang yang kursus dan punya guru gitar. Semua materi belajar gitar sudah disediakan secara lengkap dan pastinya, mudah dipahami. Kelemahannya, harus bayar!

3. Kunci gitar dasar


Sehebat-hebatnya Nathan Fingerstyle, dulunya dia juga seorang pemula. Percaya atau tidak, itulah kenyataannya.

Jika mau belajar gitar, hal pertama yang harus dipelajari adalah kunci gitar dasar. Mulai dari mengenal nama chord dasar, posisinya pada fret gitar, sampai cara berpindah dari satu kunci ke kunci lainnya dengan cepat dan tepat.

Bagi pemula yang mau belajar gitar, bisa lanjut belajar ke gambar kunci/chord gitar dasar lengkap.

Silahkan lihat gambar chord gitar lengkap untuk pemula. Di dalam artikel tersebut kita akan melihat cara membentuk chord gitar dengan tab gitar maupun dengan langsung gambar tangan yang membentuk chord gitar pada fret gitar.

4. Mengiringi lagu 


Apa sih, yang menandakan seseorang sudah layak disebut sebagai gitaris? Membawa gitar ke mana-mana atau dapat memainkan lagu? Seorang pemula pun pasti tau jawabannya.

Kesalahan pemula biasanya adalah langsung berpikir untuk mengiringi lagu tanpa belajar kunci gitar dasar terlebih dahulu. Banyak yang bilang kalau praktek akan lebih bagus. Tapi saya berani jamin, bahwa belajar gitar dasar akan membuat proses belajar lebih cepat. Itu pesan belajar gitar untuk pemula.

Kunci bermain gitar hanya ada 2, yaitu mengetahui posisi chord gitar dan juga mengetahui cara genjreng gitar dengan benar. Untuk lebih jelasnya, kamu dapat belajar mengiringi lagu dengan melihat chord gitar yang sudah tersedia di atas lirik lagu.

5. Perdalam ilmu gitar


Setelah berjaya mengiringi lagu dengan gitar, kamu sudah bisa dikatakan mahir bermain gitar. Tapi itu belum cukup. Jika mau menjadi gitaris handal, kunci dasar saja tidak cukup.

Karena itu, perdalam ilmu gitar. Seperti cara memetik gitar, bagaimana menggunakan kunci gantung, memulai bermain gitar dengan melodi gitar, dan sampai pada teknik gitar fingerstyle.

Sekedar info aja, banyak gitaris profesional yang sudah sering manggung dan memiliki jam terbang tinggi yang masih terus belajar sampai sekarang. Terutama dalam mempercepat speed bermain gitar. Jadi gak ada alasan untuk tidak belajar, terutama yang masih pemula. Karena belajar itu perlu dan adalah kebutuhan utama.

Cukup 5 tahap itu yang harus dilewati oleh pemula yang ingin belajar gitar. Jangan salah, itu hanya kulit luarnya saja. Dalam tutorial belajar gitar di blog ini, akan dibahas semua yang perlu kamu ketahui tentang gitar. Mulai dari mana? Sabar bro. Nanti akan dijelaskan langkah-langkahnya secara lengkap untuk pemula.
Demikianlah cara belajar gitar untuk pemula lengkap dari hal-hal yang paling mendasar. Kunci utamanya adalah chord gitar dasar. Tanpa mengenal itu, mustahil untuk bisa mahir.

Tutorial Belajar Gitar Otodidak Untuk Pemula


Di era modern ini, belajar tidak terbatas ruang dan waktu lagi. Belajar dapat dilakukan di mana-mana dan kapan pun, termasuk belajar gitar. Ada banyak cara belajar gitar sendiri yang tentunya sangat cocok untuk pemula yang baru mengenal gitar sekali pun. Now, kamu bisa belajar gitar otodidak di rumah sendiri.
cara belajar main gitar sendiri
Belajar Gitar Sendiri  Secara Otodidak - by pixabay.com
Namun tentu saja dibutuhkan langkah-langkah yang tepat agar tidak bingung mau mulai dari mana. Pada tulisan ini, saya akan memberikan beberapa tips cara belajar bermain gitar untuk pemula dari awal sampai mahir.

Dalam blog ini juga, telah tersedia tutorial belajar gitar untuk pemula mulai dari awal mengenal gitar sampai bermain gitar tingkat tinggi dalam tutorial belajar gitar fingerstyle. Semua artikel tersebut ditulis berdasarkan pengalaman saya dalam belajar gitar yang masih pemula.

Mau belajar gitar sendiri tanpa guru? Silahkan baca tutorial dasar ini yang terbukti mampu membuatmu pandai bermain gitar hanya dengan membaca artikel di blog Soksimon.com dan mempraktekkannya langsung pada gitar. Berikut hal-hal dasar yang harus dipahami jika ingin belajar gitar otodidak sehingga dapat dengan cepat dan mudah menguasai teknik bermain gitar.

1. Belajar Kunci Gitar Dasar


Cara belajar gitar yang pertama adalah mengenal bentuk kunci gitar dasar. Kunci yang paling umum digunakan adalah kunci gitar C, A, F, dan G. Untuk pemula yang baru mengenal gitar sekali pun dapat menguasai kunci dasar tersebut dalam waktu yang singkat, kurang dari 3 hari untuk bisa mempercepat perpindahan chordnya. 

2. Belajar Menggenjreng Gitar


Salah satu dan yang paling sering dialami oleh gitaris pemula yang belajar gitar otodidak adalah susahnya menemukan pola genjrengan gitar yang enak didengar. Sebenarnya penyebab genjrengan gitar kurang enak didengar karena penguasaan lagu yang kurang dan kurangnya penjiwaan. Seiring berlajannya waktu dan latihan yang rutin masalah ini dapat teratasi. Tips dari saya sering-seringlah berlatih gitar dan menyanyi.

3. Bermain Lagu dengan Gitar untuk Pemula


Inti dari mahir bermain gitar adalah dapat memainkan lagu. Setelah penguasaan kunci gitar dasar dan dapat menggenjreng gitar maka saatnya untuk mengiringi lagu. Lagu yang cocok untuk pemula adalah lagu yang memiliki progresi chord yang tetap seperti lagu Gaby Tinggal Kenangan. Setelah dapat mengiringi satu lagu kamu sebaiknya masuk ke tahap yang lebih serius lagi.

4. Pahami tentang Nada Dasar


Sebagai pemula, teori seperti ini terkadang cukup membosankan. Karena itu, saat membaca teori akan lebih asyik jika langsung dipraktekkan pada gitar. Nada dasar adalah kumpulan dari beberapa chord yang membentuk chord family. Intinya begini, saat kita bermain di nada dasar C maka perpindahan chordnya hanya seputar nada dasar C, yaitu semua chord family nada dasar C yang terdiri dari 7 Nada, meskipun dengan kunci C, F dan G kamu sudah dapat memainkan lagu dengan gitar.

Silahkan lihat materi belajar Nada Dasar Gitar Untuk Pemula

Belajarlah nada dasar dan chord-chord yang tergabung di dalam suatu nada dasar.

Agar kamu tidak bingung mau mulai dari mana, ikuti tips belajar gitar pemula di blog Soksimon.com. Artikel ini hanya untuk memberikan 4 inti dari beberapa langkah belajar gitar. Bisa dikatakan artikel ini hanyalah konsep dasar dari belajar gitar untuk pemula.

Belajar gitar untuk pemula secara otodidak memang memiliki beberapa keuntungan tanpa kerugian sama sekali. Belajar secara otodidak tidak memiliki kerugian apapun. Belajar secara otodidak membuatmu lebih rajin belajar sendiri dan tentunya belajarnya pun gratis dari blog maupun video youtube.

Soksimon.com akan berusaha memberikan tips dan trik bermain gitar untuk pemula berdasarkan pengalaman sendiri yang juga belajar gitar secara otodidak hanya dengan internet. Meskipun pada akhirnya memang harus pergi join dan gabung dengan teman-teman di sore hari untuk memperdalam ilmu. Dan sebagian pengalaman belajar gitar tersebut telah dijelaskan dengan seksama di blog Soksimon.com.

Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung! Teori dan praktek harus beriringan sehingga proses belajar gitar lebih cepat dan mudah, terutama bagi pemula yang belajar gitar dilakukan secara sendiri.


Demikianlah cara belajar gitar otodidak sendiri untuk pemula, teruslah berlatih sampai mahir. Belajar gitar membutuhkan konsitensi dan pikiran. Saya pernah membaca bahwa orang yang pandai bermain musik dalam hal ini bermain gitar memiliki tingkat kecerdasan di atas rata-rata. Hal ini benar atau tidak, sebenarnya saya tidak peduli.

  November 30, 2018

Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close