Skip to main content

7 Cara Agar Hp Android Awet dan Tahan Lama

Salah satu cara agar hp android awet dan tahan lama dengan membeli ponsel yang tahan banting. Just kidding brother's. Sebenarnya, merawat hp android agar bisa tahan selama bertahun-tahun itu memang sedikit lebih sulit.
cara agar hp android awet dna tahan lama
Cara agar hp android awet dan tahan lama - pixabay

Banyak sekali penyebab hp android bisa rusak, baik yang disengaja maupun yang tidak. Karena itu, masalah perawatan hp android seharusnya menjadi salah satu prioritas sejak hp masih dalam keadaan baru.

Bagaimana membuat hp android bisa awet dan tahan lama? Bisa dipakai selama beberapa tahun? Apapun merknya, serta cara perawatan hp agar awet dan bisa dipakai bertahun-tahun, semuanya tergantung lagi pada pemiliknya.

Cara Membuat Hp Android Awet


Sederhana saja, tapi sering diabaikan. Berikut bebapa tips yang bisa membuat hp androidmu selalu aman dan tidak mudah rusak.

1. Perawatan layar sentuh


Touchscreen merupakan bagian paling krusial hp android. Jika salah sedikit dalam menggunakannya maka bisa dipastikan hp akan cepat rusak. Karena itu berikut beberapa hal yang perlu dilakukan dan dihindari agar hp selalu awet.

- Rutin bersihkan layar hp menggunakan tisu


Rutin membesihkan layar hp pastinya akan membuat hp lebih baik dan terjaga.

- Pasang anti-glare


Fitur keamanan hp android secara fisik terbaik adalah anti gores. Saya sudah sering melihat kejadian di mana anti gores melindungi layar sentuh dari berbagai masalah termasuk ketika jatuh. Yang retak hanya pelindung layar dan bukan layar asli.

- Jangan menekan layar menggunakan kuku


Touchscreen merupakan salah satu komponen hp yang cukup sensitive. Usap layar menggunakan jari secara lembut, tidak perlu ditekan apalagi menggunakan kuku maupun benda-benda keras lainnya sangat tidak direkomendasikan.

- Hindari kantong sempit


Ponsel yang dikantongi di dalam jeans, terlebih jika saku celana kecil dapat mempengaruhi layar. Baik kantung belakang maupun untuk kantung depan, jika sempit maka dapat merusak layar.

- Jangan pakai di bawah sinar matahari


Sinar matahari membuat kualitas respon layar dapat berpengaruh. Jika sering digunakan di bawah sinar matahari yang terik maka ditakutkan akan merusak komponen dalam layar hp di kemudian hari.

2. Perawatan baterai


Mau jalan-jalan nih, ke tempat wisata di Toraja. What? Hp lowbat! Mungkin karena kamu salah dalam menggunakan ponsel saat dicharger. Perlu diketahui bahwa baterai pasti akan mengalami penurunan daya. Tapi kita memiliki 2 pilihan, merawat baterai agar lebih awet atau masa bodoh sehingga menjadi penyebab baterai boros dan cepat rusak. Semakin sering dicharger baterainya maka akan semakin berkurang umur baterai tersebut.

- Cas dalam keadaan non-aktif


Percaya atau tidak, baterai akan lebih cepat kalah jika digunakan saat dicas. Hal ini telah saya buktikan dan membuat baterai ponsel saya kurang tahan lama ketika digunakan.

- Gunakan charger bawaan


Charger bawaan sudah didesain khusus untuk mensuplai arus listrik ke dalam baterai smartphone dengan tingkat stabilitas yang telah ditetapkan dan aman. Menggunakan cas dengan sembarang juga dapat membuat longgar port untuk charger baterai. So, jangan ganti-ganti charger dan gunakan yang ORI aja.

- Cabut sebelum 100%


Saat pertama beli, memang sangat diwajibkan agar hp dicas sampai penuh 100%. Namun dalam penggunaan sehari-hari, sebaiknya cabut cas sebelum sampai 100%. Hal ini agar kita tidak lupa untuk segera mencabut charger dari terminal ketika sedang mengecas.

3. Perawatan Casing


Tidak mau bosan kan dengan suasana hp? Karena itu, pastikan agar casing selalu terjaga dan awet, jangan ada goresan. Agar body hp lebih aman, bisa menggunakan softcase. Selain sebagai gaya juga berfungsi untuk melindungi hp dari berbagai ancaman.

4. Merawat sistem


Sistem android akan benar-benar mempengaruhi kinerja hp. Karena itu, pastika untuk scanning RAM, media penyimpanan, dan memindai perangkat agar selalu bersih dari chache atau file sampah. Bisa gunakan aplikasi bawaan atau pun pihak ketiga. Tapi jangan sampai, aplikasi yang kita pikir dapat membantu malah membuat hp semakin lemot.


5. Hindari air


Selain layar retak, kebanyakan kasus yang saya temukan adalah hp android yang nyemplung ke air. Ada 2 tips mengatasi ini jika memang harus menggunakan ponsel di dekat air. Seperti sofcase khusus unkuk hp tahan air ataupun membeli hp yang tahan air. Banyak jenis smartphone yang menyediakan fitur anti air tapi pasti harganya akan lebih mahal.

6. Jangan biarkan hp panas


Itu hp atau oven? Panasnya minta ampun. Penyebab ketiga yang paling sering ditemukan juga yang membuat hp kurang awet adalah overheating atau panas berlebihan. Bisa saat dicharger di siang hari ataupaun saat memaksa hp bekerja keras dengan sistem multitasking.

Jika suhu perangkat mulai meningkat maka silahkan cabut hp atau matikan hape atau lepas casing penutup baterai agar suhu kembali lebih sejuk dan seimbang.

7. Jangan jatuhkan


Layar pecah atau retak pastinya banyak dialami. Karena tidak hati-hati, banyak ponsel pintar keren dan mahal yang harus diganti karena kecerobohan pamakainya sendiri. 

Tapi no everybody perfect! Karena itu, kita akan gunakan tips mencegah lebih baik. Selalu pasang anti gores untuk melindungi layar. Pakai softcase agar ketika terjadi benturan tidak terlalu terasa.

Itulah beberapa cara agar hp android awet dan tahan lama. Mengikuti tutorial ini akan membuat android tidak mudah rusak. Semoga bermanfaat!
  November 17, 2018
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close